Apakah “Invisalign” Itu? Berikut Penjelasannya

Memiliki gigi yang bersih dan rapi tentu dambaan bagi seluruh orang. Gigi yang rapi dapat membuat senyum terlihat lebih manis serta meningkatkan kepercayaan diri. Tidak hanya itu saja, bahkan pada beberapa kantor atau perusahaan juga sangat memerhatikan kerapihan gigi. Misalnya ketika ingin bekerja sebagai pramugari, mendaftar sebagi polwan, dan lain-lain.

Gigi memang terbukti dapat membuat seseorang lebih percaya diri di depan umum. Oleh karenanya dunia medis selalu melakukan inovasi-inovasi serta menyediakan berbagai metode dalam merapikan gigi. Bila sejauh ini, perawatan gigi yang terkenal adalah kawat gigi. Kini dunia kedoteran selangkah lebih maju dengan menawarkan satu metode baru yaitu invisalign gigi.

Invisalign Teknologi Baru Untuk Merapikan Gigi

Bagi anda yang tak mau sakit dan iritasi terhadap metal bracket atau takut terlihat jelek dengan memakai kawat gigi, kini sudah ada teknologi baru yang memungkinkan anda untuk merawat dan merapikan gigi tanpa terganggu secara estetika, yakni Invisalign. Invisalign adalah teknologi baru untuk merapihkan gigi tanpa menggunakan kawat. Berbentuk transparan, berbentuk plastik dan dapat dicopot saat makan dan sikat gigi, namun minimal dipakai kira kira 20 jam sehari.

Invisalign sendiri dibentuk dengan tekhnologi computer berdasarkan hasil cetakan gigi pasien. Selanjutnya model 3D gigi dikirim ke Amerika untuk dibuat mengikuti struktur gigi, setelah selesai dikirim ke Indonesia lagi. Biayanya masih cukup mahal di Indonesia sekitar 4 juta rupiah ke atas. Waktu perawatan sekitar 1 sampai 2 tahun. Tidak semua dokter gigi di Indonesia menawarkan Invisalign karena biayanya yang cukup mahal.

Selain itu penggunaan kawat gigi yang tampak dari luar merupakan sebuah trend tersendiri. Setelah pasien menerima alat ini, pasien disarankan menggunakannya setiap hari selama 2 minggu selama 20-22 jam tiap harinya (hanya dilepas saat makan, minum dan gosok gigi). Setelah 2 minggu biasanya struktur gigi sudah mulai berubah. Sehingga diperlukan penyesuaian dan penggantian, sampai gigi menjadi rapih. Biasanya jangka waktu pemakaiannya sekitar 6-12 bulan. Namun bagaimana cara kerja dari Invisalign ini? Apakah berbahaya dan adakah manfaat yang didapat dari pemakaiannya?

Cara kerja Invisalign

Dokter gigi Anda akan menilai kondisi gigi, gusi, dan kesehatan mulut Anda untuk memastikan Invisalign adalah pilihan perawatan yang paling baik bagi Anda. Ini kemudian dilanjutkan dengan mengambil gambar santir dari gigi Anda, gambar gigitan, dental x-ray dan foto dari gigi Anda. Catatan-catatan ini kemudian akan diubah ke format digital dan akan digunakan untuk merancang cetakan perata gigi yang akan digunakan pasien.

Setelah rancangannya selesai, cetakan perata gigi tersebut akan dibuat berdasarkan spesifikasi yang sudah ditentukan. Jumlah cetakan perata gigi yang akan dibutuhkan selama perawatan ini akan bergantung dari kondisi gigi Anda. Jumlahnya mungkin hanya 10 buah cetakan atau bahkan sampai sejumlah 30 cetakan.

Untuk membuat cetakan dari gigi anda agar dapat dicetak aligners yang harus anda gunakan. Setelah anda menerima aligners, anda harus memakai mereka sekitar 22 jam per hari, anda dapat melepasnya hanya untuk makan dan sikat gigi. Diwajibkan dipakai setiap hari oleh pasien dimana secara bertahap akan membantu gigi bergerak ke posisi yang diinginkan. Dengan bantuan dokter gigi atau dokter spesialis ortodonsi maka akan dapat direncanakan kemana gigi tersebut akan digerakkan.

Invisalign, yang dipasang di permukaan gigi untuk meratakan atau mengubah posisi gigi. Alih-alih menggunakan kawat untuk menarik gigi, Invisalign akan dipasang di permukaan gigi untuk meratakan atau mengubah posisi gigi. Selama masa pengobatan, pasien akan menggunakan beberapa nampan perata yang berbeda. Setiap nampan perata berfungsi untuk mendorong gigi ke posisi yang direncanakan dokter gigi. Biasanya, setiap nampan perata harus digunakan selama sekitar 2 minggu sebelum diganti dengan nampan selanjutnya.

Dan ingat guys, bahwa perawatan ini hanya diperlukan bagi mereka yang sangat disarankan dan yang memiliki masalah gigi yang tidak rata, baik yang masih ringan atau yang mulai parah. Invisalign juga disarankan bagi yang menginginkan alternatif penggunaan kawat gigi tradisional yang biasanya dianggap tidak enak dipandang.

Manfaat Menggunakan Metode Invisalign

Mungkin banyak dari kalian yang bertanya-tanya akan manfaat menggunakan metode satu ini. Nah, pastinya sudah tahukan bahwa perawatan yang satu ini dirancang dengan menggunakan teknologi canggih yang memungkinkan seseorang tak tahu, bahwa anda sedang melakukan perawatan gigi, karena apa? Karena metode Invisalign ini yang transparan dan dapat di lepas pasang akan memungkinkan pasien untuk mengkonsumsi makanan tanpa mengalami rasa tidak nyaman di mulut. Selain itu juga dapat memungkinkan pasien untuk menjaga kebersihan mulut yang lebih baik. Dan ini sangat baik dibanding dengan perawatan gigi pada sebelumnya.

Durasi masa pengobatan memakan waktu hampir sekitar 12 bulan. Kontrol rutin setiap bulan tetap di perlukan guna membantu dokter dalam mengevaluasi menyeluruh persentase peningkatan hasil yang di capai dan juga memodifikasi hal yang di perlukan. Dengan menggunakan aligners plastik transparan anda dapat memiliki senyum yang menarik dan meningkatkan rasa percaya diri. Pengobatan dapat di lakukan tanpa menimbulkan gangguan terhadap gaya hidup normal pada umum nya. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa manfaat yang dapat anda dapatkan ialah;

  1. Tampilan Tak Terlihat. Baki invisalign tak terlihat dengan jelas sehingga tidak mengurangi wajah atau senyuman anda.
  2. Perbaikan Kebersihan. Baki invisalign dilepas saat anda siap menyikat gigi dan membersihkan gigi anda cukup bersihkan baki, bersihkan gigi anda, lalu masukkan kembali ke dalamnya.
  3. Menghemat Waktu. Dengan Invisalign Anda akan bisa menghabiskan lebih sedikit waktu di kantor orthodontist atau dokter gigi karena mereka hanya perlu dijaga setiap 6 minggu.
  4. Makan Apapun yang Anda Inginkan. Pembatasan makanan adalah salah satu bagian terburuk tentang gigi yang diluruskan dengan banyak pilihan ortodontik.
  5. Gigi Lurus dengan Indah. Hasilnya berbicara untuk diri mereka sendiri dan Invisalign mengarah pada gigi yang indah dan senyuman yang indah. Menjadi alasan terbaik untuk menggunakan Invisalign.
  6. Kesehatan Gigi Lebih Baik. Gigi lurus lebih baik untuk kesehatan gusi dan gigi Anda. Menghilangkan keributan dan kesenjangan membuat lebih mudah untuk merawat gigi anda.
  7. Kenyamanan, terbuat dari plastik halus sehingga Invisalign jauh lebih nyaman dibanding kawat gigi tradisional. Tidak ada tepi tajam. Ekstrusi atau potongan Invisalign dan baki yang dibuat sesuai dengan gigi dan mulut anda.

Gimana, sudah tahukan bahwa perawatan gigi yang satu ini memiliki manfaat serta keuntungan yang baik bagi mereka yang ingin menggunakan Invisalign. Namun ingat, jika ingin melakukan metode sebagai sarana membantu anda merapikan serta membuat tampilam gigi menjadi lebih rapi, anda harus terlebih dahulu mengkonsultasikan masalah ini. Agar anda dapat mengetahui metode apa-apa saja yang akan dilakukan. Penting juga untuk diingat bahwa perawatan Invisalign sangat bergantung dari kerjasama pasien, serta adakah kekurangan dari Invisalign ini?

Kekurangan Dari Invisalign

  1. Nah jangka waktu perawatan sangat tergantung pada kedisiplinan pasien, karena alat ini dapat dilepas lepas.
  2. Harus dilepas pada saat makan dan minum, boleh dipakai kalo minumnya air putih. Pastinya sedikit merepotkan, bukan?.
  3. Perubahan gigi tidak permanent, jadi tetep harus pake retainer juga setelah menggunakannya.
  4. Untuk dapat melakukan perawatan ini, dibutuhkannya biaya yang cukup mahal. Itulah sebabnya mengapa sedikit orang saja yang memakai Invisalign.

Kesimpulannya,

Pastinya sudah pahamkan mengenai Invisalign ini? Gimana keren bangetkan, yah banyak dari kita yang tertarik akan penggunaan metode ini, gimana suka? Metode ini tak mengharuskan menggunakan perangkat logam yang besar dan tidak enak dilihat, karena Invisalign hampir tidak dapat terlihat.

Bahkan tidak perlu dilakukan pengencangan kawat gigi, suatu proses yang dapat menyebabkan pasien merasa tidak nyaman. Perubahan posisi gigi terjadi secara perlahan dan hampir tidak memengaruhi aktivitas harian pasien. Untuk itu mengapa dikatakan bahwa metode ini begitu baik untuk dilakukan.