Cara Mudah dan Menyenangkan Untuk Belajar Bahasa Inggris Lebih Cepat

Kita semua pasti pernah mendengar bahwa satu-satunya cara untuk benar-benar belajar bahasa Inggris adalah benar-benar tenggelam dalam bahasa tersebut, bahkan kemanapun kita pergi pastinya kita sangat membutuhkan bahasa Inggris ini. Itulah sebabnya mengapa banyak orang yang begitu antusia untuk bisa menguasai bahasa Inggris ini. Namun, yang seperti anda ketahui bahwa belajar bahasa asingtaklah semuda yang dibayangkan. Bahkan perlu waktu lama untuk mengusai bahasa asing tersebut.

Tapi kami ingin melangkah lebih dalam dari itu dan menemukan cara cepat dan mudah untuk mulai memahaminya. Jika anda begitu menyukai dan bersemangat dalam menguasai bahasa Inggris ada baiknya jika anda kenegara tersebut. Agar dapat memahami dan dapat berinteraksi dengan masyarakatnya. Namun apa jadinya jika banyaknya mereka yang igin menguasai bahasa tersebut. Nggak mungkinkan orang Indonesia harus ke luar negri agar dapat menguasai bahasa tersebut?

Bahasa Inggris menjadi bahasa Internasional karena merupakan salah satu bahasa tertua yang ada di dunia. Bahasa Inggris berasal dari Britania pada abad ke 8. Perkembangan kosa kata bahasa Inggris pun sangat cepat. Peneliti Harvard University menyatakan setidaknya ada 8500 kosakata baru per tahun.

Menguasai bahasa Inggris pada jaman seperti sekarang ini merupakan suatu keharusan. Belajar bahasa Inggris bisa menjadi modal penting dan punya nilai tambah tersendiri buat anda, di mana nantinya bisa digunakan untuk berbagai keperluan mulai dari pekerjaan hingga urusan bisnis yang lebih besar. Dan anda tidak perlu tinggal di negara berbahasa Inggris agar fasih berbahasa Inggris. Jika anda paham dengan cara anda belajar bahasa Inggris, anda bahkan tidak perlu meninggalkan kota asal anda. Karena terdapat cara lain selain pergi ke negara tersebut.

Namun Bagaimana Bisa Kami Belajar Bahasa Inggris Dengan Sangat Cepat?

Yah, banyak sekali pertanyaan mengenai hal semacam ini, bukan hanya anda saja yang bertanya akan hal tersebut bahkan saya juga bertanya-tanya. Hal seperti apa yang dapat membuat anda tertarik akan belajar bahasa Inggris. Biasanya seseorang ingin tahu bagaimana mereka bisa berbicara dengan lancar hanya dalam 2 atau 3 bulan.  Kemungkinan besar hal tersebut dikarenakan mereka sedang terburu-buru karena mereka memiliki tes atau wawancara di suatu perusahaan.

Tetap saja, untuk melakukan perbaikan besar membutuhkan intensitas dan usaha yang besar. Jadi, bagaimana Anda bisa melakukannya? Bagaimana anda bisa meningkatkan super cepat? Apa yang saya rekomendasikan untuk tujuan seperti ini? Maka dari itu, hari ini saya akan mengulas mengenai cara cepat yang menyenangkan dalam metode belajar bahasa Inggris. Untuk itu mari kita simak ulasannya yang ada dibawah ini.

Metode Belajar Menyenangkan

Bukan zamannya lagi untuk tidak belajar bahasa asing, karena seperti yang kita tahu bahwa dalam sebuah pekerjaan dan bisnis banyak sekali klien atau bahkan orang baru yang kita jumpai berkewarganegaraan asing. Dan bahasa yang kerap mereka gunakan yakni, bahasa Inggris. Itulah sebabnya mengapa bahasa Inggris begitu sangat penting untuk kita pelajari, bagi kalian yang belum paham dan ingin tahu bagaimana cara cepat dan menyenangkan dalam belajar bahasa Inggris. Yuk, ikuti cara-cara yang ada dibawah, agar dapat membantu anda dalam mempelajari sebuah bahasa tersebut.

  • Dengan Membiasakan Diri Mendengarkan Lagu Inggris

Terdengar sepela dan pastinya banyak anda yang meremehkan bahwa dengan mendengarkan musik Inggris hanya sebatas gaya-gayaan saja. Belajar mendengarkan hingga menyanyikan lagu merupakan cara baik lainnya untuk memperbaiki bahasa Inggris. Dengan cara ini, anda akan terbantu untuk mempelajari bunyi bahasa Inggris (rima akan membantu pelafalan Anda). Juga akan membantu meningkatkan kosakata. Temukan lagu yang anda suka, pelajari lagu itu dan pelajari arti liriknya. Inilah cara yang menyenangkan yang dapat anda lakukan agar dapat memahami bahasa tersebut.

  1. Pilih lagu bahasa Inggris yang ringan (mudah di hafal).
  2. Lalu setelah mendengarkan, anda dapat mengartikan lagu tersebut kedalam bahasa Indonesia.
  3. Setelah itu, coba perlahan-lahan mengingat arti serta kosa kata dari lagu tersebut.
  4. Seterusnya seperti itu, kemungkinan anda akan mengerti cerita dari lagu bahasa Inggris tersebut.
  • Gunakan Aplikasi Berbau Bahasa Inggris

Mungkin banyak mereka yang enggan mengambil kursus akibat mahalnya tarif yang dipasang oleh beberapa kursus bahasa membuat sejumlah masyarakat kesulitan akan pembelajaran bahasa ini. Atau bahkan keterbatasan waktu yang dimiliki. Namun mengingat pentingnya kemampuan bahasa Inggris dalam kehidupan ini (apalagi buat anda yang bekerja dan berbisnis), setidaknya anda harus lebih cerdas dan dapat membagikan waktu minimal 1-2 jam agar dapat belajar bahasa Inggris. Buat anda yang ingin belajar namun sibuk dan tidak memiliki banyak uang untuk kursus, itu bukanlah sebuah alasan.

Pasalnya kamu bisa belajar sendiri menggunakan smartphone, ada beberapa aplikasi Android untuk membantu anda belajar bahasa Inggris secara efektif. Anda bisa belajar kapan saja dan dimana saja, minimal 1 jam dalam sehari. Dengan ketekunan anda pasti bisa menguasai bahasa Inggris dengan baik. Seperti halnya “Learn 50 Languages” sesuai namanya, aplikasi ini dapat mengajarkan 50 bahasa populer. Tersedia fitur gabungan audio dan teks untuk belajar bahasa yang efektif. Aplikasi ini berisi 100 pelajaran yang memberikan anda kosakata dasar, pastinya anda akan belajar untuk berbicara kalimat pendek dengan fasih dalam percakapan dunia nyata dalam waktu singkat.

100 pelajaran yang tersedia akan membantu kamu belajar dengan cepat, sehingga dapat diterapkan dalam berbagai situasi. Seperti di hotel atau restoran, saat liburan, obrolan ringan, untuk memperkenalkan orang, belanja, di dokter, di bank, dan lainnya. Gimana mudahkan, jadi anda nggak perlu bingung untuk mencari kursus atau bahkan memikirkan waktu yang tepat. Intinya ada kemauan pastinya semua akan terwujud.

  • Lewat Chattingan Online

Sahabat pena adalah orang yang berusaha mempelajari bahasa anda yang bisa anda kirimi surat (atau surel) dan membalas surat (atau surel) dari anda. Namun seperti yang kalian tahu bahwa dijaman era sekarang kebanyakan orang lebih menyukai “Chatingan” bahkan chat semacam ini sering membuat mereka bahagia. Dikarenakan dapat menemukan banyak teman hingga dapat menemukan teman lama. Namun gimana jika anda kedapatan teman asing yang bahasanya sama sekali tak anda mengerti?

Bagi pemula mungkin akan kebingungan bila mendapat chatingan dari teman beda negara, atau anda pastinya akan panik bila memulai chatingan dengan mereka yang bahasanya tidak anda mengerti. Namun anda tak perlu panik atau bahkan kebingungan, ini justru menjadi awal dimana anda harus termotivasi untuk mengerti dan mendalami bahasa Inggris.

  1. Bila anda kedapatan memiliki teman chatingan berbahasa Inggris (orang bule), anda hanya perlu mengatakan untuk “bantu aku untuk memahami bahasa anda” karena saya berasal dari Indonesia (negara asal).
  2. Anda dapat menggunakan Google Translate sebagai sarana bantuan sementara.
  3. Lakukan Chatingan setiap hari, agar anda terbiasa dan mulai menyukai bahasa Inggris.
  4. Hal yang terpenting, anda harus berani (pede) untuk memulai chatingan tanpa harus menggunakan “Google Transalate” hal ini semacam menguji kemampuan anda dalam mengingat dan menempatkan kata-kata dalam berbahasa Inggris.

Jadikan sosial media sebagai sarana belajar agar pembelajaran ini lebih menyenangkan.

Gimana? Serukan bila belajar bahasa Inggris lewat chatingan tersebut. Bagi anda pengguna sosial media, pastinya sangat mudah untuk memiliki teman dari seluruh dunia. Pastinya chatingan adalah hal yang paling menyenagkan untuk menyapa dan bercerita walau jarak, negara yang berbeda.

  • Memperluas Pergaulan

Yang dimaksud dalam kata “memperluas pergaulan” ialah banyakin teman yang membuat anda lebih baik lagi. Belajar bahasa Inggris yang menyenangkan pastinya ketika anda bertemu atau bahkan memiliki teman yang fasih banget berbahasa Inggris dong ya. Kenapa begitu? Pastinya dapat mengajari anda dong. Yah berkumpul bersama teman atau bahkan kelompok organisasi yang memiliki kemampuan akan bahasaadalah hal yang paling baik. Selain memperluas pertemanan anda juga dapat memintanya untuk mengajari anda.

Baik itu dengan anda mendengarkannya (saat ia sedang mencoba untuk berbicara menggunakan bahasa Inggris) berbahasa Inggris atau bahkan memulainya dengan chatingan pribadi yang menggunakan bahasa serta kosa kata berbahasa Inggris. Jadi dengan begitu anda tak perlu repot-repot untuk kursus bahasa Inggris. Karena dengan aktifnya anda dalam sebuah organisasi atau dalam kelompok lainnya. Ini mempermudah anda untuk mempelajari sesuatu hal, termaksud dalam memperlajari sebuah bahasa.

  • Menonton film

Menonton film juga akan membantu anda meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, dengan cara membantu mendengar bagaimana pengucapannya dan juga membantu mempelajari kata-kata yang baru. Anda bisa mulai menonton dengan mengaktifkan teks terjemahan di bawah, tapi anda akan lebih banyak belajar lagi kalau menonaktifkan teks terjemahannya. Begitu anda sudah memiliki kosakata dasar, cobalah menonaktifkan teks terjemahan dan berfokus untuk mendengarkan kata-kata yang anda ketahui dan menebak kata-kata yang tidak anda ketahui dari apa yang ditampilkan di layar.

Hal pertama dan paling penting yang anda butuhkan untuk mencapai tujuan ini adalah gairah yang luar biasa. Anda harus memiliki kekuatan emosional yang luar biasa untuk belajar dengan super cepat. Mengapa? Karena jika dalam diri anda tidak memiliki obesesi akan memahami sesuatu, semua usaha atau cara menyenangkan pun tak dapat membantu anda.

Untuk memperbaikinya dengan cepat, Anda harus membangun emosi. Anda pasti terobsesi dengan bahasa Inggris? Anda harus bergairah dan sangat antusias. Ingat, Emosi adalah 80% kesuksesan dan metode hanya 20%. Untuk menciptakan gairah, anda perlu alasan yang sangat kuat untuk belajar bahasa Inggris. Hanya melakukan dengan baik pada sebuah tes bukanlah alasan yang cukup kuat. Anda perlu alasan BESAR untuk melakukan hal ini. Semacam hal membayangkan bagaimana anda dalam 4-8 tahun kedepan.

Bayangkan sebuah manfaat luar biasa yang akan anda dapatkan degan fasih dalam berbicara bahasa Inggris.

Jika seseorang termotivasi oleh uang, bayangkan saja bagaimana bahasa Inggris akan membuat seseorang itu sangat kaya. Visualisasikan rumah idaman anda, mobil impian bahkan pasangan yang ideal banget. Nah, anda fikir belajar bahasa Inggris hanya baiknya di sebuah pekerjaan saja, bahkan dalam persoalan “Cinta” bahasa Inggris juga berpengaruh besar. Jika cinta memotivasi anda, bayangkan bagaimana bahasa Inggris akan membantu anda untuk bertemu dengan orang-orang yang ada di luar sana (dari negara lain).

Bayangkan saja jika anda berkencan dengan orang asing yang cantik/tampan. Gimana? Anda sudah dapat membayangkannya bukan? Dengan fasih bahasa Inggris kehidupan bahkan soal asmara bisa saja anda dapatkan dan temui dari berbagai negaraNamun yang paling terpenting ialah ketika hendak ingin mempelajari sebuah bahasa, hal yang teramat yang harus anda lakukan ialah. Latihlah 4 keterampilan inti dari;

  1. Membaca
  2. Menulis
  3. Berbicara, hingga
  4. Mendengarkan

Dan itulah beberapa metode yang dapat anda terapkan untuk memulai belajar bahasa Inggris. Seperti yang dijelaskan bahwa cara dan metode hanya sarana untuk membantu anda agar memahami sesuatu hal. Namun jika tak ada obsesi ataupun kemauan semua metode bahkan cara terbaikpun tak akan bisa membantu anda. Oke untuk itu demikianlah pembahasan mengenai Cara mudah dalam belajar bahasa Inggris. Dan satu lagi guys jangan terlalu khawatir untuk tidak membuat kesalahan. Karena kesalahan dalam proses pembelajaran itu hal yang wajar. 🙂