Diartikan Sebagai “Rasa Rindu” Ternyata Bulu Mata Rontok Gejala Awal Timbulnya Penyakit

Pernahkah kalian membayangkan bagaimana jika satu hari itu bulu mata kalian berjatuhan? Apa kalian langsung berfikir bahwa ada seseorang yang sedang kalian rindukan? Atau bahkan ada seseorang yang sedang merindukan kalian? Sejak dulu banyak mitos mengatakan bahwa saat bulu mata jatuh itu artinya ada yang merindukan kita. Namun benarkah sebuah begitu? Dikatakan sebagai bentuk indah dan pelengkap mata yang begitu baik. Bulu mata begitu pentingnya bagi banyak wanita. Banyak cara yang dilakukan beberapa wanita agar bulu matanya tetap sehat dan memiliki volume yang lebih tebal.

Bulu mata merupakan bagian rambut dalam tubuh kita yang sangat sulit sekali tumbuh. Sehingga sebagian besar orang melakukan berbagai macam cara agar bulu matanya terlihat lebih tebal dan panjang. Cara yang dilakukan seperti memakai bulu mata palsu, menggunakan maskara ataupun cara lainnya. Bulu mata yang indah dan nampak cantik mampu memberikan kesan segar pada wajah seseorang. Fungsi dari bulu mata adalah untuk melindungi mata dari kotoran, keringat, air dan hal lain yang tidak diinginkan. Namun pernahkah kalian membayangkan jika bulu mata yang rontok adalah awal pertanda dari suatu penyakit? Nah ada baiknya, jika kalian simak ulasan yang dibawah ini.

Bulu Mata Rontok Pertanda Awal Suatu Penyakit

Bulu mata tumbuh kurang lebih 0,15 mm per harinya dan satu helai bulu mata bisa bertahan hingga lima sampai enam bulan sebelum jatuh. Setelah lepas, bulu mata dapat tumbuh kembali dalam enam sampai delapan minggu. Kerontokan pada bulu mata disebut dengan madarosis. Rontoknya bulu mata sering diibaratkan dengan rasa rindu seseorang kepada orang lain. Bahkan setiap orang pasti pernah menemukan bulu matanya rontok. Tentu saja kondisi tersebut merupakan hal yang wajar. Kehilangan sehelai atau dua helai bulu mata merupakan hal yang normal.

Namun bagaimana jika mengalami kerontokan bulu mata terlalu banyak? Kondisi kerontokan bulu mata yang berlebihan dinamakan alopecia areata. Hal ini merupakan gejala kelainan pada sistem imun, dimana kelainan tersebut menyebabkan imun menyerang dan merusak bagian jaringan tertentu dalam tubuh. Bahkan dikatakan bahwa rontoknya bulu mata ternyata menjadi pertanda awal dari suatu penyakit. Mungkin banyak dari mereka yang bertanya-tanya mengapa gejala dari suatu penyakit ditandai dengan bulu mata yang rontok? Nah, untuk itu yuk kita simak ulasannya dibawah ini.

Menurut Dr. Yuria ada beberapa penyakit yang memang gejala awalnya ditandai dengan rontoknya bulu mata, misalnya saja penyakit kusta. Bagi sebagian masyarakat mungkin tak pernah menyangka jika penyakit nomor tiga terbanyak di Indonesia ini memiliki gejala awal seperti rontoknya bulu mata dan bulu alis. Gejala awal kusta umumnya ditandai dengan adanya Madarosis atau rontoknya bulu mata yang terjadi dikarenakan adanya efek samping dari infeksi atau neoplasma yang terjadi di dalam tubuh. Namun bukan hanya suatu gejala penyakit saja yang membuat bulu mata rontok.

Dr. Yuria menjelaskan bahwa suatu akar rambut yang tak kuat bisa menjadi penyebab rontoknya bulu mata dalam jumlah banyak, yaitu lebih dari satu helai setiap harinya. Tak hanya itu saja, adanya infeksi atau peradangan mata juga diyakini Dr. Yuria sebagai salah satu penyebabnya. Yah dikatakan sebagai hal yang menakutkan karena seperti yang kita tahu bahwa bulu mata rontok sering dialami oleh siapa pun. Namun jangan jadikan hal ini menjadi suatu kecemasan yang berlebihan karena keterkaitan itu hanya berlaku bagi mereka yang sering mengalami kerontokan bulu mata atau bahkan bulu alis dalam jumlah yang tak wajar.

Biasanya kerontokan pada bulu mata juga bisa disebabkan karena kesalahan ketika memakai atau membersihkan makeup yang berlebihan di bagian mata. Mulai dari penggunaan maskara, salah menggunakan bulu mata palsu atau prosedur pemanjangan bulu mata, sampai dengan menggosokan bulu mata secara berlebihan ketika membersihkan make up. Nah, sangat dianjurkan bagi kalain yang hobi make up untuk selalu mempehatikan produk maskara agar sesuai dengan kondisi wajah dan memungkinkah agar bulu mata tak mengalami kerusakan. Dan inilah beberapa hal yang menyebabkan bulu mata rontok;

  1. Asupan gizi yang buruk.
  2. Sering mengucek mata.
  3. Perubahan hormon.
  4. Paparan bahan kimia.
  5. Tekanan psikologis seperti stres atau depresi.
  6. Penyakit.
  7. Obat-obatan tertentu.
  8. Pengaruh kemoterapi.

Hal Lain Yang Menyebabkan Bulu Mata Rontok

Bulu mata yang lebat dan panjang memang telah menjadi standard untuk mata yang cantik. Lalu bagaimana jika bulu mata pada kalian mengalami kerontokan? kerontokan bulu mata harus segera diatasi agar tidak mengganggu penampilan. Kerontokan yang terjadin pada bulu mata disebabkan oleh banyak hal. Untuk itu ada baiknya jika mengetahui apa saja sih yang menyebabkan bulu mata rontok.

  • Pemakaian Maskara Waterproof Setiap Harinya

Mungkin jika anda tak setiap harinya memakai maskara pastinya, pembersihan akan bulu mata tak dilakukan seseringnya. Namun seperti yang kalian tahu bahwa membersihkan sisa maskara dengan formula wateproof memang lebih sulit ketimbang membersihkan maskara biasa meski menggunakan eye makeup remover berbasis minyak. Saat membersihkan maskara waterproof, Anda perlu mengusap kapas secara ekstra supaya maskaranya cepat hilang.

Nah, tekanan dari usapan inilah yang akhirnya membuat bulu mata rontok. Parahnya lagi terlalu keras menggosok juga menyebabkan kulit di sekitar mata lecet. Inilah yang disebut serba salah ya girl. Namun beberapa maskara juga memiliki formula yang cukup ‘keras’ sehingga bulu mata berisiko rontok. Maka dari itu, pemakaian maskara waterproof hanya pada saat-saat tertentu (saat ada pesta, misalnya) bisa menjadi salah satu cara mencegah kerontokan bulu mata.

  • Kurang Vitamin E

Bukan hanya karena suatu gejala penyakit ataupun karena aktifitas menggunakan make up saja. Melainkan bulu mata dapat rontok dikarenakan kekurangan vitamin E. Nah, Vitamin E punya peranan penting dalam pertumbuhan rambut, seperti dapat meningkatkan pasokan oksigen pada rambut, sehingga mempercepat pertumbuhan rambut. Kalau kekurangan vitamin ini, bulu mata sangat mudah rontok.

Cara mengatasinya, kita dapat mengonsumsi makanan kaya vitamin E, seperti gandum, kacang-kacangan dan sayuran hijau. Gunakan dua kapsul vitamin E dan tambahkan satu sendok teh minyak jarak, aduk rata. Kemudian, tempatkan ke dalam botol tetes. Anda bisa meneteskannya di kapas dan menerapkannya ke garis bulu mata Anda lalu biarkan semalam. Serum ini kaya antioksidan, sehingga akan membuat bulu mata Anda tumbuh dua kali lebih kuat.

  • Penggunaan Bulu Mata Palsu

Ini juga masalah dan bakalan jadi suatu penyebab jika cara pemakaiannya juga salah. Nah, bagi Anda yang cukup sering mengaplikasikan bulu mata palsu atau ekstensi bulu mata, perhatikan cara mencabutnya. Jika tidak bulu mata asli akan mengalami kerontokan bahkan kerusakan. Anda bisa mengaplikasi cotton bud yang diolesi pembersih berbasis minyak untuk melonggarkan lemnya. Jika perlu biarkan bulu ekstensi copot sendiri. Dr Heidi Waldorf selaku dermatologi mengingatkan bahwa ekstensi bulu mata bisa menyebabkan kerontokan sama halnya dengan alopecia pada kulit kepala.

Nah, itulah beberapa yang dapat menyebabkan bulu mata indahmu mengalami kerontokan. Yah seperti kita tahu bahwa sering mengucek atau bahkan menggosok mata ketika terasa gatal membuat beberapa bulu mata berjatuhan. Bahkan ketika hendak selesai menggunakan maskara dan belum sempat untuk membersihkannya. Pastinya girl kalian sering menjumpai bulu mata yang rontok bukan? Nah untuk itu ada baiknya memperhatikan pemakaian bulu mata palsu dan juga pemakaian make-up dan konsumsi vitamin E agar keindahan bulu mata tetap terjaga. Nah berikut ada beberapa tips agar bulu mata tak begitu mudah mengalami kerontokan.

Tips Agar Bulu Mata Tak Mudah Rontok

Pastinya nggak bakalan rela dong jika bulu mata terus-terusan rontok. Pasti sangat mengurangi keindahan terhadap mata anda. Maka dari itu ada hal lain yang wajib anda lakukan agar bulu mata rontok teratasi dengan baik pastinya melakukan cara agar bulu mata tak mengalami kerusakan. Nah untuk itu simak ulasanya dibawah ini;

  • Menjaga Kebersihan Mata

Hapus semua makeup mata sebelum tidur. Hindari kontak dengan tangan, seperti mengucek dan memegang bulu mata, apalagi jika kondisi tangan kotor. Untuk membersihkan kosmetik mata yang cukup berat, misalnya maskara dan eyeliner, selalu gunakan cairan eye makeup remover. Selain lembut untuk kulit kelopak mata yang sensitif, cairan ini juga tidak menyebabkan rontok pada bulu mata.

  • Hindari Bulu Mata Palsu

Dikatakan begitu menarik perhatikan, memakai bulu mata palsu memang membuat wajah begitu cantik apalagi volume nya begitu pas dengan wajah anda. Bulu mata palsu akan membuat bulu mata kamu terlihat makin lebat, mengesankan dan lentik. Tapi, saat memakai bulu mata palsu tidak jarang akan mendorong kamu menempelkan lem di bulu mata asli agar bulu mata palsu bis nempel. Hal inilah yang menjadi penyebab kenapa bulu mata asli kamu mudah rontok. Selebihnya, bulu mata palsu yang berat dan nempel di bulu mata asli justru akan membuat bulu mata asli terbebani dan menjadi lebih mudah rapuh atau rontok.

  • Lebih Bijak Dalam Memilih Produk Maskara

Selektif memilih dan menggunakan produk bulu mata. Pilihlah yang mengandung protein, vitamin atau growth agents. Pastikan pilih produk berbahan aman yang telah teruji klinis dan tidak menyebabkan alergi. Jangan pernah memakai makeup kadaluwarsa, terutama makeup mata. Penggunaan makeup kadaluwarsa akan membuat mata iritasi dan membuat bulu mata mengalami kerontokan. Pastikan memasang label kapan kosmetik pertama kali dibuka, sehingga bisa diganti secara berkala.

  • Gunakan Penumbuh Bulu Mata

Ada baiknya pulak anda memanfaatkan produk perawatan bulu mata seperti eyelash serum, namun pilih yang mengandung protein, vitamin atau growth agents. Biasanya bentuknya seperti mascara dan diaplikasikan pada malam hari sebelum kamu tidur dalam kondisi wajah terutama mata sudah bebas dari make up. Eyelash serum ini akan membantu merangsang pertumbuhan bulu mata serta menguatkan akarnya agar tidak mudah rontok.

Namun, Beautynesian juga harus tetap memperhatikan dan memilih dengan baik eyelash serum yang layak untuk dipakai pada bulu mata kamu ya. Bentuk penumbuh bulu mata biasanya berupa gel dan dipakai seperti maskara sebelum tidur. Untuk cara alami, oleskan baby oil atau petroleum jelly pada pangkal bulu mata.

Walau terlalu jarang diperhatikan dan bahkan dianggap sepele akan kesehatannya. Namun jangan terlalu mengabaikan hal yang satu ini, karena bisa saja kebiasaan buruk akan penggunaan makeup dan memiliki kebiasaan buruk membuat keindahan mata berkurang. Nah untuk itu ada baiknya mengikuti tips yang ada diatas dalam menjaga dan merawat keindahan bulu mata tersebut. Untuk itu demikianlah penjelasan mengenai bulu mata rontok.