Inilah Ulasan Mengenai Robot

Mendengar kata robot maka bayangan kita akan mengarah pada sebuah benda canggih hasil rekayasa teknologi yang dapat melakukan berbagai pekerjaan manusia. Berbagai pekerjaan yang sangat sulit dan berat dapat dilakukan oleh robot tersebut. Mendengar kata robot, bayangan kita juga akan tertuju ke sebuah negara yang bernama Jepang. Jepang dikenal sebagai pelopor robot cerdas sebagaimana yang sering dipamerkan ke publik.

Robot dapat dijumpai di berbagai tempat misalnya di pelabuhan, bandara, pabrik dan sebagainya. Robot digunakan untuk berbagai kepentingan antara lain merakit berbagai benda berteknologi nano, merakit kendaraan bermotor, mengoperasi pasien di rumah sakit, mengangkat benda berat, menjinakkan bom atau ranjau dan menjelajah ruang angkasa.

Pengertian Dan Sejarah Singkat Robot

Ada banyak defenisi yang dikemukakan oleh para ahli mengenai robot. Orang awam beranggapan bahwa robot mengandung pengertian suatu alat yang menyerupai manusia, namun struktur tubuhnya tidak menyerupai manusia melainkan terbuat dari logam.

Robot adalah seperangkat alat mekanik yang bisa melakukan tugas fisik, baik dengan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Istilah robot berawal bahasa Ceko “robota” yang berarti pekerja atau kuli yang tidak mengenal lelah atau bosan.

Kata robot diambil dari kata yang berasal dari kata robota, yang mempunyai arti pekerja, dipopulerkan oleh Isaac Asimov pada tahun 1950 dalam sebuah karya fiksinya. Robot biasanya digunakan untuk tugas berat, bahaya, pekerjaan berulang dan kotor. Biasanya menunjuk robot industri digunakan dalam garis produksi. Penggunaan lainnya termasuk pembersihan limbah beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa, pertambangan, cari dan tolong, dan pencarian tambang.

Robot adalah peralatan yang mampu melakukan fungsi-fungsi yang biasa dilakukan oleh manusia, atau peralatan yang mampu bekerja dengan intelegensi yang mirip dengan manusia”. Definisi kedua, dikembangkan oleh Robotics Institute of America (RIA), perkumpulan pembuat robot yang lebih menitikberatkan terhadap kemampuan nyata yang dimiliki oleh robot terhadap kemiripannya dengan manusia.

Kemajuan teknologi umat manusia memang sangat mengagumkan. Bermula dari rasa ingin tahu, berkembang menjadi sebuah temuan yang mengagumkan. Robot adalah, salah satu penemuan yang paling mengagumkan dalam sejarah manusia pada abad ke 20.

Awal dari sebuah sistem mekanika rumit dan bergerak, mampu hadir ditengah masyarakat hingga kini, yang kita kenal dengan sebutan Robot. Robot adalah alat menaknika yang dapat melakukan tugas fisik, baik lewat pantauan manusia, maupun bekerja secara komputerisasi yang menghasilkan kecerdasan dan perilaku yang individu.

Kata robot sendiri, diperkenalkan oleh seorang penulis sains-fiksi berkebangsaan Ceko (Czech) Karel Capek (9 Januari 1890-25 Desember 1938) pada tahun 1920-an. Robot sendiri, Menurut Karel Capek bukanlah pengertian ‘robot’ yang seperti kita kenal sekarang ini. Robot menurut dia adalah sesuatu yang mengarah kepada “monoton” dan “pekerja”. Karel Capek memperkenalkan istilah robot (robota, bahasa Ceko-Ensiklopedia Indonesia) dalam sebuah karya sandiwaranya Rossum’s Universal Robot.

Penciptaan robot yang sesunguhnya (bukan robot dalam sandiwara Karel Capek), bermula dari keinginan manusia untuk membuat tiruan binatang atau manusia itu sendiri. Namun, fasilitas pengetahuan pada masa itu nampaknya menjadi kendala terbesar dalam terwujudnya proyek tersebut. Akhirnya, dibuatlah robot sederhana beroda yang digunakan untuk keperluan navigasi, pengamatan tingkah laku, sampai dengan perencanaan jalur.

Berkembanglah robot dengan konsep heksapoda (konsep kaki enam) dan beberapa platform kaki banyak lainya. Dan pada masa itu, serangga menjadi inspirasi dalam pembuatan robot. Sekarang, robot sudah menjadi suatu perangkat yang sangat berguna. Walaupun definisi robot sendiri sangat banyak dan berbeda tiap negara dan organisasi, namun rupanya robot tidak hanya mendatangkan berbagai manfaat, tapi juga kekhawatiran.

Vernor Vinge adalah orang yang pernah memperingatkan bahwa suatu saat komputer akan lebih baik daripada manusia dan itu sangat menghawatirkan. Namun, apapun anggapan atau hujatan atas teknologi komputer pada sebuah robot, robot selalu menjadi inspirasi bagi tiap manusia. Baik dalam sebuah karya film.

Nah pertanyaannya ialah, siapakah penemu pertama kali? Apakah Karel Capek? Bicara tentang sejarah robot, maka pertama kali yang terlintas dibenak kalian (yang suka dengan dunia robot) yakni Karel Capek, dialah yang pertama kali menyebutkan istilah, “Robota” dari bahasa Cheko yang artinya; budak atau pekerja.

Siapakah Penemu Robot Pertama?

Dalam sebuah Drama R.U.R (Rossum’s Universal Robots) pada tahun 1921. Robot pada drama itu bukanlah Robot yang di identikan dengan mesin mekanik, melainkan manusia yang melakukan pekerjaan terus menerus. Seiring perkembangan zaman, manusia tidak bisa melakukan pekerjaan terus menerus tanpa adanya lelah dan kebosanan. Maka ditemukanlah satu persatu mesin mekanik yang beriringan menggantikan pekerjaan manusia. Sehingga istilah Robot pun bergulir menjadi Mesin Mekanik yang saat ini saya dan kalian ketahui sekarang.

Nah, sekarang dari manakah asal mula Mesin Mekanik itu? Bentuk robot pertama kali diciptakan sekitar abad ke-12, saat itu yang pertama kali menemukan sistem robotika bernama Ibnu Ismail Al Jazari, lahir di Al Jazira. Tepatnya antara Sungai tigris dan Efrat. Nama lengkapnya Badi Al-Zaman Abullezz Ibn Alrazz Al-Jazari. Dia tinggal di Diyar Bakir, Turki.

Banyak dikatakan pada masanya Al Jazari telah berhasil membuat robot yang bisa diprogram. Dan bentuk robot yang berhasil dia buat, berbentuk seperti perahu terapung di sebuah danau, didalamnya terdapat robot pemain musik. Robot ini di buat sebagai penghibur tamu kerajaan kala itu. Tapi masih banyak lagi bentuk robot yang berhasil dibuat Al Jazari, salah satunya adalah mesin yang memungkinkan membuat air bergerak secara otomatis dalam istana. Termasuk juga yang paling populer sampai saat ini adalah Jam Gajah.

Fungsi Robot Dalam Kehidupan Manusia

Mungkin, dari beberapa kalangan menganggap bahwa dengan adanya robot membut manusia menjadi sosok yang lemah dan menjadi pribadi yang instant. Namun ada beberapa pandangan yang mengatakan, bahwa robot sama pentingnya dengan manusia. Baik itu membantu pekerjaan sehari-hari maupun sebuah misi yang sedikit sulit untuk dilakukan oleh manusia.

Sebuah robot dapat saja dibuat untuk berbagai macam aktifitas, namun sebuah robot harus dibuat dengan tujuan untuk kebaikan manusia.  Dan tujuan berikut dapat kamu lihat dibawah ini.

  1. Meningkatkan produksi, akurasi dan daya tahan. Robot ini banyak digunakan di industri.
  2. Untuk tugas-tugas yang berbahaya, kotor dan beresiko. Robot ini digunakan ketika manusia tidak mampu masuk ke daerah yang beresiko. Seperti Robot untuk menjelajah planet, robot untuk mendeteksi limbah nuklir, robot militer dll.
  3. Untuk pendidikan. Banyak robot yang digunakan untuk menarik pelajar belajar teknologi seperti halnya robot lego dan bahkan masih banyak lagi.
  4. Untuk menolong manusia. Seperti di rumah untuk membersihkan rumah pakai penghisap debu otomatis, di rumah sakit untuk menghantar makanan, membantu operasi.

Gimana sudah tahukan mengenai sejarah, pengertian dan bahkan mengenai siapa penemu robot yang pertama kali. Nah, untuk itu mari kita lanjut baca lagi mengenai robot tercanggih. Penasarankan robot apa saja yang pada saat ini membuat banyak manusia takjub dan bahkan sampai geleng kepala melihatnya. Untuk itu, simak terus ya guys.

Canggih, Robot Ini Digunakan Di Medan Perang

Teknologi robot sudah umum digunakan dalam berbagai bidang, misalnya saja industri, kesehatan, bahkan militer sekalipun. Di dunia militer, nyatanya robot bisa juga digunakan dalam medan peperangan. Dengan segala kecanggihannya bisa jadi membuat kamu merinding loh. Kamu bisa lihat dibawah ini.

  • Maars

Jangan meremehkan kemampuan dari Modular Advanced Armed Robotic System atau MAARS. Dengan desainnya yang compact, robot canggih untuk perang ini memiliki bentuk seperti tank dalam skala ukuran lebih kecil. MAARS dilengkapi dengan berbagai persenjataan, mulai dari laser, gas air mata, bahkan pelontar granat sekalipun. Sebelumnya ada juga model SWORDS yang digunakan berperang di Irak beberapa tahun lalu.

  • DOGO

Yang dikembangkan oleh General Robotics malah kelihatan seperti sebuah mainan remote control. Tapi siapa sangka, dengan ukurannya yang sebesar tas ransel, DOGO dilengkapi dengan kamera dan pistol 9-milimeter loh. Robot canggih untuk perang ini sangat efektif untuk melumpuhkan musuh tanpa menarik perhatian, khususnya dalam membebaskan sandera. DOGO juga dilengkapi lapisan yang cukup kuat, sehingga mampu menahan terjangan peluru.

  • Guardbot

Sebuah robot militer nggak selamanya harus dilengkapi dengan persenjataan. Guardbot mengambil peran penting dalam peperangan, terutama untuk urusan pengintaian dengan dilengkapi sebuah kamera. Guardbot awalnya didesain untuk digunakan pada penjelajahan planet Mars. Memiliki keunggulan pada bentuknya, Guardbot mampu digunakan dalam berbagai medan, seperti salju, pasir, bahkan mengapung di atas permukaan air.

  • Gladiator

Berbicara tentang Kekaisaran Romawi, pasti lekat dalam pikiran kita dengan gladiator. Prajurit perang inilah yang menginspirasi robot yang didesain oleh U.S. Marine Corps, yaitu Gladiator Tactical Unmanned Ground Vehicle. Punya bentuk seperti tank mini, Gladiator dapat digunakan dalam berbagai misi. Dengan kecepatan maksimal hingga 16 km/jam, Gladiator mampu mengangkut sebuah senapan mesin dan pelontar granat.

  • Anbot

Kamu para gamer mungkin nggak akan asing dengan bentuk robot canggih untuk perang yang satu ini. Anbot yang dikembangkan di Tiongkok oleh National Defense Univesity sekilas memiliki bentuk seperti Wrench Jr. Robot yang ada di seri game Watch Dogs 2. Anbot dikembangkan sebagai robot polisi yang digunakan untuk berpatroli. Anbot yang memiliki kecepatan hingga 18 km/jam ini mampu melontarkan alat kejut listrik apabila dalam keadaan bahaya dan darurat.

Mengenai masalah robot atau bahkan teknologi canggih, pastinya tak lepas dari negara Sakura dan negara yang terkenal akan arogansinya yakni Amerika. Yah kedua negara ini emang terkenal dengan penemuan yang tak biasa. Sebut saja Jepang yang kerap menerbitkan beberapa robot canggih sebagai alat bantu bagi manusia. Bahkan Jepang pernah meluncurkan sebuah robot seks, bagi mereka yang sudah lanjut usia atau dikategorikan lelaki kesepian. Pasti hal ini sudah kamu ketahui bukan?

Namun kali ini, Jepang ditantang oleh Amerika untuk duet maut antar keduanya. Namun bukan duet maut peperangan antar negara ya guys, melainkan peperangan antar Robot hasil ciptaan mereka sendiri nih.

Terima Tantangan Amerika Serikat Untuk Duel Antar Robot

Seorang desainer yang bernama Kogoro Kurata. Beliau dikenal sebagai seniman yang biasa mengembangkan desain kreasi dari bahan metal, bekerjasama dengan Soidobashi Heavy Industri serta seorang artist terkenal yang biasa mengembangkan robot dijepang. Kurata menciptakan robot raksasa pertama yang dapat dioperasikan secara manual dengan manusia didalamnya atau melalui remote touch screen.

Kurata menyebut robot ini sebagai mainan (yang memang sudah dipasarkan sebagai mainan). “Saya mendesain ini untuk orang berkantong tebal yang ingin rmengendalikan dan beraksi layaknya robot di film” begitu Komentar Kurata. Akan tetapi perlu diketahui, robot ciptaannya ini dilengkapi dengan BB Twin Gatling gun berkecepatan 6000 putaran per menit. Tak hanya itu, Lohas launcher (Mirip Roket Launcher) yang bisa diisi dengan semacam kembang api atau peluru cat ikut disematkan. Robot Kurata ini sendiri berbobot 4082 Kg dan tinggi 3,65M.

Nah disinilah awal mulanya, Amerika mulai menantang Jepang akan kehebatan yang ada pada kedua robot yang telah mereka ciptakan.

Sebuah firma bernama Megabot yang disponsori software desain terkemuka Autodesk, juga mengembangkan desain robot. Firma ini berasal dari Amerika Serikat yang di riset oleh tiga orang yaitu Matt Oerlien, Andrew Stroup dan Gui Cavalcanti.

Megabot kemudian tertarik menantang Kurata untuk berduel dengan robot ciptaan mereka, MegaBot Mark II. Robot asal negeri paman Sam ini memiliki berat 5443,11 Kg dan tinggi maksimal 14,57M dan kecepatan sekitar 44 Km per jam. Secara teoritis lebih berat dan lebih tinggi dari robot buatan Kurata.

MegaBots Amerika sendiri mempunyai spesifikasi mekanisme dan senjata yang bisa dibilang seimbang dengan robot Kurata Jepang. Berbeda dengan Kurata yang memilih Twin BB gatling Gun, MegaBots Mark II menggunakan senjata andalan yang dibekali peluncur roket berkecepatan sangat tinggi. Akan tetapi perbedaan sangat mencolok terletak pada mekanisme sistem dan penggeraknya. Robot Kurata dibekali software dan mekanisme canggih layaknya robot sebenarnya.

Nah, disini pastinya Kurata sudah tahu bahwa robot yang diciptakannya sangat berbeda jauh dari Robot Amerika tersebut. Bahkan kurata sedikit menyindirnya seperti ini ” membuat sesuatu yang besar dan berat dari bahan baja lalu menempatkan sebuah senjata dan roda didalamnya lantas kalian sebut robot? Yah memang ciri khas Amerika selalu begitu… Ayolah buat sesuatu yang lebih canggih,” begitu sindir Kurata. Walau dikatakan memiliki perbedaan jauh, namun Kurata menirima tantangan tersebut.

Tantangan ini hanya dengan syarat keduanya bertarung menggunakan Melee atau pertarungan jarak dekat. Tapi dari pihak Amerika sendiri menginginkan senjata jarak jauh dalam duel ini , “Robot bertarung selalu menggunakan senjata api atau pedang, kami masih ingin hal tersebut ada, Definisi melee sendiri sangat luas dan kami masih memperdalam hal ini”. begitu tanggapan Cavalcanti atas syarat yang dilontarkan Kurata untuk duel robot ini.

Para pengamat menilai Kurata sangat cermat menantang duel robot ini dengan pertarungan jarak dekat, selain lengan robot yang diciptakannya dapat mengenggam layaknya kepalan manusia, kemampuan robot Kurata juga dilengkapi system V-SIDO yang mampu membaca gerakan operator robot hanya menggunakan sensor dan merubahnya menjadi gerakan mekanik canggih layaknya film Pasific Rim.

Tentunya teknologi tersebut akan berguna dalam pertarungan jarak dekat, baik dengan senjata maupun tidak. Ini adalah gap teknologi yang tidak dipunyai robot Amerika Mark II.

Keren, seiring perkembangan zaman kecanggihan robot membuat banyak orang begitu takjub. Gimana? Menurut kamu robot manakah yang akan menang? Amerita atau Jepang? Yah, yang pasti robot dengan kwalitas terbaiklah yang nantinya akan meraih kemenangan. Maka dari itu sekian dulu pembahsan hari ini mengenai robot.