Mau Sukses Diet? Lakukan Cara Ini Untuk Menurunkan Berat Badan

Diet ekstrem merupakan kesalahan yang cukup sering wanita lakukan dalam proses penurunan berat badan. Memang, hasil yang diidamkan akan cepat tercapai, tapi diet ekstrem itu sendiri dapat menganggu kesehatan Anda. Urusan berat badan tak hanya berpengaruh pada penampilan saja. Lebih dari itu, berat badan ideal nyatanya mampu menunjang aspek kehidupan lain, misalnya perkara pekerjaan hingga hubungan cinta.

Akibatnya, banyak orang yang mau menjajal berbagai macam cara demi mendapat berat badan yang ideal. Terdapat cara mudah mengurangi berat badan, salah satunya dengan kebiasaan tidur. Berdasarkan penelitian para ahli kebiasaan Anda saat tidur dapat mempengaruhi berat badan.

Seperti tidur telanjang, menghirup aroma anggur, atau makan makanan ringan sebelum tidur dapat membakar lemak berlebih pada saat Anda tidur. Namun adakah cara yang baik dilakukan seseorang agar dietnya berhasil dan tidak mempengaruhi kesehatan?

Cara Baik Untuk Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan dalam waktu yang singkat bukan sesuatu hal yang mustahil. Ada bermacam-macam diet yang bisa anda coba untuk bisa mendapatkan berat badan dan bentuk tubuh yang ideal. Namun, salah satu kunci utama yang tak boleh kamu lupakan adalah “niat yang kuat“. Tanpa keinginan dan niat yang kuat, anda akan mudah sekali tergoda. Akibatnya tak hanya saja gagal, namun berat badanmu juga justru makin bisa bertambah.

Nah, bagi anda yang sudah memiliki keinginan, niat dan mental yang tangguh untuk menurunkan berat badan dalam waktu yang singkat, berikut ini adalah beberapa tahapan yang harus anda lakukan agar program diet ketatmu dapat berjalan secara efektif.

1. Hitung Konsumsi Kalori dan Protein Harianmu

Tak perlu menjadikan diet sebuah momok karena kamu harus meninggalkan makanan kesayanganmu atau waktu makanmu yang harus berkurang. Lihatlah diet yang kamu jalani dari sudut pandang yang positif. Bahwa diet sebenarnya bisa dijadikan sebagai sebuah gaya hidup dan bukan hanya sebagai program menurunkan berat badan.

Diet ketat bukan berarti kamu harus memberikan aturan yang sangat ketat pula terhadap pola makanmu. Kuncinya hanya satu, cukup hitung berapa kalori dan protein yang kamu konsumsi pada hari itu. Terlalu banyak aturan yang ketat dikhawatirkan bisa membuatmu semakin malas dan stress.

Buatlah aturan hanya dengan membatasi asupan kalori dan proteinmu. Jangan mengkonsumsi kalori lebih dari 1600 per hari, atau juga bisa dengan mengurangi asupan kalori sebanyak 300–600 setiap harinya.

2. Sediakan Makanan Sehat Dan Sterilkan Rumah Dari Junk Food

Sangat disarankan bagimu untuk selalu menyediakan makanan dan minuman sehat yang baik dikonsumsi untuk diet yang cepat saji. Salah satu faktor yang membuat kita enggan untuk mengkonsumsi makanan sehat adalah karena terlalu malas untuk memasaknya.

Untuk mengatasi rasa malas itu, selalu siapkan makanan-makanan sehat yang sudah kamu racik sendiri sehingga kamu bisa memasaknya sewaktu-waktu dalam waktu yang singkat. Kalau begini, dijamin kamu nggak akan malas lagi. Dan ingat nih guys, bahwa makanan junk food harus segera disingkirkan agar proses diet berjalan dengan baik.

Junk food dan minuman soda adalah musuh besar bagi semua orang yang sedang berjuang untuk menurunkan berat badan. Bersihkan kulkas dan rumahmu dari makanan dan minuman jenis ini hingga steril. Gantilah semua dengan makanan yang sudah pasti sehat dan berguna untuk menunjang dietmu.

3. Fokus Pada Tujuan Akhirmu

Tak perlu membandingkan diri dengan orang lain, karena setiap orang tentu punya kemampuan yang berbeda-beda. Sibuk merutuki tampilan diri dan mendamba-dambakan tubuh ideal layaknya orang lain hanya akan menyakiti dirimu sendiri. Pahamilah bahwa setiap orang memiliki kondisi genetik dan proses metabolisme yang berbeda. Membandingkan diri dengan orang lain akan mengalihkan konsentrasimu dalam program diet yang sedang kamu jalani.

Tak jarang hal tersebut justru menimbulkan tekanan yang berpotensi membuat berat badanmu naik lagi. Teruslah fokus dengan diet yang anda jalani. Tetap tekun dan bersabar hingga target utamamu tercapai. Hadiah yang sesungguhnya adalah saat anda bisa mencapai target akhirmu. Sebagai motivasi, cukup dengan membayangkan bagaimana dirimu setelah diet yang anda lakukan berhasil.

4. Perbanyaklah Minum Air Putih

Agar anda tak terlalu kebablasan saat makan, cobalah untuk menyiasatinya dengan melakukan trik yang satu ini. Setiap kali hendak makan, minumlah air putih secukupnya 30 menit sebelumnya. Ini akan membuat perutmu kenyang lebih dulu sehingga anda tak akan terlalu banyak menyantap makanan.

Dan setiap kali anda berniat untuk nyemil, lebih baik makanlah beberapa buah apel atau salad sebelumnya. Serat yang terkandung pada apel dan salad akan menekan rasa laparmu sehingga kamu nggak akan banyak ngemil. Seperti yang diketahui air mineral sangat penting untuk kebutuhan tubuh kita, baik untuk mengeluarkan racun dan membuat kulit lebih terjaga kesehatannya.

Untuk mengakalinya sebelum anda makan, minumlah satu gelas air putih terlebih dahulu agar terhindar dari makan besar (makan banyak). Jadi intinya, air putih dapat membantu menurunkan berat badan anda.

5. Berolahraga

Terkadang, orang-orang di sekitarmu adalah rintangan terbesar dalam program diet yang kamu jalani. Pasalnya, acara kumpul dengan teman seringkali dihabiskan dengan nongkrong dan mengkonsumsi kudapan-kudapan yang tak sehat. Nah, akan lebih baik lagi jika kamu dan teman-temanmu memiliki hobi yang sama, misalnya olahraga atau kegiatan lain yang mengandalkan aktivitas fisik.

Yang pasti, aktivitas fisik yang kamu jalani bersama teman akan terasa lebih menyenangkan dan sudah pasti kebugaran tubuh dan program dietmu pun akan tetap terjaga. Meski berat badanmu tetap bisa turun hanya dengan menjaga pola makan saja, tapi diet terbaik adalah yang disertai dengan berolahraga. Diet tanpa olahraga kurang baik karena kulitmu akan terlihat kendur dan otot-ototmu juga tidak terbentuk dengan sempurna.

Anda tak harus melakukan fitness untuk membentuk otot kok, cukup rutin angkat barbel, ikut senam dan hal semacamnya. Dan anda tak perlu memaksakan diri, ikuti saja seberapa kemampuanmu. Tujuan utamanya adalah untuk melatih dan memelihara otot sekaligus melancarkan metabolisme. Selain rileks, hal lain yang harus anda tanamkan dalam-dalam adalah menyadari bahwa tidak ada proses yang instan.

Jangan mudah termakan iklan obat-obatan yang konon katanya bisa membuatmu kurus atau punya tubuh yang ideal hanya dalam sekejap. Meskipun butuh perjuangan dan proses yang panjang, nikmati saja prosesnya. Ketika program dietmu sudah menjadi kebiasaan sehari-hari, maka menurunkan berat badan tidak akan menjadi fokus utamamu lagi. Lebih dari itu, kamu akan dengan senang hati menjalankan diet demi punya tubuh yang sehat dan selalu bugar.

6. Jaga Kesehatan Usus

Kamu juga harus ingat dengan pentingnya kesehatan dari salah satu organ pencernaan tubuhmu, yaitu usus. Di dalam usus terdapat bermacam-macam bakteri, baik bakteri yang baik maupun jahat. Tugasmu adalah untuk menjaga agar bakteri baik dalam ususmu tidak mati karena mereka berguna untuk membantu memperlancar pencernaan.

Caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik seperti tempe, susu, yogurt. Semakin lancar pencernaanmu, maka pembakaran lemak dan kalori pun semakin lancar. Hasilnya, berat badanmu jadi semakin cepat turun.

Tidak lepas dari semua itu, untuk melakukan diet yang sehat agar dapat menurunkan berat badan, ada baiknya kamu menghindari yang namanya makan malam. Karena makan di malam hari justru akan membuat kamu akan menjadi lebih gemuk. Banyak dari kita yang berpikir menurunkan berat badan itu tidak mudah.

Ternyata penting bagi kita untuk menerima kenyataan ini. Mempercayai bahwa Anda akan sukses adalah kunci dietnya, namun mempercayai Anda akan sukses dengan mudah justru akan berujung pada kegagalan. Dalam sebuah studi yang semua partisipannya adalah wanita obesitas dalam sebuah program penurunan berat badan ditemukan sebuah fakta.

Partisipan yang mengira dapat menurunkan berat badan dengan mudah kehilangan 24 kg lebih sedikit daripada partisipan yang tahu proses diet itu akan sulit.

Karena pola pikir seperti itu, orang yang sukses diet memberikan lebih banyak upaya, merencanakan berbagai cara untuk mengatasi masalah di tengah proses diet dan tetap bertahan meski situasinya menjadi sulit. Jadi jangan coba menghilangkan kekhawatiran Anda karena kekhawatiran itu justru bisa membantu mempersiapkan Anda untuk menghadapi tantangan diet.

Bayangkan betapa sehatnya tubuhmu jika anda berhasil menjalani diet dengan konsisten. Kemungkinan punya umur lebih panjang dan terhindar dari beragam penyakit berbahaya pun semakin besar. Justru menjadikan diet sebagai beban hanya akan mengakibatkan program penurunan berat badanmu berakhir berantakan.

Tips Alami Melakukan Diet

Kelebihan berat badan atau yang biasa kita sebut dengan obesitas, memiliki banyak sekali potensi mengundang penyakit datang ke tubuh. Sebenarnya setiap orang memang diharuskan memiliki sejumlah lemak untuk menyimpan energi dan lainnya, namun jika jumlahnya berlebihan, maka lemak yang tertimbun dapat merugikan metabolisme tubuh.

Oleh karena itu, bagi Anda yang mengalami obesitas memang sudah seharusnya mencoba mencari cara menguruskan badan secara alami dengan cara diet alami dan sehat. Mencoba memulai mengurangi berat badan dengan cara diet alami dan sehat sendiri membutuhkan komitmen tinggi karena butuh keteraturan agar hasil yang didapatkan semakin maksimal.

Memelihara keinginan untuk cepat menurunkan berat badan dan menjadi langsing sangat diperlukan, tapi mengubah pola makan secara drastis apalagi sampai tidak makan malah berisiko terkena gangguan kesehatan pula. Meski sudah berusaha keras, diet yang tidak sehat tidak akan membawa dampak baik dalam jangka panjang meski bisa mengurangi berat badan seketika. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, nah ada baiknya jika melakukan tips alami agar berat badan dapat teratasi.

1. Konsumsilah Kacang Pistachio

Kenapa harus kacang pistachio? Ini karena dalam kacang pistachio mengandung lemak dan kalori yang cukup untuk kebutuhan tubuh. Tetapi lemak yang dikandung dalam kacang pistachio ini mudah larut dalam air jadi tidak akan menaikan berat badan anda.

Selain dapat menurunkan berat badan kacang ini juga dapat mencegah kanker, menjaga kesehatan jantung, melindungi sistem saraf, menurunkan resiko diabetes dan menjaga kesehatan mata. Kacang ini tumbuh diderah Iran, Turkmenistan, Azerbaijan Barat. Kacang pistachio ini juga mengandung protein yang tinggi sama dengan jenis kacang-kacangan lain.

2. Minum Air Jeruk Nipis Di Pagi Hari

Jeruk nipis memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan. Dengan meminum air jeruk nipis dengan segelas air hangat selama masa diet Anda, dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Jeruk nipis yang kaya akan vitamin C ini akan bekerja menyerap kalsium dalam sel-sel lemak, sehingga berat badan turun.

Jeruk nipis, kaya akan kandungan asam sitrat, yang nantinya masuk ke dalam tubuh dan menyehatkan pencernaan. Asam ini berinteraksi dengan asam lain dan enzim di perut sehingga melancarkan pencernaan. Kandungan asam yang tinggi dalam air jeruk nipis membantu mengurangi penyerapan gula dari makanan yang Anda makan.

3. Jadikan Apel Cemilan Wajib

Bukan rahasia lagi kalau buah apel berkontribusi banyak soal diet alami. Sebuah apel memiliki kurang dari 200 kalori dengan kandungan protein dan serat yang tinggi, sehingga dapat membantu tubuh Anda untuk menahan nafsu makan. Selain itu, apel juga mampu mengatur kadar gula darah agar tetap stabil dan siap membuat Anda tetap bertenaga. Konsumsi apel paling tidak dua kali sehari, jangan lupa untuk ikut memakan kulitnya karena terdapat banyak serat disana.

4. Konsumsi Makanan Kaya Serat

Makanan yang mengandung banyak serat adalah kacang polong, alpukat, pisang,pepaya, brokoli, kubis, pir, jagung dan beras merah. Manfaat makanan kaya serat antara lain :

  • Membantu proses detoksifikasi dalam tubuh.
  • Membantu menurunkan berat badan.
  • Menurunkan kolesterol tinggi.
  • Membersihkan saluran pencernaan.
  • Melindungi tubuh dari penyakit usus besar.
  • Menghindarkan endapan lemak pada pembuluh darah.
  • Mengendalikan gula darah.
  • Memperlambat penyerapan glukosa.

Dan ingat sangat penting bagi anda untuk menghindari mengonsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi. Bacalah tabel gizi yang ada pada setiap kemasan snack yang akan Anda makan atau minum.

Mengonsumsi makanan yang mengandung gula secara berlebih memiliki banyak risiko seperti diabetes, kolesterol tinggi, kecanduan ingin makan manis,obesitas, gigi berlubang dan penyakit lainnya. Hindari pula minuman bersoda karena dalam minuman bersoda mengandung gula yang sangat tinggi.

5. Teh Hijau

Cara menurunkan berat badan secara alami  adalah dengan rutin meminum teh hijau. Teh hijau terkenal akan banyak khasiatnya. Sejak dulu teh hijau dipercaya menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan yang efektif. Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, minumlah teh hijau dengan teratur sebelum Anda makan.

Dan pastikan pula Anda meminumnya tanpa gula. Dengan meminumnya sebelum makan, otomatis akan membuat perut Anda terasa lebih kenyang saat makan dan tentu saja mengurangi porsi makan Anda.

Teh Hijau dapat memperlancar metabolisme tubuh, termasuk metabolisme lemak, sehingga akan membantu menghilangkan lemak pada tubuh. Selain itu teh hijau kaya akan anti oksidan yang bermanfaat untuk mencegah kanker dan menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh

Diet alami memang tidak terlalu banyak memiliki pantangan seperti diet-diet lainnya. Hanya saja harus mengetahui makanan apa saja yang telah masuk dalam tubuh dan harus mengontrolnya agar berat badan ideal anda dapatkan.

Penyebab Kegagalan Dalam Menurunkan Berat Badan

Tidak makan tapi minum minum banyak kalori. Disangka hanya makanan saja yang mengandung banyak kalori, nyatanya kopi dengan krim, minuman bersoda jauh lebih banyak mengandung kalori. Menargetkan turun berat badan yang tidak realistis. Seperti halnya menargetkan sesuatu.

Pokoknya harus bisa turun 5 kilogram dalam seminggu”. Nah, target yang tidak realistis tersebut malah hanya akan membuat Anda stres karena Anda akan mengupayakan banyak hal agar target tercapai. Untuk itu perlu diperhatikan beberapa penyebab berikut yang buat program diet anda kacau.

1. Balas Dendam Setelah Olahraga

Ini nih yang serig membuat program diet gagal total. Mengapa begitu? Perasaan akan balas dendam dikatakan sebagai Kesalahan fatal yang sering menjadi faktor kegagalan diet setelah berolahraga dengan makan berlebihan. Setelah berolahraga biasanya tubuh memang merasa lebih lapar karena kalori dalam tubuh telah dibakar.

Anggap saja anda telah membakar kalori sebanyak 500 kalori setelah anda kelelahan berolaraga tubuh akan merasa sangat kelaparan akhrinya setelah olahraga anda melampiaskan kelelahan dengan makan tanpa memperhitungkan makanan yang dimakan. Fenomena yang terjadi yaitu jumlah kalori yang dibakar sebesar 500 kalori namun yang dikonsumsi setelah olah raga bisa saja 600 kalori. Akhirnya bukan berkurang malah bertambah berat badannya.

2. Telat Makan

Banyak hal yang harus anda ketahui sebelum memetuskan melakukan diet. Karena apa? Banyak kesalahan yang sepele membuat anda enggan menyadarinya. Sama halnya dengan ini yang sering dianggap sepele oleh mereka yang sedang menjalankan program menurunkan berat badan. Ada juga yang merasa jika telat makan itu lebih baik, bahkan ada yang sengaja menunda jam makannya.

Padahal hal ini justru berdampak buruk bagi diet anda karena kebanyakan mereka yang telat makannya akan merasa lebih lapar saat makan sehingga sulit menahan diri dan akhirnya makan dalm porsi lebih banyak dari yang sehausnya. Hal-hal yang dianggap sepele seperti ini lebih sering menggagalkan program diet seseorang.

3. Kurangnya Jam Tidur

Pola hidup yang sehat berhubungan dengan pola tidur, normalnya manusia tidur 8 jam sehari atau minimal 7 jam sehari. Sedangkan menurut hasil penelitian orang yang tidurnya kurang dari 7 jam akan membuat produksi hormon kortisol, gula darah dan produksi insulin akan naik. Hal itu memicu tubuh menjadi cepat lapar serta menjadikan resistensi insulin dimana resistensi tersebut akan membuat tubuh menyimpan banyak lemak.

Untuk anda yang ingin menurunkan berat badan, mengonsumsi makanan berdasarkan kebutuhan kalori amatlah penting. Yang penting jangan sampai kalori yang dikonsumsi melebihi dari yang tubuhmu perlukan sehingga malah menumpuk dan menjadi lemak. Dan ingat, bahwa tekat dan sikap optimis sangat dibutuhkan dalam program diet ini.

Maka untuk itu anda harus benar-benar optimis dalam melakukan hal ini. Dan tips serta cara baik diatas dapat anda lakukan dalam memulai diet yang baik pula. Untuk itu demikianlah penjelasan diatas semoga artikel ini memberi pengetahuan baik bagi pembaca.