Mengapa Napas Bangun Tidur Berbau Menyengat?

Sebal dengan bau mulut pasanganmu saat terbangun di pagi hari? Atau mungkin bau napasmu sendiri yang tidak sedap? Saat menjelang tidur ini adalah saat yang paling tepat untuk membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan. Hal ini dikarenakan sisa-sisa makanan tersebut dapat merusak lapisan gigi dan membuat pertumbuhan bakteri berkembang dengan pesat. Namun, semua orang pasti tahu bahwa setiap kali bangun tidur, salah satu hal yang disadari adalah munculnya bau mulut.

Padahal sudah sikat gigi malam sebelum tidur, tapi mengapa paginya masih bau mulut? Bau mulut secara umum dapat terjadi secara permanen atau sementara. Gangguan ini memberikan dampak atau citra yang negatif bagi penderitanya. Tapi untuk bau mulut saat bangun tidur tampaknya hampir dialami semua orang. Meski bukan merupakan perkara serius, tapi bau napas bangun tidur bisa diatasi bila diketahui penyebabnya, lantas apa penyebab sebenarnya?

Penyebab Napas Berbau Menyengat

Penyebab utama bau mulut di pagi hari adalah bakteri alami yang ada di mulut. Mulut mengandung berbagai bakteri yang memulai proses pencernaan. Saat beraktivitas, air liur dan gerakan mulut normal untuk bicara dan mengunyah, sehingga dapat membersihkan serpihan makan dan mencegah bakteri berkembang. Namun saat tidur terjadi penurunan produksi air liur, sehingga mulut menjadi kering. Selain itu, juga terjadi penurunkan oksigen yang tersedia di dalam mulut.

Saat kamu terlelap, bakteri-bakteri dalam mulutmu memiliki waktu yang lebih panjang untuk berkembang biak dan menggandakan diri. Sebetulnya di siang haripun bakteri di mulutmu juga sama saja, tapi mereka tak punya banyak waktu untuk berkembang karena mulutmu sedang aktif. Kamu makan dan minum, mulutmu melakukan gerakan mengunyah, kelenjar pun memproduksi air liur sepanjang hari, kemudian kamu menelan. Semua aktifitas itu menghambat pertumbuhan bakteri. Seperti yang kita tahu, air liur adalah zat anti bakteri paling ampuh.

Bakteri dalam mulut bersifat anaerob, artinya tidak dapat hidup tanpa bantuan oksigen dan tidak dapat tumbuh dalam mulut kering. Akibatnya, agar bertahan hidup bakteri ini akan mencerna protein yang tertinggal di mulut dari sisa-sisa makanan yang terjebak di antara gigi, air liur, lendir. Protein yang dicerna tersebut akan menghasilkan gas belerang yang mengakibatkan bau mulut tidak sedap saat bangun tidur. Gas yang berbau busuk yang dihasilkan selama tidur ini akan menghilang bila produksi air liur kembali normal.

Saat anda tidur, aliran ludah menurun. Itulah mengapa napas bisa bau saat pagi. Air liur secara normal akan membersihkan rongga mulut dari bau yang dihasilkan bakteri. Sedangkan saat tidur, mulut akan mengurangi produksi air liur sehingga rongga mulut lebih kering dan bau yang dihasilkan bakteri semakin menyengat. Berkurangnya produksi air liur ini dapat dipicu juga dengan kebiasaan mendengkur atau bernapas melalui mulut saat tidur.

Itulah mengapa, semakin kering rongga mulut, maka semakin bau mulutmu. Hal ini juga yang menjelaskan mengapa kita sering bau mulut saat puasa. Selain dikarenakan berkurangnya produksi air liur saat malam, penyebab lainnya yakni, penyakit gusi. Seperti periodontitis dan gingivitis (radang gusi), berkemungkinan lebih tinggi untuk mengalami bau mulut. Pasalnya, bakteri yang bersarang pada area gusi yang sakit akan melepaskan racun yang menyebabkan bau mulut.

Tapi selama bau mulut masih wajar dan tidak terlalu busuk, dan hilang setelah kamu minum air putih cukup dan sikat gigi, maka tak ada yang perlu dikhawatirkan. Lalu adakah pencegahan untuk masalah bau mulut setelah bangun tidur dipagi hari?

Mencegah Bau Mulut Tak Sedap Di Pagi Hari

Secara normal, seseorang tidak bisa menghilangkan bau mulut tak sedap di pagi hari karena hal tersebut merupakan fungsi normal dari pengurangan air liur dan pembiakan sementara beberapa jenis bakteri. Tapi bau mulut di pagi hari dapat dikurangi dengan menjaga kebersihan mulut. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi bau mulut saat bangun tidur.

1. Menggosok Lidah

Jika mulut bau saat bangun di pagi hari, kemungkinan ada lapisan putih tebal di lidah bagian belakang. Lapisan tersebut adalah timbunan bakteri penyebab bau mulut. Jadi, penting untuk membersihkan lidah setidaknya satu kali sehari guna menghilangkan lapisan bakteri tersebut. Lakukan cara ini secara lembut ketika anda mengggosok gigi sebelum tidur. Lakukan gerakan lembut menyapu seluruh permukaan atas lidahmu dengan sikat gigi yang masih ada pasta giginya.

2. Mengubah Kebiasaan Tidur

Sebelum tidur, renungkan pepatah “hidung untuk bernapas, mulut untuk makan”. Latih diri agar bernapas melalui hidung saat tidur dengan melakukan beberapa kali latihan pernapasan hidung secara sadar. Mendengkur atau bernapas keras melalui mulut saat tidur di malam hari meningkatkan kemungkinan terjadinya bau mulut. Sebagian besar orang yang mendengkur dan bernapas melalui mulut tidur dengan mulut terbuka sehingga mulut menjadi kering dan bakteri penyebab bau mulut tumbuh subur.

3. Tidak Memakan Apapun Setelah Gosok Gigi Malam

Jangan langsung tidur setelah makan dan minum sehingga tidak meninggalkan makanan di mulut Anda. Pastikan Anda makan 3 jam sebelum tidur, dengan begitu kuman yang Anda sikat pada malam hari, bisa langsung hilang. Sisa makanan yang kebetulan tersangkut di gigi dan gusi adalah tempat favorit bakteri. Dan ini akan membuat bau mulutmu semakin tidak sedap ketika bangun keesokan harinya.

4. Menggunakan Pengobatan Medis

Jika sudah menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan baik serta melakukan berbagai metode mencegah mulut mengering saat tidur di malam hari, tetapi tetap mengalami bau mulut saat bangun di pagi hari, konsultasikan dengan dokter gigi. Bakteri penyebab bau mulut dapat berhubungan dengan beberapa gangguan kesehatan gigi dan mulut, seperti gingivitis (radang gusi) dan periodontitis (radang jaringan pendukung gigi).

Selain melakukan hal yang ada diatas, jangan lupa untuk minum segelas air putih. Setelah bangun tidur karena hal ini akan secara efektif menurunkan kadar sulfur yang menyengat pada mulut. Untuk itu demikianlah ulasan mengenai napas bau saat bangun tidur, semoga penjelasan diatas memberi manfaat serta pengetahuan bagi pembaca.