Mengenal Lebih Dalam “Apa Itu Longboarding?”

Bicara mengenai papan seluncur satu ini, mungkin bagi anda pengguna sosmed sudah tahu bahwa ada seorang gadis yang begitu mahirnya bermain Longboarding. Dan sangkin mahirnya ia, video yang diunggahnya menjadi sorotan banyak orang. Pasalnya gadis cantik bernama Ko Hyojoo ini merupakan “longboarder” asal Korea Selatan. Dengan mahir, dia menari dengan berbagai lagu sambil menaiki longboard nya, cewek asal negara Ginseng inipun sudah membuat banyak orang yang terkagum-kagum akan penampilannya.

Aksi yang ia tunjukan begitu luar biasa, ia seakan sedang menari-nari diatas papan seluncur miliknya. Banyak yang mengira bahwa gadis ini adalah salah satu member dari girlband. Mengapa begitu? Paras dan tubuh mungil yang ia miliki seakan ia adalah seorang artis saja. Dan tahukah anda bahwa gadis ini sudah menekuni olahraga ini sejak tahun 2014. Dan berkat bakatnya yang luar biasa kini gadis cantik ini membintangi iklan dan bahkan menjadi brand ambassador.

Gimana? Keren bangetkan gadis Korea ini, nah anda bisa melihat videonya dibawah ini.

Setelah melihat aksi dari gadis cantik ini, adakah yang tahu mengenai papan seluncur satu ini? Semacam Skateboarding? Mungkin banyak dari kita yang tak tahu mengenai kedua papan seluncur ini, “Skateboarding dan Loangbording” tampak sama dan memiliki bentuk yang serupa ternyata tak menjadikannya keduanya “sama“.

Banyak orang yang salah kaprah dan menyamakan dua jenis permainan papan seluncur ini. Longboarding dan skateboarding memiliki perbedaan yang sangat signifikan pada ukuran panjang papan. Ukuran papan longboarding itu sekitar 90-150cm dan untuk ukuran rodanya sekitar 68-85mm. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita simak bersama ulasannya dibawah ini.

Pengertian Dan Sejarah Longboarding

Longboarding adalah jenis peralatan olahraga yang mirip dengan skateboard namun mereka taklah sama. Hal ini mungkin karena keduanya memiliki bentuk yang sama. Longboard cenderung lebih cepat dibandingkan papan seluncur lainnya (skateboard) hal ini dikarenakan ukuran roda yang terdapat pada longboard. Papan seluncur yang sedang trend ini biasanya digunakan untuk jelajah suatu tempat (seperti halnya pedesaan, tempat dimana tak ada kendaraan), balap menurun, balap slalom, meluncur, menari, balap jarak jauh dan transportasi. Longboarding termasuk olahraga anyar yang semakin digemari akhir-akhir ini.

Bahkan di kalangan anak muda tanah air, olahraga pemicu adrenalin ini pun tengah menjadi trend. Sehingga wajar bila kini mulai banyak bermunculan klub pecinta longboard di Indonesia dan negara lainnya. Longboarding pertama dibuat oleh peselancar Hawai pada tahun 1940-an dan 50-an sebagai alternatif untuk menaiki sebuah ombak. Peluncur awalnya membangun papan berbahaya dan improvisasi dari papan kayu dan sepatu roda dalam praktik yang dikenal dengan Trotoar. Longboarding Diproduksi pertama kali secara komersial pada tahun 1959 saat MakahaJacks dan Hobie menjadi distributor pertama longboarding profesional.

Papan panjang ini, awalnya masih tergolong biasa karena masih menampilkan roda logam, namun dengan seiring berjalannya waktu kemudian longbording memiliki roda yang lebih baik agar menjaga keamanannya lebih baik lagi. Longboarding menjadi kegiatan yang populer di akhir 1950-an dan awal 1960-an, namun popularitasnya sebagian besar telah menurun pada tahun 1965.

Dan pada tahun 1972 longbording kembali lagi ketika Frank Naswoethy dan Cadillac Whell Company memperkenalkan roda uret longgar. Keunggulan yang didapat dengan menggantikan rodanya ialah kekuatan atua bahkan kecepatan dari longbording semakin bertambah. Ini yang membuat papan seluncur satu ini semakin digandrungi lagi.

Dan adapula yang mengatakan bahwa longboard diadaptasi dari skateboarding dan juga surfing. Longboarding sendiri pertama kali dikembangkan oleh skateboarder yang tidak ingin ketinggalan sensasi berselancar dan snowboarding di jalanan aspal. Selebihnya longboard diperkirakan berasal dari California dimana di sana banyak terdapat bukit yang menantang untuk dituruni. Hal ini bukan tanpa alasan. Pasalnya longboarding kerap dimainkan dalam ajang balap downhill alias menuruni jalanan. Namun, ada pula yang berpendapat longboard sebenarnya berasal dari hawai.

Adapun yang menyebutkan ide awal longboarding didapat dari rasa kecewa para pecinta surfing yang berdomisili jauh dari pantai. Karena tidak ada pantai dan hanya jalanan, maka papan surfing yang biasa digunakan berselancar lalu dimodifikasi agar bisa meluncur di jalanan.

Namun adakah cara atau metode untuk dapat memainkan permainan ini?

Langkah-langkah Dasar Menggunakan Longboarding

Jika anda baru saja ingin memulai olahraga ekstrem satu ini, metode termudah ialah menyeret kaki anda. Coba ambil kaki yang nantinya akan mendorong anda dan coba seretkan ke jalan (trotoar) sampai nantinya anda akan berhenti. Cobalah dan jaga kedua kaki anda agar tetap rata di tanah saat anda menyeretnya.

A. Dasar-dasar Penting Yang Perlu Diingat

1. Perhatikan Langkah Kaki

Jika anda baru mengenal olahraga ini, langkah pertama yang harus anda ambil adalah berlatih menggerakkan diri anda ke arah depan. Langkah kan kaki belakang ke arah depan papan untuk mendorong diri anda bergerak dengan baik. Sambil melakukan pendorongan, pastikan tubuh anda tetap longgar karena akan membantu dalam menjaga keseimbangan.

  • Jika anda tidak bisa melakukan pendorongan keras menggunakan kaki belakang, maka anda bisa memberi dan mencoba dengan menggunakan kaki depan. Menggunakan kaki depan untuk melakukan push disebut ‘mongo’ dan sebagian besar pengendara tidak memilih untuk melakukannya. Namun, tidak masalah jika ada beberapa orang melakukan hal trersebut. Lakukan pendorongan sesuai kenyamanan dari anda sendiri.
  • Nah, jika anda sudah menguasi longbording selama berlatih dalam beberapa hari ini, cobalah melakukan dorongan lebih keras. Dorongan yang lebih keras akan membantu Aada mendapatkan lebih banyak kecepatan yang akan membuat board berjalan dalam jangka waktu yang lebih lama.

2. Berlatih Berputar

Nah, setelah berhasil dalam dorongan kedepan dan telah menguasinya bahkan kecepatan yang anda lakukan telah maksimal. Cobalah sesekali anda melakukan gerakan yang baru. Setelah merasa nyaman dalam bergerak maju, langkah selanjutnya adalah membuat belokan.

Turning sama sekali bukan tugas yang sulit karena anda hanya perlu memberi tekanan pada satu sisi papan dan bersandar ke arah yang sama. Anda bisa menggunakan tumit atau jari kaki anda untuk berbelok. Jadi, terus berlatih untuk mengambil giliran yang tajam. Gimana? Semangkin menarik bukan?

3. Temukan Metode Untuk Memperlambat Kecepatan

Dikatakan harus menambah dorongan lebih cepat, namun ada hal ataupun dasar yang harus anda ingat. Tak selamanya kan papan seluncur anda terus berjalan? Kemungkinan board anda juga harus berhenti, lalu bagaimana cara menghentikan atua memperlambat gerakan tersebut? Harus ada saat-saat tertentu, kapan anda harus berhenti atau sedikit melambat.

Cara termudah untuk menge “rem” adalah dengan menyeret kaki belakang ke tanah. Menyeret kaki anda akan menciptakan banyak gesekan, yang pastinya akan memperlambat kecepatan board anda. Beberapa metode populer lainnya untuk mengaplikasikan rem adalah ukiran dan pengereman udara. Jadi, pilih metode pengereman dan tetap mempraktikkannya untuk berhenti atau melambat.

4. Berlatih Meluncur

Setelah anda menguasai langkah-langkah yang disebutkan di atas, maka anda harus menantikan beberapa trik longboard. Jika anda ingin membuat slide, maka anda harus membeli beberapa perlengkapan pelindung seperti sarung tangan. Sarung tangan slide akan membantu anda membuat luncuran tanpa menyebabkan tangan anda terluka ataupun sakit.

  • Untuk melakukan peluncuran, langkah pertama yang harus anda lakukan ialah, goyangkan badan anda ke depan, tekuk lutut sedikit dan arahkan kaki depan ke arah depan.
  • Langkah selanjutnya adalah menggeser kaki belakang dari papan dan membungkuk kan lutut depan untuk melakukan kontak dengan papan seluncurnya.

Jika anda melakukan slide untuk pertama kalinya, lakukan dengan kecepatan lambat. Perlahan dan perlahan, terus naikkan papan peluncurnya. Daripada anda hanya menaiki kecepatan saja. Konsep yang disebutkan di atas akan membantu anda untuk menguasai keterampilan olahraga ini. Selanjutnya anda akan menikmati hasil dari pembelajaran langkah-langkah ini dengan melakukan olahraga petualang ini dengan aman.

Pastinya kalian ingin bangetkan bisa menaiki papan seluncur yang satu ini? Keren banget, apalagi cewek asal Korea tersebut. Duh pengen banget nyobanyakan? Nah untuk itu ada baiknya langkah-langkah diatas dan tips yang diberikan anda lakukan agar bagi pemula dapat berhati-hati dan lebih waspada, agar pada saat memulainya tak terjadi hal yang tak diinginkan.

Jadi sekarang mari kita lihat beberapa tips longboarding yang berguna untuk membantu anda memaksimalkan olahraga ini tanpa risiko besar.

B. Poin Penting Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memulai

1. Memegang Papan

Sekalipun secara teori longboard dimainkan menggunakan kaki, namun pada aplikasinya juga perlu dipegang dengan tangan. Memegang papan longboard baik pada bagian hidung longboard (ujung depan) maupun ekor (ujur belakang) diperlukan saat melompat dari trek yang agak tinggi. Jika tidak dipegang, papan longboard ini bisa terpisah dan menyebabkan kecelakaan saat pendaratan.

Jika posisinya menukik naik, maka bagian ekor yang dipegang. Sedangkan saat menurun atau melakukan pendaratan bagian hidung papan yang dipegang. Untuk jarak lompatan yang sangat tinggi, longboarder juga memegang bagian tengah papan. Biasanya saat tangan kanan memegang papan, tangan kiri difungsikan untuk mengatur keseimbangan.

Saat memegang papan, teknik dasar lain seperti menekuk lutut juga harus dilakukan. Oleh karena keterampilan memegang papan ini perlu dilakukan pada momen melayang yang begitu singkat saat melompat, maka perlu latihan dan jam terbang longboarding yang panjang.

2. Jangan Lupa Memakai Perlengkapan Olahraga Ini

Longboarding adalah olahraga petualang, tapi cukup berisiko juga karena pengendara perlu mengatasi gundukan dan rintangan tanpa kehilangan keseimbangan. Perisai pelindung mencegah pengendara dari luka parah jika dia jatuh dari papan.

Beberapa perlengkapan begitu amat penting, agar dapat melindungi anda ketika hendak belajar menaiki papan seluncur panjang ini. Perlengkapan yang dibutuhkan semacam, Helm, Sepatu khusus longboard dan paling penting bantalan pada lutut. Memikirkan keselatan juga termasuk dalam langkah-langkah memulai olahraga ini ya guys.

3. Selalu Berhati-hati

Hal yang harus selalu anda ingat ialah, untuk berhati-hati setiap kali anda ingin menaiki papan seluncur. Karena bisa saja teman atau bahkan orang lain yang tiba-tiba menyentuh atau mendekati anda. Dan anda merasa terdorong ketika saat itu (saat dimana anda dalam posisi ingin menaiki longbording).

Jika anda meluncur dengan kaki kanan ke depan, maka anda adalah orang yang konyol dan jika anda meluncur dengan kaki kiri ke depan maka anda adalah orang biasa. Ada dua metode sederhana untuk diketahui, apakah Anda seorang pengendara yang bisa mengantisipasi atau malah sebaliknya.

  • Salah satu metode paling sederhana untuk mengetahui apakah anda dapat berhati-hati ketika berada di papan seluncur ini, ialah dengan meminta seseorang untuk mendorong anda dari belakang tanpa ada peringatan. Dan dari situ anda dapat melihat kemampuan Kaki yang akan anda gunakan. Nah jika anda merasa cukup kuat, maka tetaplah dengan itu. Namun jika posisi itu tidak baik, maka bergeserlah ke kaki lainnya untuk yang lebih baik.
  • Cara lain untuk mencari tahu adalah membuat slide di permukaan polos tanpa sepatu. Kaki mana pun yang nantinya akan anda gunakan untuk berdiri, kemungkinana itulah nantinya yang ingin anda naiki (tumpangi) dengan longboard.

4. Gunakan Sikap Rendah

Maksud dari sikap renda ialah posisi badan anda ketika hendak bermain papan seluncur ini. Menggunakan sikap yang benar sangat penting dalam longboarding. Seorang pemula sebaiknya selalu menggunakan sikap rendah dan kemudian mencoba untuk menerapkan sikap yang berbeda, begitu dia mulai merasa nyaman dengan longboard. Anda langsung bisa beradaptasi dengan sikap rendah, pengendara harus meletakkan kakinya di antara truk dan menempelkan kaki depannya ke depan sekitar 45 derajat. Kaki belakang harus miring pada 90 derajat ke arah longboard yang sedang bergerak (sedang anda gunakan).

5. Terus Berlatih

Setiap orang sangat sadar dengan fakta yang terkenal bahwa ‘latihan akan menghasilkan hasil yang baik“. Jadi, teruslah berlatih untuk menjaga keseimbangan yang lebih baik. Anda harus menggunakan tangan dan lutut untuk menyeimbangkan papan. Jadi, sekarang anda sangat sadar dengan olahraga longboard, Anda mungkin akan terburu-buru untuk melakukan perjalanan pertama Anda. Karena ketika pada posisi anda sudah mengusai papan selancar ini, mungkin anda akan sangat antusias untuk berfikir. Ditempat manakah nantinya saya akan mengendari ini.

C. Kiat Yang Sangat Andal Untuk Diikuti

1. Beli Longboard Yang Sempurna

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli longboard. Terlepas dari ukuran papan, roda, truk dan material adalah beberapa faktor penting yang bertanggung jawab untuk kinerja yang lebih baik.

Sebuah longboard dengan roda yang lebih keras akan membantu pengendara untuk membuat slide tanpa kesulitan. Jadi, pertimbangkanlah semua faktor ini sebelum membeli alat peseluncur longboard ini.

2. Tonton Video Untuk Mempelajari Keterampilan Baru

Jika anda bosan dengan trik dasar longboarding dan ingin belajar trik keren baru ambil bantuan dari internet. Anda bisa membaca blog pengendara yang berpengalaman untuk belajar tentang keterampilan dan trik baru. Sebelum menjalankan trik papan baru, lebih baik menonton video untuk mendapatkan panduan yang lebih baik. Anda dapat dengan mudah menemukan video yang diposting oleh pengendara berpengalaman dengan panduan langkah demi langkah untuk mempelajari trik baru.

Ini adalah beberapa tips longboard berguna yang akan membantu Anda untuk aman menjalankan beberapa trik papan dan melipatgandakan hiburan Anda. Jadi, ikuti semua tip yang disebutkan di atas untuk menguasai konsep longboard dan memperbaiki performa anda.

Seru banget pastinya jika sudah menguasai papan seluncur ini. Sudah pahamkan mengenai apa itu longboarding dan sejarah terbentuknya papan ini? Mungkin sekilas pandang olahraga longboard memang mirip skateboard. Kemiripan tersebut karena keduanya dimainkan di atas papan beroda. Hanya saja bila diperhatikan lebih detil, sebenarnya ada perbedaan amat jelas antara keduanya. Perbedaan longboard dan skateboard pun ketara dari jenis papan sampai teknik permainan.

Karena itulah ada pula yang mendefisiniskan loangboard sebagai skateboard dengan ukuran lebih panjang dibanding papan skate umumnya. Dan anda dapat mengambil kesimpulannya bahwa Longboarding memiliki posisi kuda-kuda yang relatif sederhana, dengan lutut di tekuk serendah mungkin, dengan tangan sebagai pengatur keseimbangan. Keunggulan lainnya, longboarding bisa dilakukan di mana saja, dengan catatan, ada turunan dan jalannya rata.