Pengertian Indigo Serta Jenis Kemampuannya

Memiliki keistimewaan memang bukan sebuah keinginan setiap individu akan tetapi lebih menjadi sebab pilihan yang telah menjadi takdir. Tidak selamanya keistimewaan dapat diterima oleh setiap individu apalagi bagi anak-anak yang memiliki keistimewaan panca indera atau lebih dikenal dengan anak indigo. Kesulitan adaptasi dengan kelebihan yang dimilikinya seringkali membuat anda kesulitan dalam memahami mereka. Namun, sebenarnya apa sih, Indigo itu?

Apa Itu Indigo?

Anak Indigo adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan anak yang diyakini memiliki kemampuan atau sifat yang spesial, tidak biasa dan bahkan supranatural. Banyak orang yang menganggap bahwa orang Indigo selalu dikait-kaitkan dengan hal-hal mistis atau paranormal. Padahal, kemampuan mereka itu asalnya dari daya otak yang mampu bekerja lebih dibandingkan manusia pada umumnya. Hingga akhirnya mereka pun bisa memiliki kemampuan seperti telepati, mendapatkan vision atau pandangan, menguasai sembilan bahasa tanpa pernah belajar dan kemampuan meneliti sesuatu secara luas dan cepat.

Konsep anak indigo pertama kali dikemukakan oleh cenayang Nancy Ann Tappe pada tahun 1970-an.Pada tahun 1982, Tappe menerbitkan buku Understanding Your Life Through Color (Memahami Hidup Anda Melalui Warna) yang didalamnya menjelaskan bahwa semenjak pertengahan tahun 1960-an, ia mulai menyadari bahwa ada banyak anak yang lahir dengan aura “indigo”

Anak-anak yang mendapat julukan tersebut dan diketahui memiliki indera keenam, Indera yang dimaksud adalah intuisi, semua orang sebetulnya memiliki intuisi tetapi khusus anak indigo mempunyai intuisi yang luar biasa tajam di atas kemampuan orang kebanyakan. Mereka demikian peka seperti halnya anak jenius mempunyai kepintaran di atas rata-rata, demikian juga anak indigo mempunyai intuisi luar biasa tajam.

Anak-anak terindikasi sebagai anak indigo karena menunjukkan perilaku aneh dan tidak biasa. Bahkan pada anak indigo sering didiagnosa memiliki kelainan ADHD (gangguan kurang perhatian). Para anak indigo sering berperilaku seperti orang dewasa karena kemampuannya untuk berfikir sudah terbentuk saat masih bayi dan semakin berkembang hingga dirinya sudah dewasa. Tidak semua orang tau bahwa setiap anak indigo memberikan ciri ciri dalam kehidupan setiap harinya.

Ciri-ciri Anak Indigo

Selama ini anak indigo memang dianggap sebagai anak yang aneh. Namun sebenarnya kondisi ini sangat berbeda. Anak indigo dilahirkan dengan sebuah hak istimewa dibandingkan dengan anak yang lain. Anak Indigo biasanya terlahir dengan jiwa atau tingkat kedewasaan yang jauh lebih cepat. Terutama dalam kesehariannya yang sering memperlihatkan sifat kedewasaan. Seseorang dalam kategori Indigo bahkan bisa melakukan sesuatu sejak mereka masih bayi. Misalnya, kemampuan analisisnya akan suatu masalah, menilai karakter orang dan masih banyak lagi. Berikut adalah ciri ciri anak indigo.

1. Memiliki IQ Tinggi

Secara umum, anak indigo bisa dilihat dari kemampuan yang dimilikinya baik dalam bidang spiritual maupun dalam bidang pengetahuan. Anak indigo memiliki pengetahuan yang luas dan bahkan selalu lebih mengerti dan tahu yang anak seusianya tidak tahu. Hal inilah yang kerap kali menjadi pertanyaan bagi para orang tua dan guru yang mengajarnya. Anak indigo memiliki IQ yang tinggi di atas rata-rata anak lainnya bahkan ketika masih anak-anak dirinya sudah memiliki tujuan hidup yang jelas.

2. Memiliki Peraturan Sendiri

Biasanya anak indigo tidak mau diatur oleh orang lain dan jika ada peraturan maka dirinya akan cenderung memberontak. Hal ini dikarenakan mereka lebih mengetahui apa yang seharusnya dilakukan bukan menurut orang lain bahkan yang sudah dewasa sekalipun. Anak indigo juga berkeyakinan bahwa dirinya, memang dilahirkan ke dunia ini untuk satu misi yang jelas yaitu membenahi dunia yang semakin rusak.

3. Tubuh Yang Lebih Aktif

Jika dilihat lagi maka semua gerakan anak indigo memang sangat aktif. Semua bagian tubuh anak bisa bergerak dengan bebas seolah-olah tidak memiliki rasa malas. Hal ini juga sering membuat orang tua salah paham karena berpikir jika anak mereka termasuk hiperaktif. Menurut beberapa ahli karena indra anak yang tajam maka terkadang bisa membuat semua gerakan tubuh anak menjadi lebih aktif dan sulit untuk dikendalikan. Namun pada anak yang lebih tua maka semua gejala ini bisa dikendalikan dengan baik dan anak sudah mengerti.

4. Memiliki Jiwa Yang Sudah Dewasa

Salah satu tanda orang indigo yang sangat melekat pada dirinya adalah dia memiliki jiwa yang sudah tua atau dewasa dibandingkan dengan usianya sendiri. Pertumbuhan jiwanya ini sudah dibentuk saat masih bayi sehingga anak indigo mampu mengerti segala permasalahan yang dialami oleh semua orang bahkan orang dewasa sekalipun. Anak indigo juga mampu mengerti karakter dan apa yang sedang menjadi permasalahan orang yang dilihatnya.

Bahkan anak indigo juga mampu memberikan solusi kepada mereka yang memiliki masalah. Perkembangan jiwa yang cepat ini terkadang juga diikuti oleh perkembangan secara fisik. Hal ini ditandai dengan tumbuhnya gigi dan lainnya yang lebih cepat pada waktu masih bayi tidak seperti orang normal pada umumnya.

5. Kepribadian Emosional

Anak indigo memiliki empati yang tinggi disebakan karena kepekaan yang berlebih pada lingkungannya. Anak indigo juga memiliki rasa marah yang mendesak sehingga menjadi semangat dalam memperbaiki keadaannya. Terkadang anak indigo mendengar suara yang diluar batas kemampuanyya sehingga menjadikan dirinya pribadi yang berubah-ubah.

6. Bentuk Daun Telinga

Anak indigo dapat dilihat dari daun telinga yang memiliki perbedaan ketimbang anak lainnya seperti bentuknya yang sedikit keluar dari kepalanya, telinganya lebih memanjang di bagian ujung atas dan menekuk bagian cuping bawahnya. Hal ini terjadinya karena kepekaan dalam pendengarannya di atas normal.

7. Kemampuan Telepati

Kemampuan telepati merupakan salah satu kemampuan yang dimiliki oleh anak indigo. Telepati merupakan kemampuan bisa membaca pikiran orang lain atau makhluk lainnya. Hal ini sering dihubungkan dengan adanya lubang hitam (Black hole) atau mata ketiga yang terletak di bagian tengah dahi. Secara medis, mata ketiga ini merupakan sejumlah syaraf yang mengelilingi sebuah rongga dan syaraf tersebut memiliki kemampuan untuk menambah gelombang-gelombang yang beredar di sekitar ana indigo tersebut. Bagaimana syaraf ini bisa menangkap pemikirian orang lain?

Jadi, setiap kali orang menggunakan otaknya maka otak akan memancarkan gelombangnya kesana kemari dalam frekuensi yang sangat rendah. Orang yang normal tidak mampu menangkap gelombang ini sedangkan, anak indigo mampu menangkapnya sehingga bisa mengetahui apa yang sedang menjadi pikiran orang tersebut. Kemampuan telepati atau membaca pikiran orang lain ini umum dialami oleh anak indigo. Malah hampir semua anak indigo mampu merasakannya, namun untuk berkomunikasi dari jarak jauh hanya anak-anak indigo tertentu saja yang bisa melakukannya.

8. Bagian Tubuh Yang Sakit

Dalam beberapa kasus anak yang mempunyai keistimewaan ditemukan pernah mengalami sakit kepala yang tidak tertahankan kemudian lambung yang melemah. Hal ini dikarenakan adanya stress dalam berpikir yang keras yang tidak dikehendaki sehingga memerlukan energi yang besar. Sedangkan lambung yang lemah dikarenakan produksi asam lambung yang meningkat ketika anak indigo stress.

9. Bentuk Mata Yang Lebih Tajam

Pada umumnya ketika bayi dilahirkan maka akan mengeluarkan sorot mata yang tenang, lembut dan sangat imut. Namun semua itu tidak terjadi pada anak indigo. Mereka sudah memiliki bentuk mata yang lebih tajam. Artinya bahwa Anda bisa melihat bagian putih mata yang lebih lebar, kondisi bagian hitam mata yang sangat tegas dan tampak menatap dengan perhatian. Bahkan tanda ini akan berkembang sampai dewasa dan sering terjadi ketika anak indigo juga menunjukkan sisi emosi yang sangat baik.

10. Rasa Empati Yang Sangat Besar

Anak indigo memiliki rasa empati yang sangat besar kepada semua orang bahkan benda mati serta lingkungan alamnya. Anak indigo bisa merasakan penderitaan yang dialami oleh orang lain atau yang terjadi di dalam alam. Hal ini membuat anak indigo merasa sangat tersiksa namun sangat sedikit orang yang peduli dengan alam. Anak indigo juga bisa tertular penderitaan atau penyakit yang diderita oleh orang lain karena rasa empati yang sangat besar ini

Menurut seorang psikiater anak, dr. Tubagus Erwin Kusuma, anak Indigo adalah seseorang yang berbeda dari anak-anak sebayanya. Namun, Indigo juga bukan suatu penyakit, karena mereka nggak masuk dalam daftar penyakit sedunia yang dikeluarkan oleh WHO. Hanya, anak-anak Indigo diharuskan mendapatkan pendidikan khusus dan perhatian ekstra. Dan ketahuilah selain memiliki ciri-ciri diatas, anak indogo juga memiliki beberapa jenis kemampuan. Seperti apakah jenis kemampuan itu? Berikut penjelasannya.

Jenis Kemampuan Anak Indigo

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa begitu banyak masyarakat serta para ahli metafisika yang beranggapan dan selalu menghubung-hubungkannya dengan dunia gaib serta mistis. Namun, berbeda dengan sejumlah ilmuwan dari dunia ilmu pengetahuan barat yang mencoba melihat fenomena ini dari sudut pandang sience yang dapat dilogikakan. Para ilmuan itu sampai saat ini masih terus mempelajari fenomena ini dengan kajian dari dasar ilmu pengetahuan. Berikut ini adalah beragamnya jenis kemampuan indigo yang pernah dimiliki manusia.

  • Indigo Klervoyans

Indigo ini secara khusus memberi sang pemiliknya sebuah kemampuan untuk bisa melihat kejadian-kejadian yang sedang terjadi di tempat lainnya. Kondisi itu adalah pikiran serta perasaan yang secara khusus memancarkan sebuah gelombang kuat dan tak kasat mata. Sobat AnehdiDunia.com, jenis gelombang ini secara alami terpancarkan oleh manusia yang memiliki kemampuan indigo terkait. Di mana kemampuan lainny dari indigo jenis ini adalah kemampuan untuk melihat beragam benda yang ada tersembunyi di suatu tempat tertentu.

  • Indigo Prekognision

Kondisi indigo yang satu ini memiliki hubungan erat dengan kemampuan seseorang untuk bisa memprediksi sebuah kejadian atau peristiwa yang akan terjadi jauh di masa yang akan datang. Kemampuan khusus dalam memprediksi peristiwa masa depan ini memang secara khusus dapat si pemiliki kemampuan mendapatkan gambaran khusus di dalam sebuah cermin jiwa mengenai beragam peristiwa yang akan benar-benar terjadi di masa depan, sedangkan kemampuan dalam membuat sebuah peristiwa itu maksudnya adalah menetapkan kejadian-kejadian yang hendak terjadi di masa yang akan datang.

Kemampuan prediksi dari indigo ini biasanya diperoleh dengan 2 macam cara, yaitu melihat langsung kejadian-kejadian yang tengah terjadi di masa depan, kemudian juag dengan cara membaca serta menyimpulkan beragam data yang terdapat di masa sekarang, guna bisa menyimpulkan kemungkinan-kemungkinan besar yang bisa terjadi di masa yang akan datang.

  • Indigo Retrokognision

Berhubungan dengan kemampuan melihat dan membuat peristiwa di masa lampau. Yang dimaksud dengan kemampuan membuat peristiwa adalah menetapkan suatu kejadian di masa lampau dan itu berpengaruh kepada masa sekarang. Hal ini juga berhubungan dengan spiral dimensi waktu. Kemampuan ini sangat jarang dimiliki oleh orang Indigo karena jarang dipergunakan. Yang umum dilakukan oleh orang Indigo adalah melihat kejadian di masa lalu untuk menjelaskan suatu keadaan yang ada di masa sekarang. Biasanya yang dicari adalah sebab-sebab suatu kejadian, siapakah orang-orang yang terlibat dan bagaimana proses terjadinya.

  • Indigo Mediumship

Orang Indigo mempunyai kemampuan untuk menggunakan rohnya dan roh orang atau makhluk lain sebagai medium. Orang Indigo mampu berkomunikasi dengan roh untuk menggali informasi. Roh adalah gumpalan energi hidup yang berstruktur (badan, kepala dan anggota badan roh). Roh menyimpan kenangan seperti halnya tubuh manusia dengan otaknya. Kenangan yang direkam oleh roh berasal dari pengetahuan dasar yang bersifat idealis dan sudah ada sebelumnya, serta pengalaman yang bersifat realistis hasil perjalanan selama hidup bersama tubuh. Melihat makhluk dan berkomunikasi dengan makhluk lain yang tidak terlihat tapi berada di dimensi kita termasuk dalam kemampuan ini.

  • Indigo Psikometri

Kemampuan isitimewa dari indigo ini adalah menggali informasi serta berkomunikasi dengan objek atau benda apa pun di sekitarnya. Kondisi ini memungkinkan, karena pada setiap benda itu juga ada terdiri susunan-susunan atom yang telah membentuk kumpulan molekul. Molekul yang ada di benda padat, benda gas ataupun benda cair itu memiliki getaran yang menghasilkan sebuah gelombang khusus. Kemudian kumpulan molekul serta atom itu dapat merekam sebuah peristiwa, dan dari rekaman-rekaman itulah sanga pemilik indigo ini dapat menggali informasi serta membaca gejala sebuah peristiwa.

  • Indigo Telekinetik

Telekinetik artinya menggerakkan benda dari jarak jauh. Pada umumnya berhubungan kuat dengan kemampuan telepati seperti sugesti hipnosis. Merubah perilaku orang lain dengan mengubah susunan genetik pada spiral DNA dan menggerakkan sel, kelenjar atau organ tubuh dalam sistem metabolisme tubuh. Kemampuan untuk menggerakkan benda dengan massa besar tidak umum dimiliki oleh orang-orang Indigo.

Bagi sejumlah insan, kondisi indigo ini tentunya menjadi sebuah kesan dan ternyata bisa memberi dampak positif bagi mereka yang memilikinya, namun tentunya harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, dengan kata lain tidak menyalah gunakan kemampuan tersebut. Demikianlah penjelasan mengenai anak indigo, semoga ulasan diatas memberi manfaat serta pengetahuan bagi pembaca.