Pengertian Pantai, Jenis-Jenis Serta Proses Terbentuknya

Salah satu kawasan yang sering dikunjungi oleh orang ketika berlibur adalah kawasan pantai. Hal ini dikarenakan di pantai, biasanya terdapat pemandangan yang indah dengan hamparan pasir. Selain itu juga, anda dapat menyaksikan terbenamnya matahari di salah satu kawasan berlibur ini.

Pastinya semua orang sudah mengenal pantai namun sering sekali tidak mengerti definisi tentang pantai itu sendiri. Oleh karena itu banyak yang salah kaprah, misalnya menyamakan pantai dengan pesisir padahal pantai dan pesisir adalah sesuatu yang berbeda. Untuk itu, kita simak bersamala ulasan mengenai apa itu pantai?

Pengertian Pantai

Pantai adalah sebuah bentuk geografis yang terdiri dari pasir dan terdapat di daerah pesisir laut. Daerah pantai menjadi batas antara daratan dan perairan laut. Pantai merupakan daerah yang luasnya dimulai dari daerah pesisir sampai jauh ke daratan. Tidak ada batasan yang pasti atau jelas terkait seberapa jauh wilayah sebuah pantai namun yang jelas sebuah wilayah pesisir merupakan bagian dari wilayah pantai.

Bentuk-bentuk pantai ada berbagai macam sebagai akibat dari berbagai proses geologi yang membentuknya dan batuan serta struktur geologi yang mengendalikannya. Ada pantai yang berbentuk dataran yang landai baik yang sempit maupun yang lebar, atau pantai yang bertebing terjal dan berbatu-batu, dan berteluk-teluk.

Panjang garis pantai ini diukur mengeliling seluruh pantai yang merupakan daerah teritorial suatu negara. Pantai terjadi karena adanya gelombang yang menghantam tepi daratan tanpa henti, sehingga mengalami pengikisan. Gelombang penghancur tersebut dinamakan gelombang destruktif. Bentuk permukaan pantai tidak selalu tetap, tetapi senantiasa mengalami perubahan, yang disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut.

  • Gelombang, arus dan pasang surut merupakan tenaga pengikis, pengangkut dan pengendapan material di pantai.
  • Perubahan ketinggian relatif permukaan laut, karena pembekuan atau pencairan es dan penaikan atau penurunan bagian litosfer.
  • Pengaruh kegiatan manusia seperti pembuatan pelabuhan, pengeringan rawa-rawa, dan pengerukan muara sungai.

Tenaga yang mempengaruhi proses pembentukan pantai, baik secara langsung maupun tidak langsung ada beberapa macam, yaitu gelombang laut, arus litoral, pasang naik dan pasang surut, tenaga es dan kegiatan organisme laut.

Proses Terbentuknya Pantai

1. Gelombang Air Laut

Gelombang dapat terjadi dengan beberapa cara, misalnya longsoran tanah laut, batu yang jatuh dari pantai curam, perahu atau kapal yang sedang lewat,gempa bumi di dasar laut, dan lain sebagainya. Diantaranya adalah gelombangyang disebabkan oleh angin. Angin akan berhembus dengan kencang apabilaterjadi ketidakseimbangan tekanan udara. Karena tekanan yang tidak sama dipermukaan air itulah yang menyebabkan permukaan air berombak. Adanyagelombang ini sangat penting dalam perkembangan garis pantai.

2. Arus Litoral

Selain gelombang air laut, arus litoral juga merupakan tenaga air yang sangat penting pengaruhnya dalam pembentukan garis pantai. Pengaruh arus litoral terhadap perkembangan garis pantai dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu tekanan atau kekuatan angin, kekuatan gelombang laut, kedalaman air dan bentuk pantainya. Apabila bentuk pantainya landai dan proses pengendapannya cukup besar, maka arus litoral mempunyai pengaruh yang sangat penting sebagai tenaga pengangkut.

“ada daerah pantai yang tersusun dari batuan yang tidak kompak, proses erosi akan bekerja sangat intensi#. $ika hasil pengendapan terangkut dari permukaan air yang dangkal menuju permukaan air yang lebih dalam, maka arus litoral merupakan tenaga yang sangat e#ekti# dalam proses pengendapan di pantai.

3. Pasang Naik dan Pasang Surut

Yang terpenting terhadap pembentukan pantai adalah naik-turunnya permukaan air laut dan kekuatan gelombangnya. Apabila gelombang besar terjadi pada saat pasang naik akan merupakan tenaga perusakyang sangat hebat di pantai. Arus air yang ditimbulkan oleh pasang naik danpasang surut akan bergerak melalui permukaan terbuka dan sempit serta merupakan tenaga pengangkut endapan daratan yang sangat intensif.

Jenis-Jenis Pantai

Berbagai macam pantai, sebagai akibat dari berbagai proses geologi yang membentuknya dan batuan serta struktur geologi yang mengendalikannya. Ada pantai yang berbentuk dataran yang landai baik yang sempit maupun yang lebar, atau pantai yang bertebing terjal serta berbatu-batu dan berteluk-teluk.

Pantai menurut bentuknya yakni terbagi atas 4 macam, pantai landai, pantai curam, pantai bertebing (flaise) dan pantai karang. Berikut penjelasannya dibawah ini.

1. Pantai Curam

Pantai Curam pada umumnya terdapat di daerah pegunungan yang berbatasan langsung dengan laut, baik yang sejajar maupun yang memotong garis pantai. Pantai jenis ini juga disebut-sebut sebagai faktor yang menyebabkan perubahan bentuk pantai.

Disamping itu, pantai curam juga diketahui memiliki banyak batu karang yang mana merupakan menjadi salah satu ciri khas dari pantai curam berbatu, pantai curam banyak dijumpai diwilayah pantai jawa selatan, kepulauan Alor, Nusa Tenggara Timur.

2. Pantai Landai

Pantai landai ialah pantai yang permukaannya relatif datar. Termasuk pantai jenis ini adalah pantai mangrove, pantai bukit pasir, pantai delta dan pantai estuari.

3. Pantai Karang

Pantai karang terjadi jika di dasar laut sepanjang pantai terdapat terumbu karang. Pantai ini biasanya memiliki pemandangan yang indah ketika kita menyelam sehingga sering dijadikan objek wisata bawah laut. Contohnya: pantai di Pulau Sulawesi, Maluku dan Nusa Tenggara. Salah satu yang dijadikan objek wisata, seperti Taman Bunaken di Manado.

4. Pantai Bertebing (Flaise)

Pantai bertebing (Flaise) adalah pantai yang curam di muka tebing karena adanya pegunungan melintang tegak lurus terhadap pantai. Di pantai ini sering dijumpai laut yang dangkal. Terjadinya flaise karena penimbunan hasil perusakan tebing pantai itu sendiri yang disebabkan oleh abrasi atau erosi marine.

Pantai Terindah di Indonesia

Pantai merupakan salah satu pemandangan alam terfavorit di Indonesia. Berlibur ke pantai adalah pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu ceria bersama teman atau keluarga tercinta. Nggak perlu berlibur jauh-jauh, negara kita ini memiliki banyak sekali pantai eksotis yang sayang sekali untuk dilewatkan. Yuk kita simak saja pantai-pantai yang ada di bawah ini.

1. Pantai Pandawa, Bali

Pantai Pandawa adalah salah satu pantai terpencil di Bali dan memiliki julukan The Secret Beach. Terletak di Desa Kutuh, sebelah selatan Bali. Pantai ini tersembunyi di balik tebing-tebing tinggi dan semak-semak. Disebut Secret Beach karena memang jalan untuk menuju pantai ini relatif sulit untuk diakses.

Pantai Pandawa memiliki pasir seputih salju dan air laut yang jernih. Di sini, Anda akan dimanjakan oleh olahraga air seperti kano dan paralayang. Anda juga bisa berenang di air laut yang jernih. Jika Anda datang ke sini dibulan Maret, Anda bisa menikmati parade budaya yang diadakan oleh penganut Hindu–Buddha.

2. Pantai Pink, Pulau Komodo

Pulau Komodo memang terkenal dengan satwa aslinya yang bernama sama. Sengaja diberi nama seperti itu karena komodo termasuk hewan purba yang masih tersisa hingga saat ini dan hanya ada di Nusa Tenggara Timur. Bukan hanya komodo yang ada di sana, tapi juga Pantai Pink yang bakal membuat kamu terpesona dengan jernihnya air laut dan pasir warna pink di sepanjang pantai.

Pasir tersebut bisa berwarna pink karena warna tersebut berasal dari serpihan karang dan biota lain yang terbawa arus ke daratan dan bercampur dengan pasir pantai. Selain bisa menikmati keindahan Pantai Pink, anda juga bisa snorkeling atau diving.

3. Pantai Ora, Maluku Tengah

Bisa dikatakan bahwa Pantai Ora adalah surga yang tersembunyi di Maluku Tengah. Keindahan Pantai Ora serupa dengan Pantai Boracay di Filipina atau Pantai Bora-Bora di Samudera Pasifik. Di pantai ini terdapat Ora Beach Resort yang menyediakan 6 cottage.

Pesona pantai ini adalah air laut super jernih, di mana Anda bisa menikmati langsung keindahan karang dan dunia bawah laut dari perahu. Saat malam, Anda bisa menikmati kerlip bintang yang indah di dermaga atau sembari duduk di beranda cottage.

4. Pantai Sawarna, Banten

Pantai Sawarna menyuguhkan keindahan pemandangan deretan pohon kelapa dan air laut Samudera Hindia yang jernih. Pantai Sawarna terletak di Desa Wisata Sawarna, Banten dan memiliki pasir putih yang kontras dengan langit dan laut biru. Ombak di pantai ini sangat cocok digunakan sebagai lokasi surfing. Ombak di Pantai Sawarna sudah dicicipi oleh para peselancar dari Amerika, Australia, Jepang, dan Korea.

5. Pantai Iboih, Aceh

Pantai Iboih atau sering disebut dengan Teupin Layeu merupakan pantai yang letaknya paling barat di Indonesia. Dimana pantai ini berada di tepi barat Pulau Weh, Propinsi Banda Aceh. Pantai Iboih menawarkan keindahan bawah laut yang dapat dinikmati dari atas atau pesisir pantai tanpa harus berenang sekalipun. Para wisatawan dapat melakukan aktivitas seperti berenang, snorkeling dan diving.

Untuk menuju ke lokasi Pantai Iboih ini jika ditempuh dari Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh maka harus menggunakan transportasi laut berupa kapal feri untuk menuju Pelabuhan Balohan, Sabang. Sesampainya di Pelabuhan Balohan, lanjutkan perjalanan sekitar 1 jam dengan menggunakan kendaraan umum atau kendaraan bermotor menuju Pantai Iboih.

Manfaat Pantai Bagi Manusia

Setiap ciptaan Tuhan yang ada di alam semesta ini pastinya memiliki manfaatnya masing-masing. Sama halnya dengan pantai yang juga memiliki manfaat seperti yang ada berikut ini.

1. Obyek Wisata

baiklah manfaat pantai yang pertama adalah Ketika kita membahas garis pantai tidak akan jauh dari nama kejadian, mengingat kenyataan bahwa garis pantai adalah tempat yang sangat menyenangkan, sejuk dan sepi, maka tidak ada kejutan besar jika garis pantai adalah keputusan mendasar ketika Musim Natal tiba. Ekskursi ke garis pantai bisa mengubah pencelupan menjadi menyenangkan, jadilah itu bisa sembuh bersama keluarga, saudara, sahabat, sahabat bahkan dengan orang yang tidak biasa.

2. Pemasukan Kas Daerah

Manfaat pantai yang ke empat adalah sebagai pemasukan kas daerah. Beberapa pantai merupakan salah satu sumber pendapatan utama dari kas suatu daerah. Karena pantai yang merupakan lokasi wisata sering dikunjungi oleh para turis dari mancanegara, sehingga hal ini menyebabkan terjadinya perputaran uang yang cukup tinggi di lokasi pantai. Karena banyak turis dari mancanegara yang sering memanfaatkan masa berliburnya di daerah pantai.

Hal ini menyebabkan pemasukan kas daerah dengan banyaknya pengunjung yang datang ke pantai. Perputaran uang ini juga berpengaruh ke pendapatan kas pemerintah, melalui objek pajak, sehingga dapat membantu pembangunan dan juga pendanaan dari daerah tersebut.

3. Sebagai Usaha Pengolahan garam

Manfaat yang kedua yang mungkin sangat bermanfaat sekali untuk kita khususnya bagi para nelayan yang menggantungkan hidupnya dengan cara mengadu nasib di pantai,salah satu manfaatnya yaitu dengan cara mengolah garam. Dengan adanya air yang pasang maka air tersebut akan meninggalkan kristal-kristal garam yang tak sedikit diambil oleh para nelayan dan dijadikan tambak garam yang dijadikan mata pencahariaan mereka untuk kebutuhan sehari-hari keluarganya.

Pengolahan garam ini bisa dijadikan peluang bisnis bagi para nelayan dengan hasil yang mencukupi, karena seperti yang kita ketahui bahwa garam sangatlah penting bagi ibu-ibu, karena ibu-ibu sering memasak, dan garam merupakan salah satu senjata ketika memasak untuk menciptakan rasa yang luar biasa.

4. Sebagai Perkebunan Kelapa

Ketika kita menelusuri jalan yang hendak menuju ke pantai, pastinya akan menemukan beribu-ribu pohon kelapa, baik itu kelapa sawit maupun kelapa biasa, karena memang sangat cocok kelapa di tanam di daerah yang gersang seeprti itu akan menghasilkan buah yang sangat bagus.

5. Sumber Ketenangan Batin

Bagi anda yang sedang mengalami masalah dan juga sedang mencari solusi dari masalah anda, salah satu hal yang dapat anda lakukan adalah dengan cara mencari ketenangan batin, sehingga memperoleh pikiran yang jernih dan bisa menyelesaikan masalah yang anda hadapai. Untuk dapat memperoleh ketenangan, salah satu media yang bisa diandalkan adalah dengan cara pergi ke pantai.

Suara deburan ombak dan juga wangi dari pantai dapat membantu membuat tubuh anda menjadi rileks dan pada akhirnya dapat memicu munculnya ketenangan batin yang dapat menyebabkan anda merasakan ketenangan melepas penat, menghilangkan semua masalah yang sedang anda hadapi dengan cara anda mengekspresikan diri anda di pantai seperti berteriak-teriak, menikmati keindahan pantai, berfoto-foto dan mencoba wisata kuliner serta cindera mata yang ada di pantai.

Selain terlihat indah, ternyata pantai memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Untuk itu demikianlah penjelasan mengenai pantai, semoga ulasan diatas memberi manfaat serta pengetahuan bagi pembaca.