Penjelasan Mengenai Mengapa Tubuh Mengalami “Dehidrasi”?

Pastinya sudah tahukan kalau tubuh kita sebagian besar itu terdiri dari air. Jadi kalau anda yang tidak suka atau bahkan sangat jarang mengonsumsi air dengan baik, pastinya anda akan mengalami dehidrasi. Yah, tahukah anda apa yang dimaksud dengan dehidrasi? Untuk mengethaui lebih lanjut, yuk kita simak ulasannya dibawah ini.

Pengertian Dehidrasi

Adalah gangguan keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Dehidrasi bisa terjadi karena pengeluaran cairan tubuh yang berlebihan atau lebih besar dari pemasukan. Maka, menjaga asupan air ke dalam tubuh sangat penting, karena kekurangan air di dalam tubuh bisa berbahaya dan membuat tubuh tidak bisa berfungsi dengan normal. Tubuh akan sangat terpengaruh kalau kehilangan air sedikit saja. Sayangnya, belum ada alat pengukur yang pasti untuk menunjukkan bahwa kita kekurangan cairan alias dehidrasi.

Tanda yang paling sering digembar-gemborkan yang menunjukkan kita mengalami dehidrasi adalah urin akan berwarna kuning atau kuning gelap. Untuk itu perlu anda ketahui mengapa tubuh sampai mengalami yang namanya “dehidrasi”

Kondisi dehidrasi ringan umum terjadi, namun tidak selalu menimbulkan gejala yang berarti. Gejala dehidrasi serius baru muncul ketika sebagian besar sel tubuh sudah mulai kekurangan kadar airnya dan tidak tergantikan setelah beberapa waktu atau dikenal dengan dehidrasi sedang. Beberapa gejala yang dapat muncul akibat dehidrasi ringan hingga sedang antara lain:

  1. Mengantuk.
  2. Mulut kering.
  3. Kehausan.
  4. Aliran urin sedikit.
  5. Air mata sedikit.
  6. Sembelit.
  7. Kulit kering.
  8. Pusing atau sakit kepala.

Sedangkan gejala dehidrasi sedang hingga berat dapat menimbulkan gejala seperti:

  1. Merasa amat sangat haus.
  2. Tidak berkeringat.
  3. Hipotensi.
  4. Jantung berdetak cepat.
  5. Napas terlalu cepat.
  6. Demam.
  7. Kulit berkerut.
  8. Mata tampak cekung.
  9. Urin berwarna gelap.

Meskipun dikatakan terdapat berbagai gejala tersebut dehidrasi sering kali tidak disadari karena kita menganggap konsumsi air minum sudah mencukupi. Namun ada hal yang perlu juga untuk anda perhatikan, misalnya saja penyebab dehidrasi yang ketidaksederhana karena kurang minum air.

Penyebab Utama Dehidrasi

Nah, seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa kekurangan cairan dapat membuat anda mengalami fungsi abnormal (fungsi tubuh tidak berjalan dengan baik). Dehidrasi disebabkan oleh kekurangan asupan cairan dalam tubuh, atau kita kehilangan lebih banyak cairan. Yang dimana cairan tersebut di dalam tubuh bisa terbuang melalui urine, muntah-muntah, diare, keringat, dan air mata. Iklim, aktivitas olahraga dan makanan akan sangat memengaruhi tingkat keparahan dehidrasi. Dehidrasi tidak begitu saja terjadi dengan sendirinya. Di bawah ini akan dijelaskan beberapa penyebab utama dehidrasi.

Berkeringat

Saat cuaca sedang panas, kelenjar keringat menjadi aktif dalam mengeluarkan cairan dari tubuh sebagai upaya untuk mendinginkan kembali suhu tubuh. Cara kerjanya bisa dijabarkan seperti berikut: Ketika menguap dari kulit, keringat membawa serta sedikit suhu panas di dalamnya. Semakin banyak keringat yang dikeluarkan, semakin banyak pula penguapan suhu panas yang terjadi sehingga suhu tubuh menurun.

Namun jika berkeringat berlebihan, Anda sangat beresiko mengalami dehidrasi. Istilah medis bagi kondisi berkeringat berlebihan adalah hyperhidrosis.

Buang Air Kecil

Membuang urin adalah proses alami tubuh untuk melepaskan racun-racun dari dalam tubuh. Ada beberapa kondisi yang mempengaruhi keseimbangan kimiawi tubuh dapat membuat pengeluaran urin jadi lebih dari biasanya. Apabila tidak cukup banyak minum air, Anda sangat mungkin mengalami dehidrasi.

Penyakit

Penyakit apapun yang menyebabkan muntah-muntah atau diare dapat menjadi penyebab dehidrasi. Ini dikarenakan muntah dan diare membuat banyak cairan serta elektrolit penting dalam tubuh terbuang. Elektrolit merupakan mineral yang berguna untuk mengontrol otot, kimia darah dan fungsi organ. Mineral ini terdapat pada darah, urin, maupun cairan lain di tubuh yang sangat mungkin menghilang akibat muntah-muntah dan diare.

Demam

Demam menyebabkan menurunnya selera makan dan menghilangkan keinginan untuk minum air putih. Di samping itu, makin tinggi suhu demam, biasa diikuti dengan tingkat dehidrasi yang lebih parah. Segera hubungi dokter karena dehidrasi tak bisa dibiarkan begitu saja. Bahkan jika kondisi ini juga mengalami yang namanya diare dan muntah-muntah. Ada baiknya segera bawakan ke dokter, ingat segera.

Peran Air Dalam Tubuh

Air sebagai pelarut dan alat angkut. Sebagai pelarut zat-zat gizi berupa monosakarida, asam amino, lemak, vitamin dan mineral serta bahan-bahan lain yang diperlukan seperti oksigen dan hormon. Zat-zat gizi dan hormon ini di bawa ke seluruh bagian tubuh yang membutuhkan. Air juga Sebagai Katalisator yang mempermudah dan mempercepat berbagai reaksi biologis di dalam tubuh, termasuk di dalam saluran pencernaan.Sebagai Pelumas pangkal-pangkal sendi tubuh sehingga tidak saling bergesekan dan dapat bergerak dengan bebas.

Sebagai Pengatur Suhu Tubuh air mempunyai kemampuan untuk menyalurkan panas, sehingga memegang peranan penting dalam mendistribusikan panas di dalam tubuh.Sebagai Peredam Benturan terdapat pada permukaan organ-organ tubuh tertentu yang bersifat lunak untuk menghindari dan meredam benturan yang dapat menyebabkan kerusakan.

komposisi Air dalam tubuh manusia dibagi menjadi dua zona yang berbeda

– dalam sel-sel kita
– di luar sel-sel kita:

  • dalam ruang antara sel-sel kita
  • dalam darah kita dan cairan lain dari tubuh

Sekitar 80% tubuh manusia terdiri dari air. Otak dan darah adalah dua organ penting yang memiliki kadar air di atas 80%. Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki komponen air 95%. Sedikitnya, secara normal kita butuh 2 liter sehari atau 8 gelas sehari. Bagi perokok jumlah tersebut harus ditambah setengahnya. Air tersebut diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh lewat air seni, keringat, pernapasan dan sekresi. Para dokter juga menyarankan agar mengonsumsi air putih 8-10 gelas setiap hari agar metabolisme tubuh berjalan baik dan normal. Dan anda dapat membaca dibawah ini beberapa fungsi Air bagi tubuh kita;

Fungsi air dalam tubuh manusia :

  • Membentuk sel-sel baru, memelihara dan mengganti sel-sel yang rusak.
  • Melaritkan dan membawa nutrisi, Oksigen dan hormon ke seluruh sel tubuh.
  • Melarutkan dan mengeluarkan zat-zat sampah dari dalam tubuh.
  • Sebagai katalisator dalam tubuh.
  • Sebagai pelumas sendi-sendi.
  • Menstabilkan suhu tubuh.
  • Meredam benturan bagi organ vital didalam tubuh.

Gimana? Sudah tahukan bahwa begitu amat pentingnya air bagi tubuh, seperti yang dijelaskan pada sebelumnya bahwa air bukan hanya sekedar pelepas dahaga saja, namun ia juga amat penting bagi proses kerja tubuh. Nah tahukah anda bahwa Air merupakan komponen utama dari tubuh manusia dan perlu untuk diingat bahwa kadar air tubuh itu berbeda-beda menurut usianya;

  1. Untuk janin yang berada dalam rahim ibu terdiri dari 100% air.
  2. Sedangkan bayi yang baru lahir terdiri dari 75% air.
  3. Dan Sementara orang dewasa terdiri dari 60% air.
  4. Bahkan air juga penting bagi kaum lansia, yakni terdiri dari 50% air.

Sebegitu pentingnya air dalam tubuh sehingga sedikit saja kekurangan kadarnya, tubuh bisa mengalami berbagai persoalan kesehatan seperti Dehidrasi. Bukan cuma soal kadarnya, keberadaannya boleh dibilang maha penting pada proses aktivitas tubuh. Apalagi bagi anda yang memiliki aktifitas padat serta lebih banyak bergerak. Untuk itu dianjurkan agar lebih memperhatikan kondisi tubuh, agar apa? Agar tidak mengalami kekurangan cairan.

Rasa haus tidak selalu merupakan ukuran yang dapat diandalkan untuk mengetahui kebutuhan tubuh akan air, terutama pada anak-anak dan orang dewasa yang lebih tua. Indikator yang lebih baik adalah warna urin (air kencing). Jika urin berwarna bening berarti Anda terhidrasi dengan baik, sedangkan warna urin yang kuning atau kuning gelap biasanya menandakan dehidrasi. Adakah tips atau cara mencegah dehidrasi dengan baik?

Tips Agar Tubuh Tidak Kekurangan Cairan

Seperti diketahui, 75% tubuh kita terdidi dari cairan, sehingga menjadi harga mati untuk memastikan agar tubuh selalu memiliki cukup cairan. Minum jus, air ataupun cairan yang mengandung kalori lainnya dapat membantu menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi sehingga dapat memberikan energi pada tubuh. Ketika tubuh sudah merasa lebih baik dan nafsu makan sudah kembali seperti semula, jagalah keseimbangan makanan padat dan minuman agar tubuh dapat menerima nutrisi dan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi dehidrasi.

  1. Konsumsilah es krim, potongan buah yang dibekukan, atau es loli untuk melembapkan mulut yang kering.
  2. Minumlah minuman yang sehat seperti air putih, sayuran, jus buah, madu, minuman yang mengandung gula rendah, atau teh herbal.
  3. Cobalah makan buah-buahan yang kaya akan air seperti semangka.
  4. Tempelkan kain basah pada tubuh terutama pada leher, wajah, punggung, dada ataupun perut.
  5. Kurangi penyebab dehidrasi seperti muntah, diare, atau demam.
  6. Oleskan lip balm pada bibir yang kering.
  7. Letakkan pendingin, es dan minuman sehat dengan jarak yang dekat supaya tubuh mendapatkan kondisi yang lebih nyaman.

Dari sini anda dapat mengambil kesimpulannya, bahwa dengan mengkonsumsi air yang cukup serta makanan yang baik bagi tubuh. Anda sudah membebaskan diri anda dari yang namanya dehidrasi. Air begitu amat penting bagi kehidupan manusia. Tak hanya dalam tubuh bahkan air begitu amat penting bagi kebersihan manusia itu sendiri. Namun ada hal yang harus diingat, bahwa mencegah serta menjalankan tips yang diatas sangatlah dianjurkan untuk mencegah dehidrasi melanda tubuh.

Gimana sudah jelaskan bahwa tanda-tanda dehidrasi tak hanya dapat anda rasakan pada saat anda mengeluarkan air urine saja, namun tanda-tanda diatas juga menjelaskan bahwa anda pada saat itu sedang dilanda dehidrasi. Untuk itu segeralah lakukan tindakan agar dehidrasi dapat dicegah. Untuk itu demikianlah artikel pada hari ini, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.