Situs Ini Sangat Berpengaruh Dalam Mengubah Kebiasaan Manusia

Pada zaman yang serba modern seperti saat ini, banyak masyarakat kita sudah tidak asing lagi dengan keberadaan internet mulai dari orang tua, mahasiswa, hingga anak SD pun mengenalnya. Masyarakat merupakan sekelompok orang yang hidup bersama, berinteraksi dengan individu-individu lain dan saling tergantung satu sama lain. Di sini kita dapat menyatakan bahwa manusia sebagai makhluk sosial, sangat memerlukan orang lain dan di tuntut untuk menjalin komunikasi dengan baik satu sama lain.

Dengan mengatakan bahwa internet telah pasti menjadi bagian sejati dari kehidupan sehari-hari. Di AS saja ada 266.224.500 pengguna internet, di Asia ada 825.094.396. Di seluruh dunia ada sekitar 1.966.514.816 orang yang menggunakan Internet dan jumlah ini terus tumbuh setiap hari. Seiring dengan Internet datang jutaan website yang kita gunakan, beberapa situs tidak menjadi sepopuler yang lain dan beberapa situs telah menjadi bagian yang kita butuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Situs Paling Berpengaruh Mengubah Kebiasaan Manusia

Keadaan masyarakat pada era globalisasi sekarang ini, cenderung tidak dapat dipisahkan dengan teknologi informasi yang ada. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi, memudahkan masyarakat dalam menjalin hubungan secara global. Karena teknologi yang cukup canggih saat ini, sudah memungkinkan masyarakat untuk masuk ke dunia internasional dengan mudah dengan adanya fitur-fitur penunjang komunikasi. Perkembangan tekonologi komunikasi, yang salah satunya adalah media massa baik cetak maupun elektronik telah mempengaruhi kehidupan sosial dan budaya masyarakat di suatu tempat.

Sebuah situs Web adalah halaman yang saling berhubungan, umumnya terletak di pelayan yang sama berisi kumpulan informasi yang diberikan oleh individu, kelompok, atau organisasi. Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti internet, atau jaringan area lokal (LAN) melalui alamat internet yang dikenali sebagai URL.

Kalau berbicara mengenai website, nah web apa sih yang paling sering banget lo buka tiap kali browsing? Dari sekian banyak web yang ada di jagad internet, tentu nggak semuanya sering dibuka dong. Berikut beberapa Website dibawah ini dengan mudah bisa disebut sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari bagi banyak orang.

1. Google (Merubah Hampir Semuanya Secara Virtual)

Siapa sih yang nggak tau Google? Google adalah sebuah search engine yang super jenius dan bisa dibilang perpustakaan berjalan bagi semua orang. Google adalah mesin pencari di Internet yang berbasis di Amerika Serikat. Google merupakan salah satu mesin pencari paling populer di web dan menerima setidaknya 200 juta permintaan pencarian setiap hari melalui situsnya dan situs-situs web kliennya seperti American Online (AOL). Kantor pusat Google berada (di “Googleplex”) di Mountain View, California.

Tidak peduli apa jenis kegiatan yang anda lakukan secara online, dari menonton video, blogging, hanya membaca berita online lokal. Ketika anda menonton video youtube, anda menggunakan layanan google. Jika anda pernah menggunakan blogger, itu adalah layanan google. Chrome: Google browser. Jika anda pernah melihat iklan doubleclick, ya, itu juga google.

Jadi pada intinya, google ada di mana-mana, dari menonton video, upload gambar untuk ditunjukkan kepada teman dan keluarga, apakah anda tahu atau tidak, google adalah layanan sangat baik digunakan di seluruh dunia. Jika anda merasa perlu untuk mendapatkan suatu tempat, anda mungkin pergi ke google.com. Jika anda perlu untuk mencari sesuatu, google.com mungkin adalah tempat pertama yang anda kunjungi.

2. YouTube (Merubah Hiburan Sehari-hari)

Menonton video Youtube sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Entah kamu mencari info terbaru, tips dan trik, review, atau bahkan hanya sekedar hiburan. Orang-orang datang ke YouTube untuk terhibur, mendapatkan informasi, atau terinspirasi. Kebutuhan dan keinginan mereka senantiasa berubah.

YouTube, yang telah berhasil berjalan hingga sekarang, memecahkan setiap dan semua masalah ketika datang ke hiburan di Internet. Anda tidak hanya dapat menonton video tetapi anda juga dapat mendengarkan musik dan bahkan blog melalui video. Jutaan orang dari seluruh dunia menikmati fitur YouTube setiap hari.

Karena YouTube ada di satu tempat yang tepat untuk semua orang untuk melihat video dan bahkan berkomentar saat menontonnya. Situs ini memungkinkan Anda untuk benar-benar melihat apa yang kau bisa pikirkan. Dari video musik untuk blogger, untuk tutorial dan video acak, Anda pasti bisa menemukannya di YouTube. Meskipun situs-situs video lainnya yang tersedia belum ada yang berhasil seperti YouTube.

3. Wikipedia (Dapat Dengan Mudah Meneliti ataupun Belajar)

Wikipedia pasti jadi salah satu situs rujukanmu saat tengah bergelut dengan tugas. Yah, alasannya sederhana, karena Wikipedia adalah situs informasi yang serba ada. Kamu mau nyari informasi apa aja ada di sana. Mau apapun tugasnya, Wikipedia seakan jadi solusi. Selain itu penjelasan yang ada di Wikipedia sangat simpel dan mudah dipahami. Wajar sih kalau situs yang satu ini masih jadi favorit siswa dan mahasiswa yang tengah bergelut dengan tugas.

Di satu sisi Wikipedia punya banyak informasi, namun di sisi lain kredibilitas dan keakuratan informasinya dipertanyakan. Dosenmu pasti pernah melarang menggunakan Wikipedia sebagai acuan. Wikipedia mengubah semua ini dan benar-benar membuat penelitian mudah. Situs ini menjadi yang pertama dari jenisnya: E-encyclopedia yang telah berkembang dan mungkin akan terus melakukannya selama internet tersedia.

4. Facebook (Mempengaruhi Cara Kita Berinteraksi)

Ingatkah anda bagaimana sulitnya untuk berhubungan dengan orang lain di luar kota, luar pulau, atau luar negeri. Pertama ada telepon, kemudian pager, kemudian telepon seluler, maka datanglah internet dengan layanan pesan instan dan chatroom dan sebelum semua ini ketika orang ingin berkomunikasi, ada berbicara percakapan dan huruf. Namun perkembangan teknologi yang pesat membuat berhubungan dengan orang lain meskipun terpisah ribuan kilometer dan zona waktu yang berbeda pun menjadi semudah membalikkan telapak tangan.

Nah, kali ini kita memiliki Facebook. Dan ini salah satu situs jejaring sosial yang telah mengambil alih dunia seperti badai. Facebook merupakan media sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg pada tahun 2004. Hingga saat ini facebook menjadi media yang paling terpopuler di dunia. Saat ini Facebook mengklaim pengguna aktif pada setiap bulannya sebanyak 1,44 miliar. Fenomena chatting, update status, update foto, comment dalam Facebook yang selalu melekat pada kehidupan sehari-hari mereka seolah-olah sangatlah penting.

Meskipun secara teknis bukan situs jejaring sosial pertama diciptakan, banyak yang akan berpendapat bahwa ini adalah yang paling berguna dan adalah salah satu yang telah membuat dampak terbesar di masyarakat kita. Musisi meminta fans untuk add mereka di Facebook seperti juga penulis, kandidat politik, bisnis dan apa saja.

5. eBay (Dalam Merubah Cara Kita Membeli dan Menjual)

Situs belanja online merupakan salah satu agen komersial yang ikut mentransmisikan nilai-nilai konsumerisme dalam level global. Di Indonesia, hal ini dapat dirasakan dengan semakin banyaknya pengguna internet yang mencicipi sistem transaksi online.

Nah, kalau website yang satu ini pasti akrab sama lo yang suka banget nyari barang vintage. eBay adalah website pertama yang berhasil mengubah dunia tentang cara berjualan barang bekas secara online. Bayangin cuma ngubah sistem jualan barang bekas jadi online, eBay jadi inspirasi banyak retail online di seluruh dunia lho. Meskipun sebagian besar situs web saat ini menawarkan kepada pengguna kemampuan untuk membeli apa yang mereka inginkan secara online.

Ebay tidak hanya menawarkan belanja online juga memungkinkan pengguna untuk menawar pada beberapa item terpanas setiap tahun. Ebay membuat belanja setiap orang dapat lakukan tanpa harus masuk mobil, berkendara ke toko atau mal dan kemudian melihat sekeliling untuk menemukan ukuran atau warna yang tepat atau warna. Ebay memungkinkan pengguna dari seluruh dunia untuk melakukan penawaran dan pembelian item.

eBay memulai bisnis sebagai pasar untuk para pehobi dan kolektor, dan hingga hari ini tetap menjadi tempat yang baik untuk menunjukkan koleksi Anda. Jika Anda pandai mencari barang murah atau langka di kategori tertentu, mungkin Anda dapat mempertimbangkan untuk menjadi penjual spesialis untuk barang-barang di kategori yang Anda “mengerti” tersebut.

6. Blogger (Merubah Gaya Blogging Anda)

Siapa yang perlu untuk mencoret-coret di sebuah diary pribadi atau untuk menulis hal-hal acak pada potongan kertas notebook. Anda dapat menggunakan sebuah komputer dan memanfaatkan sebuah situs yang memungkinkan anda untuk menulis sesuatu. BLOGGING adalah aktivitas nge-blog, yaitu membuat dan mengisi blog dengan tulisan, gambar, video, atau konten multimedia. Blogging dalam bahasa Indonesia biasa disebut ngeblog.

Blogging salah satu aktivitas yang sudah menjadi trend tersendiri bagi seluruh kalangan masyarakat yang terintegrasi dengan dunia maya. Blogging sendiri adalah aktivitas pengelolaan web log (disingkat Blog) dimana kita bisa berbagi tentang keseharian, pengetahuan, ataupun pandangan terhadap berbagai macam hal yang terjadi di sekitar kita.

Blogger diluncurkan pada tahun 1999 dan sejak itu telah memungkinkan dunia blogging berkembang. Website ini telah dirancang dan didesain ulang dan yang paling baru-baru ini telah mulai bekerja sama dengan Google untuk menyertakan beberapa fitur mereka yang paling populer.

7. Pandora (Mengubah Cara Kita Mendengarkan Musik)

Siapapun bisa tune ke musik yang dimainkan di Yahoo atau mendengarkan favorit Anda radio online stasiun, tetapi kenyataannya adalah bahwa sebagian besar lagu-lagu yang diputar setiap jam (atau lebih tampaknya) dan kadang-kadang lagu yang diputar bukan merupakan salah satu yang Anda sukai.

Tapi, ketika datang ke Pandora, website akan memutar lagu berdasarkan pada apa yang anda sukai, website akan memainkan musik serupa. Pandora adalah layanan radio internet yang secara otomatis memilih lagu untuk Anda berdasarkan lagu atau band kesukaan Anda. Dengan menggunakan Pandora, Anda dapat dengan mudah menciptakan daftar putar lagu, sepanjang apa pun itu, yang sesuai dengan suasana tertentu.

Saat pertama kali mengunjungi situs Pandora, Anda akan diminta untuk membuat sebuah akun. Isilah informasi diri Anda pada formulir singkat yang disediakan dan beri tanda pada kotak untuk menunjukkan bahwa Anda telah membaca ketentuan penggunaan situs. Setelah itu, klik tombol ‘Register’ untuk melanjutkan.

Pandora sering menampilkan band-band baru yang sedang naik daun. Dengan Pandora Anda dapat dengan mudah mengetikkan sebuah band favorit di website, mendengarkan lagunya dan kemudian memiliki kesempatan untuk mendengarkan band baru yang mirip dengan selera Anda.

8. Geocities (Mengubah Aksesibilitas Internet)

GeoCities adalah proyek serupa Web Archive, namun khusus mengarsipkan situs-situs di GeoCities. Pengembang situs ini menganggap GeoCities sebagai monumen web yang berharga dan perlu dilestarikan.

Website ini dimulai pada tahun 1994 dan pertama kali dikenal sebagai BHI (Beverly Hills Internet), yang pada saat itu adalah web hosting perusahaan kecil berbasis di Southern California. Perusahaan ini menawarkan layanan gratis untuk orang-orang dalam berbagai lokasi di California dan tahun kemudian menjadi layanan di seluruh negeri dan kemudian di seluruh dunia.

Nah, Meskipun saat ini siapapun dan setiap orang dapat mengakses Internet. Namun pada waktu lalu, internet itu cukup membosankan. Untuk melanjutkan pertumbuhan ini, website seperti GeoCities diciptakan, yang membuka dunia baru untuk banyak orang. GeoCities memungkinkan orang untuk dengan mudah membuat website sendiri.

Saat website ini sudah mati di AS dan Kanada, tetapi masih ditawarkan sebagai layanan di Jepang. Ketika membeli layanan Yahoo, kesuksesan selama apa yang disebut gelembung dot com, dikatakan bahwa hampir 38 juta halaman GeoCities ditutup. Meskipun hanya yang ditawarkan di Jepang, cukup aman untuk mengatakan bahwa GeoCities memungkinkan untuk web designer awal.

9. Amazon (Mengubah Wajah Perbelanjaan Ritel)

Saat ini, sebagian orang sudah terbiasa dengan aplikasi belanja retail secara online. Selain itu, proses transaksi cashless (tanpa melibatkan uang tunai) pun sudah mulai marak diterapkan di mana-mana. Masyarakat kota-kota besar dengan segala kesibukannya sangat menghargai waktu. Mereka seringkali menghindari membuang-buang waktu percuma, seperti mengantri panjang hanya untuk melakukan pembayaran di kasir toko retail.

Demikian juga dengan kehadiran inovasi-inovasi dunia financial technology yang bisa memberikan kenyamanan, rasa aman, dan kepraktisan dalam memberikan dukungan di setiap transaksi keuangan mendorong banyak orang untuk tidak ragu menggunakan metoda cashless dalam transaksinya.

Upaya Amazon mengubah wajah industri ritel mulai nampak. Bila Anda membutuhkan makanan, Anda pergi ke toko kelontong. Ketika Anda membutuhkan pakaian, Anda pergi ke mal atau toko ritel favorit Anda. Jika Anda membutuhkan persediaan hewan peliharaan, Anda pergi ke toko hewan peliharaan. Jika Anda ingin mendengarkan musik, Anda pergi membeli CD di toko. Semua itu adalah hal umum yang dilakukan orang. Namun, ketika Amazon diluncurkan pada tahun 1995, perusahaan, yang berbasis di Seattle, mengubah wajah seluruh belanja ritel.

Nama website ini mengatakan itu semua, Amazon adalah sungai terbesar di dunia dan Amazon.com adalah toko online terbesar. Situs ini menawarkan pengiriman gratis dengan pembelian $ 25 sebagai serta account Perdana yang menjanjikan pengiriman 2 hari gratis atau pengiriman dengan biaya $ 3,99 di hari berikutnya. Intinya adalah, siapapun bisa mengandalkan Amazon untuk memiliki apa yang mereka butuhkan. Ini benar-benar menakjubkan bagaimana e-shop dapat memasok beragam item.

10. Craigslist (Merubah Iklan Baris)

Sebelum ada di Internet jika Anda pernah memiliki kepentingan dalam iklan baris, Anda mungkin langsung ke koran lokal dan melihat apa yang dapat Anda temukan. Tentu saja kemudian Internet datang dan saat Anda bisa menemukan iklan baris online

Dan ternyata Craigslist lebih dari situs iklan baris online paling populer di Internet. Craigslist adalah situs yang paling banyak dikunjungi. Situs ini juga menampilkan bagian untuk pekerjaan, kencan dan iklan bisnis kecil. Bahkan ada kategori dimana pengguna bisa mencoba membuat koneksi yang tidak terjawab.

Jika Anda mencari sesuatu, yang perlu Anda lakukan adalah pergi ke Craigslist. Anda dapat menemukan banyak hal di situs iklan rahasia. Dari mobil, hewan peliharaan untuk pekerjaan, rumah dan bahkan tempat untuk mendiskusikan apa yang Anda miliki di pikiran Anda.

Nah, akibat perkembangan teknologi informasi yang ada, keadaan sosial masyarakat mengalami perubahan. Masyarakat di kota-kota besar sangat mudah untuk mengakses berbagai informasi yang ada melalui internet. Sedangkan pada masyarakat pedesaan cenderung susah untuk mendapatkan informasi dari dunia maya. Namun perkembangan teknologi yang semakin pesat serta kemunculan beberapa situs, membuat sejumlah masyarakat mengalami perubahan.

Mulai dari merubah cara mendengarkan musik, mengubah cara belajar serta mengubah cara belanja (secara online) bahkan cenderung lebih memilih melakukan komunikasi lewat chattingan online (facebook). Guys, Pengetahuan dapat membuat kita mengetahui apa yang harusnya kita lakukan, Keahlian memberikan kita kemampuan untuk mengetahui bagaimana melakukannya dan keinginan adalah motivasi kita dalam melakukan sesuatu. Untuk itu demikianlah ulasan diatas.