Tak Hanya Mesir, Wamena Memiliki Mumi Berwarna Hitam

Bicari mengenai manusia yang diawetkan, pastinya kamu langsung berfikir mengenai “mumi” bukan? Yakni kisah yang menyeramkan seperti halnya di film-film. Dan Apakah yang ada di pikiran kamu mengenai mumi? Pastinya kisah-kisah mistis dan rahasia mengenai jasad tersebut. Kisah Mumi ini begitu terkenal sampai dipenjuru dunia, bahkan kisahnya kerap sekali dijadikan sebuah per-filman dan bahkan dalam buku cerita. Untuk itu, mari kita simak bersama ulasan mengenai apa itu “mumi“?

Apa Itu Mumi?

Mumi adalah sebuah mayat yang diawetkan, dikarenakan perlindungan dari di komposisi oleh cara alami atau buatan, sehingga bentuk awalnya tetap terjaga. Ini dapat dicapai dengan menaruh tubuh tersebut di tempat yang sangat kering atau sangat dingin, atau ketiadaan oksigen, atau penggunaan bahan kimiawi.

Mesir kuno adalah salah satu hal yang paling menarik di dunia. Kita semua kagum terhadap cerita-cerita tentang mumi, piramida dan juga berbagai macam sihir mesir lainnya. Peninggalan bersejarah Mesir ini, memanglah menjadi sejarah yang memiliki kisah cerita yang terbilang mengerikan didalamnya. Kerap dijadikan sebagai kisah menakutkan “mumi” menjadi simbol mengerikan di dunia dan bahkan mumi juga memiliki mitos didalamnya. Seperti halnya kisah Piramida, mumi juga termaksud salah satu kisah yang tak pernah mati, yakni dari abad ke abad.

Pasti kamu sudah tahu mengenai sejarah dan cerita mumi. Begitu banyaknya sejarah mengenai “Mesir kuno ini” namun semua itu masihlah menjadi misteri meskipun upaya ofhistorians dan arkeolog untuk membuka rahasia. Ahli menawarkan beberapa petunjuk untuk pembangunan Piramida dan kehidupan dan kematian Firaun. Meskipun, tampaknya bahwa semakin banyak yang kita pelajari semakin sedikit kita benar-benar tahu. Harta Mesir kuno, termasuk perhiasan, Piramida dan mumi, membantu untuk menerangi beberapa aspek budaya dan keyakinan.

Mumi merupakan bentuk kegiatan keagamaan bangsa Mesir. Berdasarkan kepercayaan masyarakat Mesir kuno, orang yang sudah meninggal akan dibangkitkan kembali suatu saat nanti untuk menempuh perjalanan ke dunia yang lain. Mumi yang sudah dibalut kain berarti siap untuk dimakamkan. Cara pemakaman mumi tidak dengan menguburnya di dalam tanah atau melakukan kremasi, tetapi dengan menyimpannya di dalam piramid. Namun sebelum dibawa ke tempat peristirahatan terakhirnya, terlebih dahulu dilakukan upacara pemakaman. Upacara diselenggarakan di kuil Osiris.

  • Jenis

Mumi biasanya dibagi menjadi salah satu dari dua kategori yang berbeda:

  1. Antropogenik.
  2. Spontan.

Mumi antropogenik sengaja dibuat oleh yang hidup untuk sejumlah alasan, yang paling umum adalah untuk kegiatan keagamaan. Mumi spontan, seperti Ötzi yang sengaja menciptakan kondisi alam seperti sangat kering panas atau dingin, atau kondisi anaerobik seperti yang ditemukan di rawa.

Nah, namun sudah tahukah kamu bahwa mumi bukan hanya terdapat di Mesir saja melainkan di Papua juga terdapat sosok mumi yang diyakini penuh membawa berkah pada masyarakat Wamena.

Tidak perlu jauh-jauh ke Mesir untuk melihat mumi. Di Wamena, Papua ada lho mumi yang asli punya Indonesia. Selama ini kata mumi selalu melekat pada jenazah yang dililit kain di Mesir. Faktanya, mumi ada di beberapa tempat di dunia termasuk Indonesia. Hanya saja, mumi yang ada di Indonesia juga berbeda dengan yang ada di Mesir. Penasaran? Berikut penjelasannya.

Mumi Hitam Dari Papua

Di Wamena, salah satu mumi ada di Kampung Sompaima-Distrik Kurulu. Namun kamu harus tahu bahwa sannya mumi di Papua memang sangat berbeda dengan mumi Mesir. Sebelumnya, Kampung Sompaima memang sudah terkenal di kalangan wisatawan. Muminya disimpan di dalam Honai, rumah tradisional dan dikeluarkan hanya saat wisatawan datang. Mumi hitam ini sudah berumur 3 abad. Tapi, mumi ini tidak hanya sekedar mayat yang diawetkan. Dia adalah sang pembawa kesejahteraan bagi masyarakatnya.

Dan kamu bisa melihat sendiri bagaimana mumi Papua tersebut, Mumi ini dengan posisi duduk dan menatap ke langit. Mulutnya terlihat menganga dengan kedua tangannya memegang masing-masing kedua lututnya. Ada koteka dan juga topi yang terlihat sangat kering. Usut punya usut, mumi kepala suku tersebut meninggal karena sakit. Proses mumifikasi ala Papua dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan lambang kesejahteraan. Mumi ini lebih dari sekedar mayat yang diawetkan dan bisa dilihat saja.

Namun proses dan diawetkannya sosok mumi tersebut memiliki alasan yang jelas bagi masyarakat Wamena, yakni ;

1. Sosok mumi tersebut ialah seorang kepala suku
2. Karena pada masa itu ia juga seorang panglima perang yang begitu dihormati
3. Pastinya ia sangat “Berjasa” bagi masyarakat kala itu.

Jadi kamu tak perlu jauh-jauh sampai ke Mesir ya guys untuk ngeliat mumi, karena di Indonesia sendiri terdapat mumi yang dapat kamu lihat di Papua. Mungkin kamu juga akan bertanya hal semacam ini “Apakah mumi wamena tersebut disimpan di dalam peti? Atau bahkan mumi ini memiliki kisah mitos seperti halnya mumi Mesir?

Mumi di Wamena ini tidak disimpan di museum atau peti mati, melainkan di taruh di rumah honai dan sangat di sakralkanRumah honai merupakan rumah adat Suku Dani yang menempati wilayah Wamena. Mumi-mumi di Wamena memang sangat disakralkan dan diagung-agungkan oleh masyarakat karena dipercaya membawa keberkahan.

Selain itu, mumi-mumi ini merupakan kepala suku dan panglima perang saat masa penjajahan dulu. Sebelum meninggal ternyata para panglima perang ini berpesan kepada masyarakat di tempat tinggalnya untuk diawetkan menjadi mumi. Sehingga masyarakat Wamena selalu melakukan ritual dengan meracik bahan-bahan tradisonal untuk mengawetkan semua mumi.

Fungsi Mumi Di Wamena

Bukan hanya sekedar sejarah atau sebuah cerita, namun mumi-mumi di Papua ini memiliki fungsi serta memiliki makna. Adapun hal possitive yang dihasikan mengenai peninggalan masyarakat Wamena ini yaitu, mumi Papua tidak hanya unik, namun juga sangat berguna bagi pendapatan warga sekitar Papua ini.

Hal ini karena mumi Papua ini mampu menjadi sumber pendapatan dalam bidang wisata. Ternyata awalnya, para panglima dan kepala sukulah yang meminta para warganya untuk menjadikan mayat mereka sebagai mumi untuk bisa memberikan keberkahan pada masyarakat.

Dan hal ini terjadi di masa sekarang dimana banyak wisatawan yang berani bayar mahal untuk mendapatkan potret mumi Papua ini. Dan bisa dipercaya bahwa apa yang mereka sampaikan (panglima/mumi tersebut) dan dengan mempercayainya merekapun melaksanakan dan alhasil mereka menerima berkat dari hal tersebut.

Gimana? Sudah tahukan bahwa terdapat sosok mumi di Indonesia tepatnya di Papua. Maka dari itu demikianlah Pembahasan mengenai sosok hitam yang  diawetkan di Wamena. Untuk kamu yang ingin berlibur ke Papua jangan lupa untuk mengunjungi Wisata yang satu ini ya. 🙂