Ulasan Heterochromia Iridium

Para penggemar seri Final Fantasy pasti mengenal Yuna, salah satu tokoh utama pada Final Fantasy X dan Final Fantasy X-2. Disitu digambarkan bahwa Yuna memiliki dua warna mata yang berbeda, yaitu warna hijau untuk mata kanan dan warna biru untuk mata kiri. Yah terlihat sangat memukau dan keren habis, wah-wah kok bisa begitu ya? Apakah itu hanya sekedar fiksi? Ternyata itu juga ada di dunia nyata.

Oleh dunia medis, memiliki dua warna mata yang berbeda itu disebut Heterochromia Iridium. Nah pada kesempatan ini, saya akan membahas mengenai Heterochromia Iridium. Untuk itu, simaklah ulasan berikut ini.

Pengertian Heterochromia Iridium

Adalah kelainan yang terjadi pada mata. Orang yang mengidap kelainan ini akan mempunyai warna mata yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Warna mata manusia itu ditentukan oleh bagian mata yang disebut iris. Warna iris mata bervariasi.

Dari cokelat terang sampai hitam. Warna ini tergantung dari jumlah melanin (melanin dihasilkan oleh sel melanosit) pada epitelium pigmen yang terletak di bagian belakang iris, jumlah melanin pada stroma dan kepadatan sel di stroma. Stroma sendiri adalah lapisan pada iris.

Kelainan ini biasanya terdiri dari dua bola mata yang memiliki warna yang berbeda. Misalnya bola mata mereka yang kiri mempunyai warna gelap sementara bola mata yang kanan memiliki warna terang. Bahkan ada juga yang menyebabkan bola mata memiliki beberapa variasi warna.

Heterochromia Iridium terjadi saat seseorang memiliki jumlah melanin yang berbeda pada setiap iris di matanya. Sehingga, matanya pun akan memiliki warna yang berbeda. Heterochromia Iridium ini jarang terjadi pada manusia (mempengaruhi sekitar 11 dari setiap 1.000 orang di Amerika) tetapi umum terjadi pada beberapa binatang seperti kuda, kucing, dan beberapa spesies anjing.

Penyebab Terjadinya Warna Mata Berbeda

Heterochromia Iridium atau Heterochromia Iridis yaitu sebuah kelainan mata yang masih sangat jarang kita temui di Indonesia. Dan banyak sekali dari mereka bahkan mungkin kamu juga, yang bertanya-tanya penyebab seseorang mengalami hal tersebut? Heterochromia dapat juga disebabkan oleh berbagai penyakit seperti;

  1. Waardenberg syndrome.
  2. Xhantogranuloma.
  3. Ridis Ekropion.
  4. Neurofibromatosis.
  5. Sindrom Horner.
  6. Dan tumor melanin seperti Melanoma.

Dalam ilmu anatomi tubuh, Heterochromia mengacu kepada perbedaan warna. Perbedaan warna ini tidak hanya terjadi pada Iris, namun juga bisa terjadi pada rambut dan kulit. Heterochromia terjadi karena adanya kekurangan maupun kelebihan jumlah melanin.

Hal ini bisa terjadi karena mungkin adanya penyakit, rekayasa genetika, cedera, karena warisan dari orang tua atau bahkan trauma, maupun karena pengobatan yang dapat meningkatkan atau mengurangi pigmentasi pada salah satu iris.

Macam-macam Heterochromia

Mata adalah yang pertama kali akan dipandang orang ketika sedang berbicara. Melihat dan menatap mata seseorang ketika berbicara merupakan wujud dari rasa hormat kita kepadanya, nyatanya tidak hanya itu keindahan mata seseorang ternyata juga adalah daya tarik yang tak jarang mampu membuat lawan jenisnya terpikat dan terpesona.

Dan gimana jika ada sosok orang yang sedang berbicara dengan kamu yakni memiliki kelainan seperti halnya Heterochromia? Pasti kamu bakalan bingung dan berfikir bahwa dia sedang menggunakan kontak lensa. Nah ternyata Heterochromia terbagi lagi loh, untuk itu yuk kita lanjut baca guys.

  • Heterochromia Sebagian/Setengah

Jenis ini tidak terlalu penuh melainkan setengah dari iris mata memiliki kelainan warna dari yang lain. Heterochromia sebagian biasanya ditandai dengan satu mata memiliki iris didalamnya memiliki dua warna yang berbeda. Contohnya warna iris asli cokelat namun disebelah mata iris cokelat ini memiliki warna lain yaitu biru baik itu dikit atau udah menguasai ¾ warna cokelat.

  • Heterochromia Penuh

Bentuk Heterochromia yang satu ini adalah bentuk yang memiliki iris mata penuh dengan warna hijau di satu mata sebelah kanan misalnya, sementara warna coklat penuh dibagian mata sebelah kirinya. Berarti satu iris mata beda dengan sebelahnya. Contoh warna mata cokelat untuk mata kanan tetapi warna mata kiri biru sempurna kecuali titik hitam (pupil) ditengah mata.

  • Heterochromia Sentral

Seperti namanya, Heterochromia Sentral adalah kelainan mata dengan berpusat pada keliling pupil mata. Warnanya jadi seperti memiliki corak di sekitar iris mendekati pupil, sedangkan diluarnya terdapat warna yang lainnya lagi. pusat berarti warna iris yang berbeda dengan warna asli mata tidak penuh, hanya mengelilingi pupil jadi kaya mata bunga yang memiliki inti hitam lalu kelopak dalam berwarna hijau kemudian kelopak luarnya berwarna biru.

Mungkin kejadian ini sedikit membingungkan bagi kaum awam yang kurang paham mengenai dunia medis ataupun mengenai penyakit ini. Tak seperti penderita kelainan penyakit lainnya, justru sepertinya kelainan ini begitu menawan dan membuat sosok Heterochromia ini sedikit unik.

Penyakit atau Kelainankah Mata Beda Warna Ini?

Bukan Sebuah Penyakit dan Tidak Mengganggu Sama sekali. Hingga sekarang dibilang heterochromia bukanlah penyakit yang berbahaya kecuali disebabkan oleh tumor. Bila tumor ganas berarti harus operasi. Sampai sekarang belum ada keluhan tentang heterochromia terutama dari artis –artis yang mengalaminya. Dan bahkan jika kamu menganggap ini seperti keanehan, mungkin bagi mereka yang mengalaminya akan berpendapat bahwa ini sebuah keajaiban.

Dan salah besar bila menganggap Heterochromia Iridium adalah penyakit, sebab nyatanya pengidapnya tidak merasakan kesakitan ataupun gangguan samasekali. Kelainan ini disebabkan oleh kelebihan melanin (hyperpigmented atau hyperchromic) pada mata, maka hypeplasia dan hypoplasia yang terjadi adalah bagian dari efeknya yang tidak mengandung bahaya sama sekali.

Kelainan mata ini juga dapat dipengaruhi dari faktor keturunan, maka jika ibu atau ayah memiliki kelainan mata heterochromia, kemungkinan besar anaknya juga akan mengidap kelainan mata yang sama pula.

Selebritis Yang Mengalami Heterochromia Iridis

Tak banyak yang mengetahui bahwa beberapa artis hingga model dunia juga terdapat bagian iris matanya yang berbeda, atau bahkan selama ini banyak mereka yang mengira bahwa perbedaan antara kedua matanya disebabkan karena para selebritis ini menggunakan kontak lensa saja. Perlu kamu tahu bahwa ada beberapa artis yang begitu memukau dengan Heterochromia Iridis. Penasarankan? Untuk itu yuk kita lihat saja dibawah ini.

  • Mila Kunis

Merupakan salah satu artis yang mengalami kondisi ini. Mata sebelah kirinya berwarna coklat sedangkan mata kanannya berwarna hijau. Kondisi ini malah membuatnya terlihat unik dengan bola mata yang berbeda. Artis cantik ini mengungkapkan perjuangannya dalam melawan penyakit yang menyerang matanya. Ia mengalami peradangan iritis kronis dan membuatnya memiliki katarak dan penglihatan yang buruk.

  • Kate Bosworth

Tak banyak yang tahu mengenai warna mata pada wanita cantik ini, kok bisa? nggak nyangka bukan? Kamu bisa lihat warna mata pada Kate. Ini karena Kate selalu memakai lensa kontak untuk menutupi warna matanya.

  • Henry William

Dalgliesh Cavill atau si Superman ini juga punya warna mata yang berbeda. Meski nggk terlalu kelihatan, kalau kamu jeli memperhatikan, ada setitik bagian yang berwarna merah di mata kirinya. Yah, seperti yang dijelaskan mata pada pria ini termasuk pada Heterochromia setengah.

  • Alice Eve

Gimana? Makin terlihat anggun dan sexy habis kan? Meski punya warna mata yang berbeda, tapi nggak ngurangin kesan stylish dari artis ini. Heterochromia malah membuatnya terlihat lebih menawan.

  • Jane Seymour

Selain akting yang mumpuni Jane Seymour juga punya kelebihan yang nggak semua orang punya. kelebihan itu ada di warna matanya yang berwarna coklat dan hijau.

  • Elizabeth Berkley

Bintang Showgirls dan Saved by the Bell ini memiliki mata yang unik dan indah dengan mata setengah coklat dan setengah hijau di bagian kanannya.

Heterochromia Hantarkan Narapidana Sukses Jadi Model Ternama

Nasib orang memang tidak ada yang tahu. Dulu pernah jadi narapidana, sekarang pria ini jadi model terkenal. Mekhi Alante Lucky mungkin seberuntung namanya. Pria berusia 20 tahun ini menyangka hidupnya bisa berubah drastis seperti naik rollercoaster.

Dia pernah di tangkap karena melakukan pelanggaran hukum. Sejak April 2016 sampai Desember 2016, Mekhi sudah 5 kali ditangkap karena berbagai kasus, di antaranya melakukan pelecehan, membuat onar di tempat umum dan melanggar masa hukuman percobaan.

Mekhi Alante Lucky, menjadi populer setelah mugshot (foto yang diambil oleh tim kepolisian pada saat seseorang ditangkap) dirinya menjadi viral pada 2016. Dirinya kini mendapatkan kontrak dengan agen model di Atlanta, St Calire Modeling. Lucky mengalami kondisi genetik heterochromia yang membuat matanya mempunyai warna berbeda, yaitu biru dan cokelat.

Keunikan dirinya itu membuat dirinya dibooking untuk tampil di New York Fashon Week bulan ini. Mekhi justru mendapat perhatian dari banyak orang karena keunikannya. Sejak foto-fotonya beredar, dia berhasil menarik sekitar 20.000 follower dan menjadi model terkenal.

Namun hal itu tidak menahan salah satu brand terkenal untuk menjadikannya model. Pada Juli 2017,O’Bryant memutuskan untuk menemui Lucky dan melakukan tes foto. Sesuai ekspetasinya, tes tersebut berjalan baik walaupun hal tersebut merupakan pertama kalinya bagi Lucky.

O’Bryant mengatakan bahwa dia tidak khawatir dengan masa lalu Lucky. Dia memiliki catatan bersih denganku. Aku tidak punya masalah dengan dia. Sebagian besar, dia sangat sopan. Bagi saya, dia bertindak seperti ingin berjalan lurus, dia sangat terbuka untuk belajar, karena ini adalah perubahan gaya hidup baginya, imbuh O’Bryant.

Jadi dapat disimpulkan, bahwa mereka yang berbeda taklah selalu buruk atau aneh. Bahkan suatu yang berbeda juga dapat mengalahkan mereka yang terlihat normal. Untuk itu demikianlah artikel mengenai warna mata berbeda pada hari ini selamat membaca guys.