Ulasan Mengenai Asam Lambung

Asam lambung? Ternyata penyakit ini kerap dialami oleh banyak masyarakat, bahkan asam lambung dapat mengakibatkan kematian seseorang, sudah banyak dari berbagai kalangan yang menderita penyakit ini dan pada akhirnya mengalami kematian. Asam lambung tak hanya dialami oleh wanita saja, melainkan pada kaum lelaki juga.

Dan asam lambung juga merupakan gangguan kesehatan yang banyak ditakuti orang, pasalnya penyakit ini membuat seseorang tidak nyaman. Mengapa begitu? Karena pada penderita asam lambung mereka akan mengalami yang namanya sesak pada dada dan bahkan sulit untuk menelan sesuatu.

Penyakit ini diakibatkan oleh meningkatnya produksi asam lambung sehingga menyebabkan peradangan. Sementara itu, penyakit asam lambung terjadi ketika asam lambung naik menuju saluran kerongkongan. Secara umum, gejala dan keluhan penyakit asam lambung yang paling sering dilaporkan antara lain seperti berikut:

  1. Anda akan mengalami nyeri pada dada.
  2. Merasa sakit ketika hendak menelan sesuat.
  3. Akan mengalami sakit dibagian tenggorokan.
  4. Bahkan tenggorokan akan terasa kering dan seperti mengganjal.
  5. Dan anda akan mengalami mulut anda sendiri terasa asam.
  6. Mengalami batuk atau sesak napas.

Penyakit asam lambung tinggi pada umumnya diakibatkan karena Lower Esophageal Sphincter (LES) tidak bisa berfungsi dengan baik. Apa itu LES? LES merupakan lingkaran otot yang terletak pada bagian bawah dari organ esofagus. Dan kalian juga harus tahu mengenai fungsi dari LES, yakni untuk bekerja sebagai pintu gerbang otomatis yang nantinya akan “terbuka dan tertutup”.

Terbuka disaat ada makanan dan juga minuman yang turun ke dalam perut. Dan jika makanan sudah masuk, maka LES tadi akan menutup supaya mencegah asam dan juga makanan yang ada didalam perut kita tidak kembali naik ke kerongkongan dan juga esofagus.

Namun jika fungsi pada LESS tidak seperti yang dijelaskan diatas (tidak berfungsi dengan baik) Inilah yang akan membuat LES menjadi longgar sehingga tidak akan menutup dengan baik dan pada akhirnya menyebabkan asam lambung menjadi keluar dari perut. Dan pada akhirnya anda akan mengalami yang namanya “Asam Lambung“.

Dan penyebab lain dari penyakit asam lambung biasanya berhubungan dengan obesitas, kondisi kehamilan dan juga mengonsumsi jenis makanan yang mengandung banyak lemak didalamnya.

Yah walaupun tak langsung menyerang organ tubuh secara ganas layaknya kanker. Namun jika dibiarkan begitu saja tanpa ada pengobatan, asam lambung bisa jadi suatu penyakit yang serius. Untuk itu ada baiknya menjaga pola makan yang benar dan teratur. Agar masalah mengenai asam lambung tak menghampiri anda. Dan penyebab lain dari asam lambung dapat anda lihat dibawah ini;

  • Hormon

Dikatakan, banyak wanita yang kerap mengalami masalah asam lambung. Mengapa begitu? Nah penyebab seseorang mengalami asam lambung ialah Hormon. Perubahan hormon pada tubuh bisa menjadi faktor penyebab asam lambung naik.

Hormon bisa menyebabkan asam lambung naik karena di sebabkan oleh perubahan hormon akan membuat otot penutup lambung akan lemah sehingga bisa mengakibatkan naik nya asam lambung. Seperti yang kalian tahu, bahwa wanita sering mengalami perubahan hormon.

  • Rokok

Inilah kebiasaan yang sangat sulit untuk dihentikan. Karena seperti yang kita tahu bahwa merokok kerap membawa keburukan bagi tubuh. Penyebab berikutnya ialah “merokok” Asam lambung juga bisa karena rokok, penggunaan rokok yang terlalu sering maka akan mengakibatkan bagian otot lambung juga akan lemah, maka dari itu penderita penyakit asam lambung juga banyak dari kalangan perokok aktif. Karena rokok terkandung oleh zat yang akan menyebabkan bagian lambung melemah.

  • Makanan

Ingat, bahwa penyebab yang kerap terjadi dikarenakan oleh makanan. Ada baiknya untuk tetap menjaga kandungan makanan yang akan di konsumsi. Makanan yang terlalu banyak mengandung alkoholcdan kafein bisa menyebabkan bagian otot lambung lemah atau pun rileks, maka dari itu mengkonsumsi minuman beralkohol, kopi dan juga coklat yang terlalu sering akan menyebabkan naik nya asam lambung karena permasalahan pada bagian otot lambung dari zat makanan tersebut.

  • Efek Samping Obatan

Ada baiknya jika mengkonsultasikan ke dokter, agar masalah mengenai lambung tak menghampiri kesehatan anda. Penggunaan efek samping obat berbahan kimia akan menyebabkan bagian otot lambung pun bermasalah dan biasa nya jenis obat untuk penyakit hipertensi yang akan menyebabkan otot pada lambung melemah.

Asam lambung merupakan zat asam di dalam tubuh atau lebih tepat nya di dalam lambung. Asam lambung berfungsi untuk membantu dan berfungsi sebagai pencerna makanan dengan baik. Namun masih banyak asam lambung yang dapat menimbulkan masalah pada kesehatan atau pun menimbulkan penyakit. Dikatakan sebagai penyakit, dikarenakan ketika asam lambung naik ke atas atau ke tenggorokan. Nah, untuk itu ada baiknya kita membahas mengenai “Lambung” pada tubuh kita.

Sistem Kerja Lambung

Nah pentingkah untuk mengetahui bagaimana cara kerja lambung pada tubuh kita? Tentunya sangat penting bukan? Mengetahui cara kerja lambung saat makan akan memberikan anda mengenai pengetahuan yang pasti. Sehingga anda akan bisa memilih makanan maupun menentukan aktifitas yang tepat ketika berada di waktu dekat dengan waktu makan anda. Organ lambung merupakan salah satu organ pencernaan pada manusia, yang secara umum memiliki fungsi untuk membantu proses penyerapan pada zat gizi ke dalam darah.

Membuang bagian-bagian dari makanan yang tidak dapat dicerna oleh tubuh, memecah dan menguraikan makanan menjadi beragam jenis zat gizi, serta sebagai tempat penampungan sementara makanan. Pada kegiatan ini, makanan yang masuk dari rongga kerongkongan akan langsung terdorong ke dalam organ lambung.

Gerakan mendorong ini adalah gerak peristaltik. Lambung juga berguna sebagai tempat makanan untuk berhenti sejenak dan dicerna secara lebih baik di organ ini. Lambung memiliki ukuran dengan besar sekepalan tangan dan memiliki letak di rongga perut pada bagian kiri, yaitu di bawah dari sekat diafragma.

Nah, perlu anda ketahui bahwa dinding dari organ lambung memiliki sifat yang lentur dan akan dapat mengembang ketika makanan masuk serta akan mengempis ketika makanan telah selesai dicerna dan lambung menjadi kosong.

Pernahkah anda berfikir bahwa apakah lambung dapat menampung banyaknya makanan? Lambung dapat menampung makanan hingga mencapai 1,5 liter. Lambung disusun dari otot yang memanjang pada bagian luar, otot yang melingkar pada bagian tengah, serta otot miring yang terdapat di bagian dalam. Sebelum anda makan, maka otot yang melingkar akan menutup hingga terdapat makanan yang mulai memasuki lambung.

Struktur Lambung

Lambung terbagi atas empat bagian utama yakni:

  1. Bagian atas dimana terletak kardia yang merupakan jalur masuknya makanan yang berasal dari kerongkongan.
  2. Di bagian tengah terletak fundus yang bentuknya tampak membulat.
  3. Setelah bagian fundus terdapat badan lambung.
  4. Pada bagian paling bawah ada pilorus yang menghubungkan lambung dengan usus halus.

Ketika otot lambung berkontraksi, maka makanan yang ada di dalam lambung akan teraduk dan bercampur dengan getah lambung yang dikeluarkan dari dinding lambung. Getah lambung tersusun atas

  1. Air.
  2. Enzim pepsin.
  3. Enzim renin dan.
  4. Enzim lipase.

Getah lambung ini bersifat sangat asam sehingga mampu mengubah makanan tadi menjadi lunak seperti bubur. Kemudian makanan yang sudah halus dan dicerna tersebut dikeluarkan sedikit demi sedikit oleh pilorus menuju usus halus. Setelah menjalani proses tersebut maka lambung akan menjadi kosong kembali dan baru akan bekerja lagi ketika ada makanan baru yang masuk.

Namun bahayakah jika seseorang melakukan diet, atau bahkan setiap harinya telat makan (tidak pernah sarapan)? Nah ternyata, diet yang baik ialah tetap menjaga pola makan pada waktunya hanya saja sedikit mengurangi makanan seperti mana biasanya.

Dan ingat jangan biarkan perut anda berada dalam posisi yang kosong (tidak ada isinya). Hal ini bisa menyebabkan asam lambung kosong yang dihasilkan karena tidak memiliki bahan yang akan dicerna, dan yang terjadi adalah dinding perut itu sendiri yang menjadi sasaran. Itulah sebabnya mengapa sangat perlu sekali untuk memikirkan pola makan dan mengonsumsi makanan yang baik bagi tubuh/lambung.

Gimana? Sudah mengertikan bahwa lambung tak boleh kosong dan untuk pencernaan makanan ada baiknya untuk tidak memakan makanan yang begitu pedas dan juga jangan berlebihan dalam konsumsi minuman beralkohol. Dan perhatikan pola makan yang teraut, ada baiknya untuk diet sesuai anjuran dokter. Agar lambung dapat berfungsi dengan baik dan terhindar dari asam lambung tersebut.

Tips Mencegah Asam Lambung

Siapa yang tak ingin terhindar dari penyakit yang satu ini? Pastinya tak ada manusia yang menginginkan tubuhnya mengalami gangguan, namun untuk menghindari suatu penyakit pastinya diperlukan juga perhatian akan kesehatan dan pola hidup sehat.

Dan untuk penyakit yang satu ini, apakah diantara anda ada yang mengalami hal semacam ini? Beberapa penyebab yang memicu naiknya asam lambung memanglah sangat bervariasi pada tiap orang. Tapi, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi, menyingkirkan ataupun mencegah kambuhnya asam lambung tinggi. Nah, untuk itu perhatikan ya guys ulasan dibawah ini;

1. Makan Yang Teratur Dalam Porsi Kecil

Lambung yang sehat maka harus di jaga dengan baik sehingga tidak akan menyebabkan penyakit pada lambung seperti asam lambung. Cara mencegah asam lambung pun juga begitu dengan makanan pada waktu yang tepat akan membantu untuk mencegah penyakit asam lambung kambuh.

Makan dalam porsi besar akan menyebabkan perut Anda lebih meregang. Ini memberikan beban tambahan pada otot yang menghubungkan perut ke kerongkongan (LES). Al-hasil, kemungkinan munculnya gejala akan meningkat. Makanlah 3-4 kali dengan porsi lebih kecil dan merata setiap hari.

2. Kurangi Makanan Berlemak

Cara mencegah asam lambung juga tidak hanya makan pada waktu yang tepat saja tetapi juga dengan makan makanan yang mudah di cerna sehingga makanan yang sulit dicerna seperti makanan berlemak tinggi, nah anda dapat mengurangi makanan ini dan ingat jangan berlebih juga ketika hendak mengonsumsi makanan yang berlemak.

Karena jika lambung terlalu lama dan terlalu keras untuk mencerna makanan akan menyebabkan bagian lambung pada ototnya akan melemah dan hal itu akan menyebabkan asam lambung kambuh. Oleh sebab itu cara mencegah asam lambung bisa dengan makan makanan yang sehat dan mudah untuk di cerna.

3. Kualitas Tidur Anda

Sebuah tinjauan dari 100 studi ilmiah melihat ada hubungan antara gaya hidup dengan gejala naiknya asam lambung. Salah satunya adalah cara tidur. Bagaimana Anda tidur adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mengontrol gejala refluks lebih daripada modifikasi pola makan. Tidur dengan kepala tempat tidur ditinggikan (atau tubuh Anda sedikit disangga bantal) akan mengurangi kekambuhan gejala GERD. Sebab itu ada baiknya memperhatikan cara tidur yang benar.

4. Hindari Rokok Serta Alkohol

Esopagus bagian bawah akan berkurang kinerjanya manakala Anda merokok. Jadi tidak ada ruang bagi perokok untuk mendapatkan kebaikan. Semua dokter sepakat akan hal itu karena merokok tidak ada manfaatnya dan sangat berbahaya bagi kesehatan Anda jangka panjang, salah satunya merokok dapat menyebabkan peradangan pada dinding lambung.

Berhenti merokok mulai saat ini juga untuk meningkatkan kesehatan Anda. Dan juga minuman yang memiliki kadar alkohol sedikit atau pun banyak, karena cara mencegah asam lambung dengan tidak merokok dan mengkonsumsi alkohol.

5. Mengunyah Permen Karet Non-pepermint

Permen karet menyebabkan mulut memroduksi lebih banyak air liur, yang dapat membantu menetralkan dan menyeimbangkan pH lambung. Tetapi, Anda harus menghindari permen rasa peppermint. Sebuah studi 2007 yang diterbitkan dalam jurnal Gastroenterology menemukan, bahwa peppermint dapat mengurangi kekuatan kontraksi otot LES. Padahal, otot perlu berkontraksi sehingga asam lambung tidak naik ke kerongkongan Anda.

Sudah tahukan bahwa ada cara alami untuk mengatasi atau mencegah terjadinya asam lambung. Ada baiknya jika tips tersebut anda lakukan. Dan ingat ada baiknya untuk makan pada waktunya dan mengkonsumsi makanan yang sehat dan mudah untuk dicerna. Karena ada baiknya untuk mengantisipasi terjadinya asam lambung. Ingat mencegah lebih baik daripada harus mengobati. Benerkan guys?