Ulasan Mengenai Lidah Buaya, Tanaman Dengan Sejuta Manfaat

Daun berdaging tebal dan banyak mengandung lendir atau gel. Nah tahukah anda tanaman apa itu? Yah, Lidah buaya tanaman yang memiliki banyak khasiat bagi manusia. Namun tahukah anda mengenai jenis dari lidah buaya itu sendiri? Terdapat beberapa jenis spesis pada tumbuhan ini, namun hanya 3 saja yang diusahakan secara komersial, yaitu Aloe vera (Aloe barbadensis Miller), Aloe perryi dan Aloe ferox. Di antara ketiga jenis Aloe tersebut, hanya jenis Aloe vera yang paling berpotensi untuk dikembangkan dalam memenuhi kebutuhan industri farmasi, pangan dan kosmetika. Nah, untuk itu yuk kita lihat ulasan selengkapnya mengenai lidah buaya.

Pengertian Lidah Buaya

Lidah Buaya (Aloe vera; Latin: Aloe barbadensis Milleer) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam. Pemanfaatan lidah buaya semakin lama semakin berkembang. Dahulu lidah buaya dikenal sebagai obat penyubur rambut, penyembuh luka, perawatan kulit, bahan baku industri farmasi dan kosmetika, bahan makanan dan minuman kesehatan. Orang-orang kini banyak memanfaatkan lidah buaya untuk pengobatan selain karena lidah buaya mudah didapat juga obat-obatan dengan bahan lidah buaya tidak menggunakan bahan pengawet kimia. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika.

Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, pemanfaatan tanaman lidah buaya berkembang sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika, serta sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan. Secara umum, lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri. Tanaman Lidah Buaya atau Aloe vera (Latin: Aloe barbadensis Milleer) merupakan tanaman berduri yang berasal dari daerah kering di benua Afrika.

Catatan sejarah yang ada menyebutkan bahwa bangsa Mesir kuno telah mengetahui manfaat luar biasa dari Lidah Buaya sebagai tanaman kesehatan sejak tahun 1500 SM, dan menyebutnya sebagai tanaman keabadian. Seorang tabib dari zaman Yunani kuno yang bernama Dioscordes juga menggunakan lidah buaya untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit. Pastinya lidah buaya memiliki kandungan serta manfaat yang baik bukan? Karena apa? Karena tanaman ini begitu gencar nya untuk dikonsumsi banyak orang, baik untuk pangan, obat-obatan serta kecantikan.

Kandungan Zat Gizi

Mungkin ada baiknya jika kalian mengetahui mengenai kandungan yang terdapat di lidah buaya agar paham mengapa tanaman ini begitu diincar banyak orang. Cairan yang terdapat di lidah buaya mengandung unsur utama, yakni;

  1. Aloin
  2. Emodin
  3. Gum dan unsur lain seperti minyak Atsiri.

Senyawa-senyawa gula juga terdapat pada lidah buaya dalam bentuk;

  1. Mannosa.
  2. Glukosa.
  3. Serta sejumlah kecil silosa.
  4. Arabinosa.
  5. Galaktosa.
  6. Ramnosa.
  7. Serta enzim-enzim oksidase.

Nah, Sudah tidak diragukan lagikan mengapa lidah buaya dikatakan sebagai tanaman herbal yang sangat berkasiat untuk pengobatan. Berbagai penyakit dapat di sembuhkan dengan banyak mengkonsumsi lidah buaya atau aloe vera baik penyakit luar maupun penyakit dalam. Beragamnya kandungan nilai gizi pada tanaman lidah buaya sehingga bermanfaat bagi kesehatan yang luar biasa. Permintaan akan produk olahan tanaman lidah buaya tak ayal lagi semakin meningkat pula baik olahan yang berupa makanan dan minuman atau berupa obat atau kapsul herbal.

Kandungan Gizi Tanaman Lidah Buaya atau Aloe Vera.

Berikut ini adalah daftar kandungan zat gizi pada tanaman Lidah buaya per 100 gr, yaitu :

– Energi (Kal) 4,00.
– Protein (g) 0,10.
– Lemak (g) 0,20.
– Serat (g) 0,30.
– Abu (g) 0,10.
– Kalsium (mg) 85,00.
– Fosfor (mg) 186,00.
– Besi (mg) 0,80.
– Vit. C (mg) 3,476.
– Vit. A (IU) 4,594.
– Vit. B1(mg) 0,01.
– Kadar Air (g) 99,20.

Gimana sudah pahamkan akan kandungan yang dapat kalian rasakan jika mengonsumsi bahkan memakai lidah buaya sebagai dasar pengobatan serta perawatan kecantikan. Dan dibawah ini kalian dapat melihat struktur dari lidah buaya itu sendiri.

Morfologi Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya merupakan tanaman sukulen berbentuk roset dengan ketinggian 30-60 cm dan berdiametr 60 cm. lidah buaya memiliki batang, daun, bungan dan akar. Namun, biasaya yang di gunakan tanaman ini adalah daunnya karena memiliki manfaat yang besar.

a. Batang

Batang tanaman lidah buaya berbentuk bulat dan bersifat monopidal. Batang tanaman ini sangat pendek dan tidak terlihat kerena tertutup dengan dauannya. Batang ini akan memunculkan tunas-tunas baru yang akan menjadi anakan baru pada tanaman.

b. Bunga

Bunga tanaman lidah buaya akan muncul apabila jika melakukan penanaman di subtropis. Pada saat musim hujan da semi bunga akan muncul dengan bentuk lonceng atau terompet berwana kung dan orange. Bunga ini berukuran 2,3-2,5 cm dan tumbuh di atas tangkai bunga yang memiliki ketinggian 1 meter.

c. Daun

Seperti halnya tanaman berkeping satu lainya, daun lidah buaya berbentuk tombak dengan helaian memanjang. Daunnya berdaging tebal tidak bertulang, berwarna hijau keabu-abuan dan mempunyai lapisan lilin dipermukaan, serta bersifat sukulen, yakni mengandung air, getah, atau lendir yang mendominasi daun. Bagian atas daun rata dan bagian bawahnya membulat (cembung). Di daun lidah buaya muda dan anak (sucker) terdapat bercak berwarna hijau pucat sampai putih. Bercak ini akan hilang saat lidah buaya dewasa. Namun tidak demikian halnya dengan tanaman lidah buaya jenis kecil atau lokal. Hal ini kemungkinan disebabkan faktor genetiknya. Sepanjang tepi daun berjajar gerigi atau duri yang tumpul dan tidak berwarna.

d. Akar

Karena tergolong tumbuhan monokotil, lidah buaya mempunyai sistem perakaran yang sangat pendek dengan akar serabut yang panjangnya bisa mencapai 30-40cm dan itu semua juga tergantung pada perkembangan lidah buaya.

Klasifikasi Lidah Buaya;

Kingdom: Plantae (Tumbuhan).
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh).
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji).
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga).
Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil).
Ordo: Asparagales.
Famili: Asphodelaceae.
Genus: Aloe.
Spesies: Aloe vera L.

Nah setelah membahas mengenai Struktur serta pengertian dari lidah buaya, ada baiknya untuk membahas manfaat itu sendiri. Untuk itum yuk kita simak ulasannya dibawah ini.

Manfaat Lidah Buaya

Seiring perkembangan zaman, lidah buaya makin dipercaya sebagai obat tradisional yang bisa menangani sejumlah kondisi. Bahkan tanaman berkhasiat ini tak hanya dimanfaatkan sebagai obat tradisional saja melainkan sudah banyak dikonsumsi sebagai bahan alami kecantikan. Yang mana banyak kaum hawa khususnya yang begitu gencar menggunakan tanaman hijau ini.

1. Sebagai Perawatan Kecantikan

Nah, untuk Anda yang menginginkan perawatan kecantikan alami, mengetahui manfaat lidah buaya secara detail tentu akan dapat sangat membantu. Setidaknya, Anda bisa meracik langsung lidah buaya untuk keperluan dan pemakaian pribadi demi mendapatkan hasil perawatan terbaik.

Cara membuat ekstrak lidah buaya

Beberapa cara terbaik penggunaan lidah buaya, yaitu sebagai resep masker wajah yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan mudah. Jika Anda membuat gel lidah buaya di rumah, dan ingin agar dapat digunakan secara teratur setiap hari, maka Anda bisa mengekstrak gel diekstrak sendiri dan menyimpannya kedalam wadah tertutup didalam kulkas. Dengan cara ini, gel lidah buaya akan selalu berada dalam kondisi yang baik, dan siap untuk digunakan nanti. Berikut Cara mengekstrak gel Aloe Vera di rumah

  1. Pilih daun lidah buaya yang baik dengan hati-hati, bagian tengah daun adalah mengandung sebagian besar gel.
  2. Nah. setelah itu potong daun dari pangkal tanaman.
  3. Sekarang, berdirikan daun dengan tegak selama 15 menit, agar getah mengalir keluar dengan baik.
  4. Getah lidah buaya adalah cairan berwarna kuning yang akan keluar saat Anda memotong daunnya. Biarkan cairan getah ini mengalir keluar semuanya.
  5. Lalu Cuci daun untuk menghilangkan sisa cairan getah yang masih ada pada daun.
  6. Taruh daun secara mendatar pada talenan, potong kedua sisi daun yang ada durinya. Setelah selesai, Anda harus mengelupas lapisan daun luar yang berwarna hijau, sementara potongan gel aloe vera yang transparan dengan bentuk kubus.
  7. Atau, Anda juga bisa membelah daun menjadi dua bagian memanjang dari atas bawah, dan mengerok gel gel transparan dengan sendok.

Nah, untuk itu anda perlu tahu bahwa manfaat lidah buaya begitu besar dan sangat dianjurkan untuk anda yang ingin kelihatan cantik secara alami.

  • Menghilangkan Jerawat

Ini nih, yang buat banyak wanita tak pede akan kehadirannya, yakni jerawat. Nmaun tak perlu khawati karena apa? Karena lidah buaya dapat membantu anda mengatasinya. Caranya, Sangat sederhana dan dapat dilakukan dirumah tanpa harus pergi keluar rumah.

  1. Ambillah satu batang lidash buaya saja.
  2. Kemudian belah daging nya.
  3. Namun bukan daging melainkan getahnya yang perlu diambil.
  4. Lalu ambil getahnya atau lendir yang terdapat didalamnya.
  5. Oleskan pada bagian wajah yang terkena jerawat sekali dalam sehari kurang lebih selama 10-15 menit kemudian bilas dengan air hangat.
  • Menghilangkan Flek Hitam

Tak hanya masalah jerawat saja, melainkan mengenai flek-flek hitam juga dapat anda atasi dengan penggunaaan lidah buaya. Bagi anda-anda yang memiliki flek-flek hitam diwajah karena pengaruh kosmetik atau bekas jerawat adalah metode ampun untuk menghilangkannya dengan cara alami.Caranya:

  1. Setelah muka dibersihkan.
  2. Ambil jelly lidah buayanya.
  3. Lalu bersihkanlah bagian daging dari lendir-lendirnya
  4. Dan daging yang telah diambil tadi dapat anda usapkan ke wajah anda setiap pagi juga malam hari.
  5. Biarkan selama 30 menit.
  6. Setelah itu bersihkan dengan air bersih lalu keringkan.

Lakukan minimal 2x sehari berturut-turut. Dijamin, muka anda akan mulus dan terbebas dari flex-flex hitam. Walau memakan waktu lama, namun bila dilakukan secara rutin pasti hasilnya pun akan maksimal.

  • Kesehatan Bulu Mata

Siapa nih diantara anda yang hobi banget memakai maskara sebagai riasan wajah? Nah, pastinya maskara yang anda kenakan tidaklah memiliki kwalitas yang baik pulak, namun apa jadinya jika bulu mata mengalami kerusakan. untuk itu bagi anda-anda yang rajin menggunakan maskara, tentunya akan berefek pada kesehatan bulu mata anda. Diantaranya: bulu mata kering dan cepat rontok. Namun anda jangan khawatir karena ada resep khusus yaitu kegunaan jelly lidah buaya yang bisa memperkuat akar bulu mata serta menyehatkan bulu mata anda dan bulu mata anda pun akan lebat. Caranya:

  1. Dikala anda akan tidur atau saat sedang bersantai, ada baiknya untuk mencuci bulu mata yang habis memakai mascara.
  2. Lalu ambillah jelly Lidah Buaya yang telah dibersihkan.
  3. Dan oleskan dengan lembut serta pelan-pelan pada bulu mata anda.
  4. Kemudian biarkan selama 30 menit lalu cuci dengan air biasa hingga bersih.

Nah bila anda teratur menggunakannya, dijamin bulu mata anda akan kuat dan pastinya tidak mudah rontok dan tebal.

  • Menyuburkan Alis

Tak hanya berkhasiat akan perawatan wajah dan flek hitam saja, melainkan dalam hal menyuburkan pun lidah buaya adalah solusi yang baik. Nah terdapat jelly pada lidah buaya yang dapat digunakan juga untuk mempertebal alis anda. Bagaimana caranya? Berikut caranya;

  1. Setiap anda hendak tidur pada malam hari ambillah jely lidah buaya.
  2. Lalu olekan bagian jely tersebut ke alis anda
  3. Dan keesokan harinya anda dapat mencucinya hingga bersih.

Ingat guys, semakin anda rajin melakukannnya maaka hasilnya semakin baik pula.

  • Perawatan Rambut

Pastinya semua orang tahu dong, mengenai perawatan menggunakan lidah buaya. Dalam hal perawatan rambut yang telah banyak dilakukan, penggunaan lidah buaya dapat mempercepat pertumbuhan rambut, mengurangi munculnya ketombe, dan juga dapat menggantikan fungsi kondisioner dalam melembutkan rambut. Bahkan tak hanya itu saja banyaknya lidah buaya yang dikonsumsi membuat begitu banyak orang begitu terpesona akan tumbuhan ini, mengapa begitu? karena sudah terbukti khasiatnya yang luar biasa akan perawatan rambut. Caranya;

  1. Ambil 2 pelepah lidah buaya yang sudah dicuci.
  2. Kemudian gosokkan isinya pada kulit kepala yang telah dicuci (lakukan pada sore hari).
  3. Lalu balut rambut dengan kain dan bilas keesokan harinya.

Usahakan melakukan perawatan ini setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

  • Perawatan Kulit

Tidak peduli jenis kulit apa yang Anda miliki, lidah buaya dikatakan memang cocok untuk semua jenis kulit karena dia memberikan supply oksigen ke sel yang bisa membangkitkan kekuatan dan menyehatkan kulit. Ambil sepotong lidah buaya dan sisihkan bagian gelnya saja. Ingat, ini tidak termasuk cairan lengket yang menempel pada kulitnya. Hancurkan gel ini dan oleskan sebelum Anda tidur. Selain jerawat hilang, kulit juga akan menjadi lembut, bersinar dan katakan goodbye pada kulit keriput.

  • Gel bercukur

Apabila Anda ingin bercukur dengan nyaman dan aman, Anda tak harus menggunakan krim cukur. Cukup mengoleskan gel yang terdapat pada lidah buaya maka Anda akan mempermudah Anda mencukur bulu serta mencegah iritasi. Lidah buaya akan membuat kulit tetap dingin dan nyaman tanpa terasa pedih.

  • Pembersih makeup

Anda boleh mencoba gel lidah buaya ini untuk membersihkan makeup Anda. Langsung mengambil gel alaminya, maka ia akan membersihkan makeup dengan lembut tanpa meninggalkan iritasi.

2. Sebagai Obat Alami Kesehatan

Tak hanya bagi kecantikan saja, seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa lidah buaya kaya akan manfaat yang luar biasa bagi pangan, obat dan kosmetik. Nah ternyata Lidah buaya juga kaya akan manfaat dan khasiat bagi kesehatan maupun obat. Tanaman ini mengandung berbagai zat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan maupun sebagai obat seperti Mannans Asetat, Polymannans, Antrakuinon dan berbagai Lektinmembuat. Maka jangan heran jika saat ini lidah buaya banyak di budidayakan sebagai tamanam obat serta sebagai bahan kosmetik kecantikan.

Bukan itu saja, tanaman tropis yang satu ini juga memiliki kandungan 72 jenis zat bermanfaat dan 200 senyawa penting lain. Diantara zat yang dikandung adalah sebagai berikut:

  • Mengandung Enzim yang bisa mencegah peradangan.
  • Mengandung Enzim yang dapat membantu pencernaan.
  • Mengandung hampir semua jenis vitamin kecuali vitamin D.
  • Mengandung 20 jenis dari 22 jenis Asam Amino.
  • Mengandung Saponin, yaitu berupa zat anti microba.
  • Kaya akan mineral yang dibutuhkan oleh enzim.

Dan berikut kandungan lain yang terdapat di lidah buaya sebagai bahan alami untuk kesehatan;

  1. Kadar Air.
  2. Karbohidrat.
  3. Kalori.
  4. Lemak.
  5. Protein.
  6. Vitamin A dan C.
  7. Thiamin.
  8. Riboflavin.
  9. Niasin.
  10. Kalsium.
  11. Zat besi.

Gimana, hebat bangetkan tanaman yang satu ini. Untuk itu perlu untuk anda ketahui bahwa khasiatnya tak hanya sampai disitu saja, untuk itu ada baiknya untuk lebih mengetahui manfaat yang dapat dirasakan tubuh dengan mengkonsumsi lidah buaya.

  • Penetral Racun

Khasiatnya sungguh luar biasa, bahkan mereka yang terkena racun pun dapat diatasi dengan tanaman hijau iini. Kok bisa? Yah, karena Lidah buaya (Aloe vera) dapat menjadi pilihan alami untuk detoksifikasi. Karena kita hidup di lingkungan yang penuh polusi, stres dan makanan junk. Untuk itu kita perlu rutin membersihkan sistem tubuh. Jus lidah buaya ialah pilihan yang ideal karena mengandung banyak vitamin dan mineral untuk membantu tubuh menghadapi ketegangan dan stres sehari-hari.

  • Kesehatan Jantung

Sejumlah riset memperlihatkan bahwa ketika dokter menyuntikkan ekstrak aloe vera ke aliran darah, ini melipatgandakan kemampuan difusi sel darah merah serta penyaluran oksigen. Nutrisi-nutrisi dalam lidah buaya sanggup menyeimbangkan tekanan darah, memperbaiki oksidasi dan sirkulasi darah, menurunkan kolesterol, serta mengencerkan darah.

  • Program Diet / Mengurangi Berat Badan

Untuk anda yang bermasalh dengan berat badan, ternyata lidah buaya solusi yang baik. Mengapa bisa? Karena Lidah buaya merupakan buah yang tinggi akan protein. Sehingga kandungan protein dalam lidah buaya membuat lidah buaya sangat cocok untuk dikonsumsi saat diet. Kandungan proteinnya dapat mencukupi kebutuhan tubuh dan kandungan lemak dan karbohidratnya tidak mengkhawatirkan untuk mengganggu program diet anda. Selain itu, kandungan serat pada lidah buaya pun dapat membantu untuk melancarkan pencernaan dan membuat anda lebih cepat kenyang. Oleh karena itu, konsumsilah lidah buaya sebagai bagian dari program diet anda. Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk jus lidah buaya.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Lidah buaya memiliki banyak kandungan antioksidan. Antioksidan ini sangatlah tinggi manfaatnya, salah satunya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan melawan radikal bebas. Sehingga konsumsi lidah buaya sangat dianjurkan karena dapat mencegah penyakit-penyakit yang menyerang tubuh anda. Anda dapat mengolah lidah buaya menjadi jus lidah buaya. Setelahnya anda dapat mengonsumsinya dengan teratur. Konsumsilah satu kali dalam sehari baik di pagi hari ataupun malam hari.

  • Membantu Sistem Pencernaan

Adakah dari anda yang bermasalah dalam hal ini? Lidah buaya sangat bermanfaat bagi manusia untuk setiap umur. Salah satu manfaatnya adalah untuk membantu proses pencernaan. Lidah buaya dapat membantu fungsi usus untuk menyerap protein dalam makanan dan meminimalisir kebiasaan sering mulas. Konsumsilah lidah buaya secara rutin sebagai obat pencernaan anda sehari-hari.

  • Kesehatan Gigi

Pernahkah anda melihat bahwa ada beberapa pasta gigi yang menggambarkan lidah buaya pada bagian tempat past gigi tersebut. Adakah yang tahu? Hubungan pasta gigi dengan lidah buaya tersebut. Nah, khasiat lidah buaya berikutnya ialah menjaga kesehatan mulut dan gusi. Bukan hanya memberikan manfaat anti-mikroba dan anti-bakteri alami, tetapi juga mengandung vitamin dan mineral yang mendorong pertumbuhan dan proses penyembuhan dari sel-sel terkait. Inilah alasannya mengapa ada produk pasta gigi berbahan utama aloe vera yang dikhususkan untuk menyembuhkan sariawan dan gusi berdarah.

  • Sebagai Anti-Inflamasi

Lidah buaya mengandung 12 zat berbeda yang sanggup mengurangi dan mencegah peradangan, tanpa efek samping merugikan. Bahkan Anda dapat memanfaatkannya untuk membantu penyembuhan sendi-sendi yang bengkak, kaku, atau terasa nyeri. Itulah sebabnya mengapa dia begitu diincar. Karena khasiatnya tak sampai disitu saja, melainkan ia dapat menyembuhkan serta mencegah beberapa penyakit yang dapat menjangkit tubuh manusia.

  • Sebagai Adaptogen

Apa artinya adaptogen? Ini memaksudkan sesuatu yang mendongkrak kemampuan alami tubuh untuk beradaptasi dengan perubahan lingkungan serta mencegah penyakit. Diyakini bahwa fungsi adaptogen lidah buaya mampu menyeimbangkan sistem tubuh, merangsang mekaniskme pertahanan dan membantu proses adaptasi (misalnya terhadap perubahan cuaca ekstrim). Semua ini memungkinkan Anda tetap kuat menghadapi tekanan, entah itu tekanan fisik atau emosional serta polusi lingkungan.

Nah, namun ada baiknya juga jika anda lebih cerdas untuk mengonsumsi bahan herbal alami, bahkan jika ia dikatakan sebagai tumbuhan yang berkhasiat. Prinsip mengonsumsi herbal adalah seimbang, artinya tidak terlalu sering yakni, prinsip yang juga berlaku untuk lidah buaya. Khasiat lidah buaya dapat menghilang atau malah berubah negatif jika Anda mengonsumsinya terlalu berlebihan.

Efek Samping Lidah Buaya

Penggunaan gel lidah buaya pada kulit sepertinya aman. Meski demikian, sesekali gel lidah buaya juga bisa membuat kulit menjadi terbakar dan gatal-gatal. Tidak seperti gel, mengonsumsi lateks lidah buaya dengan dosis tinggi berpotensi menyebabkan sakit perut dan kram. Tidak hanya itu, mengonsumsi lateks lidah buaya dalam jangka panjang juga bisa menyebabkan diare, penurunan berat badan, masalah ginjal, kelemahan otot, darah dalam urin dan gangguan jantung.

Untuk itu seperti yang sudah dijelaskan bahwa ada baiknya untuk tidak berlebihan serta konsultasikan terlebih dahulu kepada pihak medis agar anda tidak perlu merasa khawatir akan dampak negatif yang didapat dengan mengonsumsi lidah buaya. Dan tidak semua orang bisa mengonsumsinya, untuk itu ada sebagian orang yang sebaiknya tidak mengonsumsi lidah buaya karena faktor keamanan.

  1. Anak-anak. Khususnya yang berusia di bawah 12 tahun mungkin bisa mengalami sakit perut, kram, atau diare usai mengonsumsi produk lidah buaya. Maka sebaiknya hindari penggunaannya pada anak-anak usia tersebut kecuali di bawah pengawasan dan anjuran dokter.
  2. Ibu hamil dan menyusui. Ada laporan yang mengaitkan lidah buaya dengan keguguran dan risiko melahirkan bayi berkondisi cacat. Demi keselamatan, lebih baik untuk menghindari hal ini.
  3. Ingin operasi. Lidah buaya dapat memengaruhi kadar gula darah dan dapat mengganggu kadar gula darah selama dan setelah operasi. Jadi hentikan mengonsumsi lidah buaya, setidaknya dua minggu sebelum operasi.
  4. Penderita wasir. Anda bisa memperburuk kondisi diri sendiri jika mengonsumsi lidah buaya, khususnya lateks, saat menderita wasir.
  5. Penyakit ginjal. Mengonsumsi lateks lidah buaya berlebihan juga dikaitkan dengan gagal ginjal. Oleh karena itu, untuk mencegah penyakit ginjal Anda bertambah parah, hindari mengonsumsi zat tersebut.
  6. Memiliki masalah usus. Lateks lidah buaya berpotensi mengiritasi usus.

Kesimpulannya:

Nah jadi dapat anda simpulkan bukan, bahwa mengonsumsi lidah buaya untuk perawatan kecantikan begitu baiknya. Bahkan jika perawatan dilakukan sesuai anjuran serta dilakukan dengan teratur, maka hasilnya pun akan jauh lebih baik. Dan untuk manfaat kesehatan gimana? Adakah dari anda yang sudah pernah mengonsumsi lidah buaya untuk bahan herbal kesehatan? Namun ingat ya guys, bahwa bahan herbal yang dikonsumsi secara berlebihan juga akan berdampak buruk, sekalipun itu lidah buaya, sih tanaman dengan sejuta khasiat.

Dan ingat juga bahwa lidah buaya tidak dapat dikonsumsi sebagian orang, seperti yang sudah dijelaskan diatas. Untuk itu ada baiknya jika mengkonsultasikan ke dokter ya guys. Agar pemakaiannya lebih baik dan aman pastinya.