WAP, Salah Satu Jenis “Wireless” Yang Memiliki Layanan Real Time

Perluasan jaringan seluler digital dan PCS (Personal Communication Services) telah menciptakan landasan yang kuat bagi layanan Internet wirelessWireless adalah jaringan tanpa kabel yang memafaatkan udara sebagai media transmisi untuk menghantarkan gelombang elektromagnetik.

Menurut perkiraan, terdapat lebih dari 50 juta ponsel dengan dukungan Internet yang digunakan saat ini. Pemanfaatan internet dan aplikasi yang berbasis WAP sebagai sarana penyebarluasan informasi sudah merambah ke berbagai segi usaha dan bisnis.

Dengan adanya hal ini, perusahaan dapat menerapkan aplikasi internet dan wireless untuk kepentingan penyebarluasan informasi mengenai bisnis ataupun produk dan fasilitas yang ditawarkan oleh perusahaan yang bersangkutan.

Atau bahkan bisa bertransaksi jarak jauh. Implementasi aplikasi Teknologi online berbasis Wap sebagai sarana penyusunan strategi Bisnis. Lalu apa sebenarnya WAP itu? Untuk mengetahui penjelasan lebih lanjut mengenai WAP, mari kita simak ulasan berikut ini.

Apa Itu WAP?

Wireless Appliccation Protokol disingkat “WAP” adalah standar Internasional terbuka untuk aplikasi yang menggunakan komunikasi nirkabel. Wireless Application Protocol adalah protokol  atau sebuah teknik messaging service yang memungkinkan sebuah telepon genggam digital atau terminal mobile yang mempunyai fasilitas WAP, mengakses Internet dengan format teks. Situs Internet yang dapat diakses harus merupakan situs dengan fasilitas WAP.

WAP merupakan teknologi dengan prinsip dasar WML (Wireless Markup Langueage) yang diterapkan pada handphone untuk dapat diakses ke internet pada waktu pertama kali penciptaannya. WAP diyakini akan menjadi salah satu terobosan yang akan mempermudah kita dalam menikmati internet hanya dengan menggunakan pesawat handphone.

WAP juga dimaksudkan untuk menambah fungisionalitas ponsel untuk layanan-layanan real time, seperti informasi indeks saham, lalu lintas dan cuaca. Protokol, standard-standard dan spesifikasi WAP ditentukan oleh suatu badan yang bernama WAP Forum.

Dimana Nokia, Ericsson, Motorola, Phone.com (sekarang Unwired Planet) adalah pemprakarsa forum tersebut. Tujuan dari dibentuknya forum ini adalah membuat standar yang memungkinkan informasi di internet dapat diakses menggunakan perangkat wireless dalam ruang lingkup teknologi bearer (pembawa) yang ada.

Nah, karena kecanggihan teknologi yang satu ini diyakini sebagai sesuatu yang pasti akan digunakan oleh banyak orang, maka pada waktu itu banyak perusahaan-perusahaan handphone segera berlomba-lomba memproduksi handphone yang bisa menggunakan fasilitas WAP.

Namun WAP tidak ubahnya seperti protokol komunikasi lainnya, terdiri dari aturan-aturan yang terstuktur untuk mengatur jalannya komunikasi data pada perangkat mobile.

Terdapa tiga bagian utama yang perlu anda ketahui dalam mengakses WAP. Perangkat wireless yang mendukung WAP, WAP Gateway sebagai perantara dan server sebagai sumber dokumen. Dokumen yang berada dalam web server dapat berupa dokumen HTML maupun WML.

Dokumen WML khusus ditampilkan melalui browser dari perangkat WAP. Sedangkan dokumen HTML yang seharusnya ditampilkan melalui web browser, sebelum dibaca melalui browser WAP diterjemhkan terlebih dahulu oleh gateway agar dapat menyesuaikan dengan perangkat WAP.

WAP di buat pertama kali sebagai protokol komunikasi bergerak yang tidak bergantung pada sistem tertentu. WAP dirancang sebagai bagian dari sistem di masa depan sama halnya dengan Bluetooh dan GPRS. WAP merupakan protokol komunikasi bergerak yang terdiri dari beberapa layer dan dapat di jalankan pada sistem jaringan yang berbeda.

Wah…wah dengan adanya WAP, pastinya sebuah telepon genggam digital bisa melihat atau bahkan membaca situs internet dalam sebuah format teks khusus.

Fungsi WAP

Sebagai media layanan 24 jam dan mudah mengakses, hanya melalui Handphone sekalipun daerah terpencil asalkan telah terjangkau layanan HP. Teknologi WAP memudahkan kita untuk mengakses data. Terlebih saat ini di mana perkembangan dunia informatika sangat pesat. Di satu sisi perkembangan tersebut menyebabkan kita mesti terus terkoneksi.

Namun, di sisi lain tidak akan mungkin terus berada di depan komputer untuk mengakses fixed internet. Teknologi WAP menjadi pilihan pertama di dalam menyebarkan informasi, komunikasi, berita aktual, harga saham dan masih banyak lagi.

Dengan begini pastinya anda seperti memiliki Internet didalam saku. Selain itu, nantinya informasi yang setiap hari harus diakses melalui PC akan segera dapat diakses melalui ponsel.

Cara Kerja WAP

Mekanisme kerja WAP (Wireless Application Protocol) hampir sama dengan mekanisme kerja Internet. WAP membutuhkan sebuah gateway untuk menjembatani ponsel dengan Internet dalam mengirim dan menerima data.

WAP Gateway berfungsi untuk meneruskan permintaan informasi dari ponsel menuju server melalui HTTP Request dan sebaliknya dari server menuju ponsel melalui HTTP Response. Untuk melihat kemampuan gateway dalam menerjemahkan dokumen sehingga dapat dibaca oleh microbrowser

Saat sebuah handheld mobile device tersambungkan ke jaringan wireless dan meminta akses sebuah site web yang mendukung WAP, handheld mobile device anda akan mengirimkan permintaan tersebut via gelombang radio ke sel terdekat.

Dimana langsung dirutekan ke internet melalui sebuah server gateway. Hal ini sama halnya dengan pengguna komputer yang membutuhkan ISP (Internet Service Provider) sebagai gateway dalam menjembatani komputer dengan Internet.

Server gateway tersebut akan menerjemahkan permintaan ke format standar HTTP dan meneruskannya ke site web. Bila site tersebut meresponsnya, ia akan mengirimkan dokumen HTML ke server gateway, kemudian dikonversi menjadi WML dan merutekannya ke antena terdekat.

Antena tersebut akan mengirimkan data via gelombang ke piranti WAP anda dan akhirnya microbrowser aplikasi kecil yang dibuat didalam wireless device sebagai navigator yang menyediakan interface antara user dan wireless internet menampilkan halaman tersebut.

Sebuah ponsel yang mendukung WAP dilengkapi microbrowser. Browser kecil ini mengakses WML (Wireless Markup Language) melalui protokol WAP, ponsel WAP berkomunikasi dengan server yang disebut Gateway WAP. Server gateway WAP terletak diantara jaringan operator wireless dan internet atau intranet.

Namun ingat, bahwa ponsel yang digunakan juga harus WAP Enabled. Artinya ponsel sudah dilengkapi dengan teknologi WAP yang bisa digunakan untuk mengakses Internet.

Memberikan layanan informasi melalui WAP yang sifatnya tidak statis tidak akan menguntungkan bagi pengakses WAP site. Dengan isi yang dinamis, WAP site akan lebih dibutuhkan para pengguna ponsel. Karena kebutuhan informasi yang mereka cari adalah informasi real time, yang saat ini juga dibutuhkan tanpa bergantung pada lokasi dan keberadaan PC.

Dibutuhkan pemrograman aplikasi WAP untuk bisa menjawab kebutuhan tersebut. Seperti halnya mengetikkan URL untuk mengakses website, kita juga akan melakukan hal yang sama untuk mengakses WAP site di ponsel. Dengan mengakses web server melalui ISP dan login ke Internet, maka halaman WAP akan dikirim dan dimunculkan di layar ponsel. Bagi pengguna PC, juga disediakan browser emulator yang bisa digunakan untuk mengakses situs ini.

Kelebihan dan Kekurangan WAP

Tujuan dari spesifikasi WAP adalah untuk memberikan suatu standarisasi yang sederhana untuk telepon seluler untuk mengakses internet. Agar dapat mengakses internet dalam ponsel terdapat micro-browser. Micro-browser untuk saat ini tidak sebaik browser untuk website.

WAP belum bisa menampung bentuk-bentuk informasi seperti yang bisa dilakukan oleh website. Nah, sebelum anda menggunakan WAP ada baiknya jika mengetahui apa saja kelebihan serta kekurangan dari WAP.

1. Kelebihan WAP

  • Portabel.
  • Mudah dalam penggunaannya.
  • Akses ke pelayanan yang luas.
  • Pelayanan dapat berifat personal.
  • Akses pelayanan cepat, efisien dan nyaman.
  • Piranti WAP memiliki bentuk bervariasi (pager, telepon, PDA).

2. Kelemahan WAP

  • Konfigurasi telepon selular untuk service WAP masih termasuk sulit.
  • Jumlah telepon selular yang mendukung WAP masih terhitung sedikit.
  • Protokol lain seperti SIM Application Toolkit dan MexE (Mobile Station Application Execution Envirovment) secara luas didukung dan didesain untuk bersaing dengan WAP.

Contoh Penggunaan Wireless Apliccation Protokol

Mungkin bagi kalian yang belum tahu apa itu Wireless Aplication Protokol, masih bingung. Bahkan bagi orang awam juga merasa aneh, dengan yang namanya “WAP“. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai WAP, ada baiknya kamu simak beberapa contoh dari penggunaan WAP ini.

 

Dengan menggunakan teknologi WAP yang bersifat mobile, hal itu akan memudahkan kita dalam mencari informasi apapun lewat internet, tanpa harus melalui komputer. Diantaranya dapat mencari jadwal kereta api ketika anda sedang santai bersama rekan anda dan memantau harga saham tanpa televisi atau komputer di depan kita. Selain itu teknologi WAP juga dapat digunakan untuk:

  • Informasi jadwal keberangkatan penerbangan.
  • Mobile Banking.
  • Email.
  • Transaksi pembelian tiket.
  • Pendaftaran keberangkatan pesawat.
  • Informasi lalu lintas.
  • Daftar informasi kondisi cuaca.
  • Informasi nilai stok.
  • Mencari informasi nomor telepon atau alamat.

Saat ini memiliki sebuah website mungkin bukanlah hal langka atau sesuatu yang dibilang “wahhh banget gitu“. Karena saat ini sudah ada tampilan web yang tidak terlalu rumit dan sangatlah sederhana, itulah WAP site dengan memanfaatkan media yang serba mini menampilkan berbagai informasi yang lumayan bagi pembacanya.

Nah, bisa disimpulkan bahwa WAP adalah bahasa komputasi yang dikenal dengan wireless markup language (WML) yang mirip dengan html. Bahasa komputer yang pintar ini mengubah informasi berupa teks dari halaman situs dan menampilkan ke layar ponsel.

 WAP merupakan salah satu standarisasi teknologi antar platform, komputerisasi terdistribusi, seperti halnya dalam kombinasi internet antara HTML dengan HTTP. Gimana dengan penjelasan diatas? Dapat dimengertikan? Nah, untuk itu pastinya anda sudah paham dong dengan pengertian dari WAP, bahkan cara kerja dadri WAP tersebut. Untuk itu sekianlah artikel pada hari ini dan sampai ketemu lagi diartikel berikutnya.